Home / Historia

Minggu, 28 Agustus 2022 - 19:06 WIB

TCM Tak Libatkan MABT Bangun Rumah Adat

Tjhia Ki Tho, Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kota Singkawang

Tjhia Ki Tho, Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kota Singkawang

Singkawang. Pencanangan pembangunan Rumah Adat Tionghoa oleh Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie (TCM) di lahan eks Gedung Dharma Wanita tak melibatkan Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT).

“Kita belum tahu apakah sudah disosialisakan atau belum. Kita belum begitu paham dan menunggu dari ibu walikota. Informasinya sementara ini baru pemaparan dan kita memang tidak diundang,” kata Tjhia Ki Tho, Ketua MABT Kota Singkawang kepada pontianak times, Sabtu (27/8/2022).

Rencananya Rumah Adat Tionghoa akan dibangun di lahan eks Gedung Dharma Wanita seluas seribu meter persegi yang terletak di Jalan Pangeran Diponegoro. Tjhai Chui Mie melakukan ekspos kepada sejumlah pengusaha pada Jumat (26/8/2022).

MABT Singkawang dalam hal ini belum mendapat pemberitahuan maupun diajak dalam perumusannya. Berbeda dengan pendirian rumah adat lainnya yang selalu melibatkan organisasi adat yang eksis.

Misalnya saja saat membangun Rumah Adat Melayu, maka yang banyak berperan adalah Majelis Adat Budaya Melayu (MABM). Demikian juga ketika berkaitan dengan Rumah Radakn yang selalu identik dengan peran serta Dewan Adat Dayak (DAD).“Seharusnya begitu (ada pelibatan MABT,red). Kita menunggu saja dari pihak sana,” kata Tjhia Ki Tho.

Seperti diketahui, Thjai Chui Mie telah melakukan ekspos pembangunan Rumah Adat Tionghoa dan masih dalam proses pematangan konsep serta desain bangunan. Fisik bangunanya mengharapkan donasi atau iuran tanpa menggunakan APBD.(rn3)

Share :

Baca Juga

pontianak-times.co.id

Historia

Optimisme Sambut Imlek 2573 Tahun Ini
pontianak-times.co.id

Historia

3 Kandidat Ketua PWNU Kalbar Minta Restu
Loggo Muhammadiyah

Historia

Maklumat Muhammadiyah Iduladha 9 Juli 2022
Festival Cap Go Meh 2023

Historia

Festival Cap Go Meh Sungai Pinyuh, Meriah
Tiga generasi pengurus MABM Sambas

Historia

Tiga Generasi MABM Ajak Lestarikan Budaya
aksi nyata para habaib dan netizen yang menginisiasi kegiatan Indonesia Mengetuk Arsy yang akan digelar, Senin (19/7/2021) di jejaring sosmed

Historia

Geliat Netizen Indonesia Mengetuk Arsy
pontianak-times.co.id

Historia

Direktur Politeknik Bali Borong Gelar Doktor
Pelepasan Perahu Hias

Historia

Budaya Turun Sungai Berobat Kampung
error: Content is protected !!