Home / Hukum

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 15:29 WIB

Jokowi Sindir Polisi Bergaya Hidup Mewah

Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan kepada Kapolri dan jajarannya di Istana Negara, Jumat (14/10/2022)

Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan kepada Kapolri dan jajarannya di Istana Negara, Jumat (14/10/2022)

Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyindir perilaku dan gaya hidup mewah yang ditunjukkan oknum aparat kepolisian.

Hal itu dikemukakan Jokowi saat pengarahannya di hadapan Kapolri, pejabat Mabes Polri, Kapolda dan para Kapolres di Istana negara, Jumat (14/10/2022).

 “Saya ingatkan yang namanya Kapolda, kapolres, seluruh pejabat utama dan perwira tinggi untuk ngerem total masalah gaya hidup,” kata Jokowi yang disiarkan kanal Biro Pers dan Informasi Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi juga mengingatkan agar pihak kepolisian untuk tidak gagah-gagahan karena merasa punya mobil dan motor gede yang bagus. “Saya ingatkan hati-hati. Masanya yang lalu-lalu sudah usai. Teknologi saat ini menyebabkan interaksi sosial berubah total,” ujarnya.

Baca juga:  Asong Bebas, Kembali Terbelit Soal Paspor

Interaksi sosial yang dimaksudkan Jokowi itu dicontohkannya dengan kehadiran saoial media yang bisa mengabarkan perilaku-perilaku hidup aparat kepolisian dalam kesehariannya seperti apa, meskipun sembunyi-sembunyi.

Menurutnya, bukan hanya televisi, media cetak, dan media online. Setiap pribadi bisa menjadi surat kabar dan media yang setiap saat bisa memunculkan perilaku-perilaku hidup aparat kepolisian dalam kesehariannya. “Itu yang harus kita ketahui dalam situasi yang penuh dengan keterbukaan informasi,” ujar Jokowi.

Baca juga:  DPO Aheng Pengemplang BNI Pontianak Diringkus Jaksa

Jokowi mengaku dirinya sudah terlalu banyak mendapatkan laporan soal itu. Sehingga gaya hidup hingga urusan kecil, bisa mengganggu kepercayaan masyarakat terhadap Polri. “Urusan remeh temeh, sepatunya apa, bajunya apa, dilihat masyarakat sekarang ini,” papar Jokowi.

Persoalan itu menurut Jokowi turut mempengaruhi penurunan citra kepolisian. Gaya hidup mewah ini berada pada urutan keempat dari indeks persepsi publik terhadap kepolisian. “Ingatkan seluruh anggota dan selalu brefing karena kepolisian menjadi aparat hukum yang dekat dengan rakyat,” kata Jokowi.(rdo)

Share :

Baca Juga

pontianak-times.co.id

Hukum

Petugas Gagalkan Pasokan Sabu Tahu Sambal
pontianak-times.co.id

Hukum

Tersangka Korupsi Pajak Bapenda Kalbar Ditahan
pontianak-times.co.id

Hukum

DPO Aheng Pengemplang BNI Pontianak Diringkus Jaksa
Turjawali

Hukum

Polda Kalbar Terapkan Aplikasi E-Turjawali
Oknum Anggota Dewan

Hukum

Antre BBM, Anggota Dewan Aniaya Perempuan
Rekonstrusi penganiayaan David

Hukum

40 Reka Ulang Lengkap Kasus Mario
Silaturrahim Polda Kalbar dan PDRM Malaysia

Hukum

Polda Kalbar dan PDRM Bahas Kejahatan Perbatasan
Tahanan KPK

Hukum

Adik Bupati Muna Pemberi Suap Ditahan KPK
error: Content is protected !!