Home / Historia

Senin, 8 Juli 2024 - 20:34 WIB

Pawai Obor 1 Muharam di Bundung Laut

Peserta yang memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah di Desa Bundung Laut, Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah

Peserta yang memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah di Desa Bundung Laut, Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah

Mempawah. Pawai Obor memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriyah berlangsung meriah di Desa Sungai Bundung Laut, Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah, Minggu (7/7/2024) malam.

Pawai obor itu garapan Bundung Islamic Generation bekerjasama dengan PHBI dan Pemerintah Desa Sungai Bundung Laut. Kegiatan ini melibatkan warga dari setiap RW di lingkungan Desa Sungai Bundung Laut.

Arak-arakan warga membawa obor bergerak menuju halaman kantor Desa. Di lokasi tersebut telah tersedia panggung terbuka yang disipakan pihak panitia. Warga terlihat antusias menyambut datangnya 1 Muharam, ditambah lagi cuaca yang mendukung.

Selain membawa obor, ada juga yang membawa tanglong disetiap RW dengan berbagai macam bentuk sehingga menambah meriahnya penyambutan tahun baru Islam tersebut.

Baca juga:  I Fatimah, Usulan Baru Pengganti Kijing

Tirta salah seorang peserta pawai mengaku bangga bisa ikut memeriahkan acara penyambutan tahun baru Islam dengan menggelar pawai obor.

“Sebagai umat Islam tentunya bangga juga tahun baru Islam bisa dirayakan meriah seperti ini, bukan hanya tahun masehi saja,” jelas Tirta.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana acara 1 Muharam 1446 Hijriyah, Ifan mengaku bangga atas partisipasi warga Sungai Bundung Laut. “Saya pribadi mengucapkan ribuan terimakasih kepada pihak-pihak donatur dan dukungan masyarakat setempat sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik”, Ungkap Ifan.

Dijelaskannya, selain pawai obor menyambut 1 Muharam 1446 H, panitia juga mengadakan berbagai macam perlombaan guna untuk menambah semarak 1 Muharam 1446 Hijriyah. “Kegiatan pawai obor ini merupakan kegiatan pembuka,” ujar Ifan.

Baca juga:  Halal Bihalal DPP PFKPM Sukses Terlaksana

Rangkaian kegiatan lainnya adalah lomba anak Islami seperti lomba Tartil Quran, lomba Azan, lomba Busana Muslim dan Muslimah untuk tingkat PAUD dan Sekolah Dasar di lingkungan Desa Sungai Bundung Laut dan sekitarnya.

Ifan menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk syiar dan mengenalkan kepada generasi muda tentang hari-hari besar Islam.

“Kegiatan ini untuk syiar agama serta mengenalkan kepada generasi muda dan masyarakat tentang hari-hari besar Islam diantaranya Tahun Baru Hijriyah yang mulai dilupakan dibanding perayaan Tahun Baru Masehi,” kata Ifan. (rf)

Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

Anugerah Gelar Pahlawan

Historia

Rubini Mendapat Gelar Pahlawan Nasional
pontianak-times.co.id

Historia

Direktur Politeknik Bali Borong Gelar Doktor
Pemandangan alam Pulau Kabung yang mempesona. (foto: pontianak-times.co.id)

Historia

Pulau Kabung Pernah Diincar Bajak Laut
Kapal Sari Borneo

Historia

Kapal Inggris Tenggelam di Sungai Sebatok
pontianak-times.co.id

Historia

Tak Kenal Maka Tak Suka pada Borneo
Paguyuban Banten

Historia

Warga Banten Ajak Pererat Silaturahmi
pontianak-times.co.id

Historia

Tokoh Singkawang Bicara Konflik Gerbang
pontianak-times.co.id

Historia

Mencari Alasan Bongkar Gerbang Singkawang
error: Content is protected !!