Home / Historia

Minggu, 5 Februari 2023 - 15:52 WIB

Festival Cap Go Meh Sungai Pinyuh, Meriah

Warga tumpah ruah menyaksikan atraksi tatung dalam puncak perayaan Festival Cap Go Meh di Sungai Pinyuh, Minggu (5/2/2023) di Sungai Pinyuh

Warga tumpah ruah menyaksikan atraksi tatung dalam puncak perayaan Festival Cap Go Meh di Sungai Pinyuh, Minggu (5/2/2023) di Sungai Pinyuh

Mempawah. Ribuan warga tumpah ruah menyaksikan pawai puncak perayaan Festival Cap Go Meh 2023 yang diikuti ratusan tatung, Minggu (5/2/2023) di Sungai Pinyuh.

Aksi ratusan tatung se-Kabupaten Mempawah yang di pusatkan di Vihara Tri Dharma Bhakti Sungai Pinyuh itu dimulai di Halaman Vihara Tri Dharma Bhakti. Peserta pawai mengelilingi rute kawasan Sungai Pinyuh.

Warga tumpah ruah berkumpul di sepanjang pinggir jalan menyaksikan momen perayaan 15 hari setelah imlek tersebut. Tak hanya warga lokal, namun warga dari luar Sungai Pinyuh juga rela berpanas-panasan menyaksikan atraksi tatung.

Cap Go Meh 2023 di Sungai Pinyuh semakin semarak dengan partisipasi masyarakat suku Dayak. Mereka menunjukan sejumlah atraksi yang membuat antusias pengunjung.

Festival Cap Go Meh 2023 ini dibuka Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi. Turut hadir jajaran Forkopimda Kabupaten Mempawah, Kapolres Mempawah, Camat Sungai Pinyuh, hingga tokoh masyarakat Tionghoa.

“Dengan perayaan Imlek dan Cap Go Meh ini, mari kita bersama selalu menjaga keharmonisan dan kerukunan masyarakat yang selama ini sudah terbina dengan baik, sehingga Kabupaten Mempawah akan semakin tumbuh dan berkembang menjadi daerah yang maju dan sejahtera,” ujar Muhammad Pagi.

Ia menilai perayaan Cap Go Meh selalu dinantikan masyarakat Kabupaten Mempawah, khususnya warga tionghoa. Karenanya, perayaan ini diharapkan dapat menambah nilai seni budaya masyarakat.

Disamping itu, lanjut Muhammad Pagi, dapat menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk datang dan berkunjung ke Kabupaten Mempawah. “Semoga perayaan imlek dan Cap Go Meh di tahun berikutnya dapat lebih meriah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Cap Go Meh 2023, Sony Susanto mengucapkan terima kasih kepada para donatur, Pemkab Mempawah dan seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung dan berpartisipasi menyukseskan seluruh rangkaian perayaan Imlek 2574 dan Cap Go Meh 2023.

Penulis: Rizki Firnanda

Share :

Baca Juga

Ziarah 14 Makam Sultan Sambas

Historia

Hari Jadi 392, Ziarah 14 Makam Sultan Sambas
pontianak-times.co.id

Historia

Direktur Politeknik Bali Borong Gelar Doktor
Raja Amantubillah Mempawah

Historia

Sandiaga Hadir di Toana Raja Mempawah
Bascamp Kambau Borneo, lokasi konservasi penyu di Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas. (foto: edo/pontianak-times.co.id)

Historia

Ayo Ikuti Wisata Hewan Langka Penyu Paloh
Makan Saprahan

Historia

Makna Mendalam Budaya Makan Saprahan
Pangeran Ratu Muhammad Tarhan bersama para undangan di Hari Ulangtahun Sambas ke 390, Jumat (9/7/2021). foto: pontianak-times.co.id

Historia

Ultah Sambas Potensi Destinasi Wisata
Launcing Corak Melayu dan Dayak Salako

Historia

Tombak Raje dan Kearifan Lokal Dayak Salako
Sungai Sambas

Historia

Sungai Sambas Denyut Budaya dan Wisata
error: Content is protected !!