Home / Politik

Rabu, 1 Mei 2024 - 12:27 WIB

Wawan Optimis Maju Pilkada Mempawah

Hermawansyah bersama tim mengembalikan berkas pendaftaran ke DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mempawah

Hermawansyah bersama tim mengembalikan berkas pendaftaran ke DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mempawah

Mempawah. Wawan, sapaan akrab Hermawansyah optimis maju menuju kontestasi Pilkada Mempawah 2024. Aktivis gerakan sosial ini menyerahkan berkas pendaftaran ke DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mempawah.

Penyerahan berkas pria kelahiran Desa Sungai Bakau Kecil itu diterima staf Sekretariat PDI Perjuangan, Nanik Sawitri, Senin (29/4/2024).

Menanggapi beberapa nama yang muncul dalam Pilkada Mempawah 2024, Wawan yang juga pegiat pemberdayaan dan lingkungan ini mengatakan hal itu mengindikasikan geliat demokrasi lokal berjalan dengan baik.

Menurutnya, banyaknya kandidat yang muncul merepresentasikan dua hal yakni, adanya jaminan kebebasan sipil dalam hal ekspresi hak politik. Selain itu, adanya semangat melahirkan arus baru perubahan di Mempawah.

Mempawah, kata Wawan, memiliki sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang sangat potensial. Tantangannya ada pada ketersediaan ruang-ruang partisipasi publik dalam mengawal roda pemerintahan dan keterbukaan dalam birokrasi pelayanan publik.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian mengelola daerah,” jelas senior alumni GMNI usai penyerahan berkas formulir.

Ia mengaku saat berinteraksi dengan saudara-saudara dan kawan-kawan di Mempawah menginginkan adanya harapan baru untuk Mempawah menjadi wilayah yang maju dan unggul. Mempawah memiliki sejarah panjang. Akar budayanya juga tinggi.

“Modalitas itu perlu diangkat kembali agar memunculkan kebanggaan kita atas Bumi Galaherang,” papar Wakil Ketua PWNU Kalbar 2017-2022.

Wawan sudah malang-melintang di dunia gerakan sosial. Pasca mengawal Reformasi 1998, ia dan kolega mendirikan Gemawan, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang fokus pada pembelaan dan pengorganisasian masyarakat marjinal di Kalimantan Barat.

Pengalaman lainnya, mulai dari pendidikan politik rakyat, antikorupsi, advokasi anggaran, hingga sumberdaya alam dan tata ruang. Ia juga menjadi konsultan di lembaga nasional dan internasional. “Saya ingin pengalaman yang sudah diperoleh selama ini dapat dipersembahkan untuk tanah kelahiran saya. Balek kampong-lah, kate orang sinik,” ujar alumni SMA Negeri 1 Mempawah.

Selain mengambil berkas pendaftaran di DPC PDI Perjuangan Mempawah, Wawan juga sudah mengambil berkas Calon Kepala Daerah di DPC PKB Mempawah. “Ada beberapa partai lain yang akan menyusul. Saya mohon doanya dari kawan-kawan semua agar semua proses ini bisa berjalan lancar,” tutup Wawan.(ind/rls)

Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

Relawan Prabowo Gibran

Politik

Relawan Berharap Prabowo Datang ke Kalbar
Prabasa Anantatur

Politik

Prabowo Siap Hadir Bersama Pasha Ungu
Sutarmidji dan Karolin

Politik

Diberhentikan, Sutarmidji Buka Ruang Perselisihan
pontianak-times.co.id

Politik

Golkar Kalbar Bukber Anak Yatim dan Dhuafa
Anggota KPU Provinsi Kalbar

Politik

5 Anggota KPU Provinsi Kalbar Dilantik
Ultah Jokowi di Rakernas II PDIP

Politik

Membaca Isyarat dari Pidato Keras Megawati
Media Gathering Bawaslu Kalbar

Politik

Sinergi Bawaslu Kalbar dan Media Massa
Muhammad Nurdin

Politik

Nurdin Tambah Energi Golkar untuk Kalbar
error: Content is protected !!