Home / Politik

Selasa, 11 Juni 2024 - 23:23 WIB

Satono-Hero Pasangan Tangguh Pilkada Sambas 2024

H Satono bersama istri Hj Yunisa dan H Heroaldi bersama Kakak kandugnya Hj Juliarti Djohardi Alwi

H Satono bersama istri Hj Yunisa dan H Heroaldi bersama Kakak kandugnya Hj Juliarti Djohardi Alwi

Sambas. Satono-Hero dipastikan menjadi pasangan tangguh di Pilkada Sambas 2024. Posisi Satono sebagai petahana semakin menguat setelah menentukan pasangannya.

Kepastian berpasangan ini disampaikan Satono, setelah melihat berbagai pertimbangan dan komunikasi politik yang diperkuat oleh hasil survey elektoral.

“Saya berpasangan dengan Bang Haji Heroaldi sebagai bakal calon Wakil Bupati Pilkada Sambas 2024,” kata H Satono, Selasa (11/6/2024).

Satono maupun Hero merupakan dua tokoh yang memiliki basis massa pemilih militan. Tim dan pihak terkait lainnya akhirnya menetapkan jargon pasangan ‘Saroan’ untuk pasangan ini yang menjadi singkatan dari Satono Hero Sambas Berkemajuan.

Saroan ini secara harfiah berarti memanggil atau mengundang orang untuk makan dalam sebuah perjamuan tradisional Melayu Sambas atau saprahan. Jargon ini juga menguatkan program Sambas Berkemajuan Periode 2021-2026.

Baca juga:  Putusan MK Untungkan Petahana Pilkada 2024

Dengan masuknya Hero sebagai calon pendamping Satono, berarti Bupati Sambas petahana ini telah matang memutuskan tidak lagi berpasangan dengan Wakil Bupati petahana, Fahrur Rofi.

Seperti diketahui, pasangan Satono-Rofi pada Pilkada Sambas 2020 mengalahkan pasangan petahana kala itu yakni Atbah – Hairiah. Satono – Rofi berhasil mendapatkan suara sebanyak 85.830 atau 30,61% dari total pemilih sebanyak 286.918.

Persaingan ketat saat itu dilalui Satono – Rofi yang mengungguli 3 pasangan kandidat lainnya yakni Heroaldi Djuhardi Alwi – Rubaeti Erlita (25,94%), Atbah – Hairiah (23,71%), dan Helman Fachri – Darso (19,74%).

Hero, pemilik sapaan Heroaldi yang berpasangan dengan Rubaeti memang selisih hanya 5% saja ketika pertarungan di Pilkada 2020. Sangat wajar, jika pada Pilkada 2024 yang bakal digelar 27 November 2024 nanti, Satono mengambilnya sebagai calon pendampingnya.

Baca juga:  MKGR Kalbar Berikan Award Dua Politisi

Dari kubu calon penantang, Rofi, hingga saat ini masih belum menentukan calon pasangannya lantaran masih mengurus bakal Parpol pengusungnya. Seperti bakal calon lainnya, memang belum ada yang melakukan deklarasi berdasarkan Parpol pengusung.

Namun, Satono dan Hero hampir dapat dipastikan menggunakan perahu politik Partai Gerindra (8 kursi) dan PKB (4) kursi. Berarti sudah melampaui syarat dukungan minimal 9 kursi untuk pengusungan satu pasangan. Parpol selain Gerindra dan PKB masih memungkinkan untuk berkoalisi.

Pasangan lainnya adalah dari calon independen Misni Safari – Maryadi. Keduanya telah mendaftar ke KPUD Sambas dan segera memasuki verifikasi faktual nantinya.

Penulis: R. Rido Ibnu Syahrie I Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

Pleno PPK Kubu Kecamata Kubu Raya

Politik

Saksi Golkar di Kubu Protes, Dari Nol Muncul 64
Media Gathering Bawaslu Kalbar

Politik

Sinergi Bawaslu Kalbar dan Media Massa
pontianak-times.co.id

Politik

Golkar Kalbar Bukber Anak Yatim dan Dhuafa
maman Abdurrahman

Politik

Maman Memutus Tradisi Partai Golkar Kalbar
Surat Kemendagri

Politik

PAW Massal Politisi Menjelang Pemilu 2024
Maman Abdurahman

Politik

Maman Mundur dari Bursa Pilgub Kalbar
Bursa Elektoral Parpol 2024

Politik

PPP dan PAN Rawan Tidak Lolos Parlemen
9 Parpol Lolos Parliamentary Threshold

Politik

Komposisi Parpol Jelang Pilpres 2024
error: Content is protected !!