Home / Peristiwa

Kamis, 5 Oktober 2023 - 11:54 WIB

RSC Kuching dan SAR Pontianak Latihan Gabungan

Latihan Gabungan RSC Kuching dan SAR Pontianak, SAR Exercise Malindo 42

Latihan Gabungan RSC Kuching dan SAR Pontianak, SAR Exercise Malindo 42

Pontianak. RSC (Rescue Sub Coordinator) Kuching, Malaysia dan SAR Pontianak melakukan latihan gabungan evakuasi kecelakaan pesawat, Rabu (4/10/2023).

Dalam latihan SAR Exercise Malindo ke-42 itu, kedua tim yang mewakili negara Malaysia dan Indonesia menjalankan skenario kecelakaan pesawat carter yang mengalami lost contact dalam perjalanan dari Bandara Supadio Pontianak menuju Kuching Malaysia.

Dalam pesawat itu terdapat 10 orang, pilot, co-pilot dan penumpang. Pesawat mengalami kendala dan terpaksa mendarat darurat. Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi sembilan korban selamat, sedangkan satu korban dievakuasi dalam keadaan meninggal.

Baca juga:  Nakhoda Kapal Ditemukan Meninggal

Selain itu juga terdapat satu orang korban selamat, namun dalam keadaan kritis dan langsung dievakuasi menggunakan helikopter milik RSC Kuching menuju rumah sakit di Kuching.

Kepala Kantor SAR Pontianak I Made Junetra mengatakan pada pelaksanaan latihan hari kedua, telah mengerahkan unsur gabungan. 

“Kami menggerakkan unsur gabungan di Kecamatan Entikong mencapai seratus orang. Hal ini untuk menguji standard operating procedur atau SOP yang kita miliki,” kata Junetra.

Begitu juga pihak Malaysia yang dalam latihan ini juga untuk meningkatkan kemampuan tenaga pencarian dan pertolongan atau rescuer yang dimilikinya.

Baca juga:  Kepolisian Usut Fakta 4 Orang Meninggal

Dalam hal evakuasi, lanjut Junetra, pihaknya akan terus melakukan komunikasi dengan pihak Malaysia, karena menyangkut wilayah perbatasan. “Artinya, kita akan sama-sama menggerakkan unsur dalam pelaksanaan latihan,” ujarnya.

Saat evakuasi nantinya, kata Junetra, pihak RSC Kuching akan menggerakkan dua buah helikopter sedangkan Kantor SAR Pontianak akan menggerakkan satu buah pesawat fix wings milik PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Penulis: Jainudin I Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

Nenek Hilang Misterius

Peristiwa

Nenek 70 Tahun Hilang Misterius di Hutan
Sunatan Massal Bank Kalbar

Peristiwa

Bank Kalbar Sunatan Massal di Ultah 59
MPC Kota Pontianak

Peristiwa

PP Kota Pontianak Siap Gelar Ramah Tamah
HUT Humas Polri

Peristiwa

Hari Ulang Tahun Humas Polri, Tanam Pohon
AHY takziah ke rumah Ridwan Kamil

Peristiwa

AHY Takziah Kunjungi Ridwan Kamil
Hari Bhakti Imigrasi 73 Tahun 2023

Peristiwa

Hari Imigrasi 73 Teladani Semangat Pejuang
Pengukuhan Presidium FW-LSM Kalbar

Peristiwa

Presidium FW-LSM Kalbar Dikukuhkan
Melki Sedek Huang

Peristiwa

Melki Sedek Huang Tetap Kritis dan Lantang
error: Content is protected !!