Home / Peristiwa

Kamis, 2 Maret 2023 - 00:38 WIB

Awas, Catut Bupati Sambas Memangsa ASN

Foto profil dan foto background akun medsos Bupati Sambas Satono yang resmi

Foto profil dan foto background akun medsos Bupati Sambas Satono yang resmi

Sambas. Sebuah akun media sosial yang mengatasnamakan Bupati Sambas Haji Satono mencari mangsa para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Sambas.

“Jangan sampai ada masyarakat yang tertipu, terutama ASN Pemerintah Kabupaten Sambas karena modusnya dengan iming-iming kenaikan pangkat dan jabatan,” kata Bupati Sambas H Satono SSosI MH, Rabu (1/3/2023).

Akun penipu itu telah beredar luas dengan memakai akun Haji Satono berisi foto profil dan gambar latar Bupati dan Wakil Bupati Sambas memakai atribut pakaian kepala daerah beserta istrinya masing-masing.

“Ini sudah kesekian kalinya pencatutan medsos saya oleh orang tidak bertanggung jawab. Sebelumnya kita maafkan, tapi kali ini akan saya laporkan ke aparat hukum, sehingga ada efek jera,” tegas Satono.

Langkah pelaporan itu untuk menghindari korban yang rata-rata kalangan ASN di lingkungan Pemkab Sambas. “Akun palsu bernama Haji Satono tersebut bukanlah milik saya, dan saya tidak bertanggungjawab jika terjadi hal-hal yang dilakukan oleh si penipu tersebut,” ujar Satono.

Ia menegaskan akun miliknya hanya satu yakni H Satono SSosI MH dan tidak pernah memberikan tawaran kenaikan pangkat dan jabatan melalui messenger seperti yang dilakukan penipu tersebut.

Akun asli Satono adalah dengan username satonosambas, memiliki 11 ribu pengikut dan mengikuti 61 orang terhitung hingga Kamis (2/3/2023). Medsos tersebut memang belum centang biru.

Pada foto profilnya berisi foto Satono berpidato di atas podium dalam sebuah acara. Sedangkan gambar background dirinya bersama Gubernur Kalbar H Sutarmidji dan para siswa sekolah dasar.

Satono mengimbau masyarakat luas untuk tidak mudah percaya dengan modus penipuan yang marak dilakukan oleh orang tidak bertanggungjawab. Masyarakat harus cerdas dan bijak menyikapi medsos.

“Apalagi modus dengan iming-iming menggiurkan, baik mengatasnamakan diri saya, pejabat daerah, atau iming-iming berhadiah yang belum tentu kebenarannya,”imbaunya.

Penulis: Muhammad Ridho I Editor: R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

Sepmot Satlantas

Peristiwa

Sigap, Sepmot Patroli Ganjal Truk Mogok
perkumpulan semperiuk bersatu

Peristiwa

Semperiuk Bersatu Rutin Bagikan Bantuan
KTT G20

Peristiwa

17 Kepala Negara Dipastikan Hadir KTT G20
Sunatan Massal Bank Kalbar

Peristiwa

Bank Kalbar Sunatan Massal di Ultah 59
Tim SAR Gabungan

Peristiwa

Jenazah Pemancing Sungai Kapuas Ditemukan
Korban Tenggelam Ditemukan

Peristiwa

Korban Tenggelam Muare Ulakan Ditemukan
Ruko Ambruk

Peristiwa

Ruko di Jalan Veteran Pontianak Ambruk
loggo Dewan Pers

Peristiwa

SMSI Ikut Bahas MoU Perlindungan Wartawan
error: Content is protected !!