Home / Peristiwa

Kamis, 17 Agustus 2023 - 13:21 WIB

Upacara Kemerdekaan RI di Batas Negara

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan Repubil Indonesia ke 78 di Pos Lintas Batas Negara, Aruk, Sajingan Besar

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan Repubil Indonesia ke 78 di Pos Lintas Batas Negara, Aruk, Sajingan Besar

Sambas. Suasana khidmat menyelimuti para peserta upacara HUT kemerdekaan Indonesia ke 78 di batas negara PLBN Aruk, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kamis (17/8/2023).

Staf Khusus Kementrian Dalam Negeri Bidang Pemerintahan, Prof Muchlis Hamdi menjadi Inspektur Upacara di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia tersebut.

Muchlis mengenakan busana adat Melayu dan tampil membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian.

Selain Muchlis, turut serta dalam upacara pengibaran bendera merah putih itu antara lain Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Bakri Siddiq, Staf Ahli Bupati Sambas Yayan Kurniawan, Kepala PLBN Aruk Wandelius Fanu, Forkopimcam, para guru, mahasiswa KKN Kebangsaan, para pelajar serta undangan.

Dalam sambutannya, Mendagri memberikan apresiasi kepada seluruh instansi dan jajaran pemerintah daerah yang telah melaksanakan tugas di wilayah perbatasan negara.

Selain itu, juga disampaikan beberapa catatan untuk pembangunan di wilayah perbatasan yang ditujukan kepada Pemda Sambas dan unsur terkait.

“Perkuat perputaran roda ekonomi di wilayah perbatasan. Hasil produksi dan kerajinan di bantu pemasarannya ke negara tetangga,” katanya.

Ia meminta pemerintah daerah dapat meningkatkan peran serta warga perbatasan dalam kegiatan yang produktif yang dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

“Pupuk kebanggaan bahwa setiap warga negara Indonesia mampu bekerja diri sama tinggi, bahkan lebih maju dari negara tetangga,” ujar Muchlis.

Dalam kesempatan itu, ia berpesan untuk menjaga persatuan dan kesatuan, kedaulatan negara serta kelestarian lingkungan, saling sinergitas antar masyarakat dengan seluruh aparatur pemerintahan yang ditugaskan di perbatasan.

Diakhir upacara, seluruh undangan yang hadir dihibur tarian adat dari pelajar SMPN 1 dan SMPN 2, Kecamatan Sajingan Besar, serta Tarian adat dari TBBR Kecamatan Sajingan Besar.

Penulis: Yanra I Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

HUT TNI 77

Peristiwa

Tentara Indonesia Tak Pernah Berubah
Pekerja Jembatan Hilang Tenggelam

Peristiwa

Pekerja Nindya Karya Hilang Tenggelam di JSSB
Proses Evakuasi Korban Longsor PETI

Peristiwa

Korban PETI Bengkayang 5 Tewas 8 Selamat
Bong Bui Lip

Peristiwa

Sinsang Bunuh Diri Akibat Depresi
Demo Karyawan KKJ

Peristiwa

Ratusan Karyawan KKJ Demo Upah Tunggu
Pengamanan Polres Mempawah

Peristiwa

Jelang Buka Puasa, 60 Polisi Berjaga
Semprot Jalan

Peristiwa

Polisi dan BPBD Mempawah Semprot Jalan
pontianak-times.co.id

Peristiwa

Tjhai Chui Mie Mencoreng Rekor MURI Sicita
error: Content is protected !!