Home / Peristiwa

Minggu, 1 Januari 2023 - 18:32 WIB

Tahun Baru, Sidak Rutan dan Lapas Pontianak

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalbar mengecek blok hunian WBP di dalam Rutan Kelas IIA Pontianak dalam sidak, Sabtu (31/12/2022)

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalbar mengecek blok hunian WBP di dalam Rutan Kelas IIA Pontianak dalam sidak, Sabtu (31/12/2022)

Pontianak. Kakanwil Kemenkumham Kalbar Pria Wibawa dan Kepala Divisi Pemasyarakat Ika Yusanti melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Rutan dan Lapas, Sabtu (31/12/2022).

Pria Wibawa dan Ika Yusanti melakukan Sidak secara terpisah. Pria Wibawa Sidak ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Pontianak. Ia disambut langsung Kepala Rutan, Raja Muhammad Ismael Novadiansyah dan Kepala Pengamanan Damaiyanto.

Kakanwil mengontrol kondisi Rutan dengan cara berkeliling ke setiap blok hunian. Ia juga mengecek ke setiap kamar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Sidak ini melihat kesiapsiagaan petugas jaga serta kelengkapan sarana dan prasarana pengamanan yang ada.

Pria Wibawa memberikan instruksi langsung kepada jajarannya terkait peran dan fungsi pengamanan di Rutan.

Baca juga:  Giveaway, Warga Mempawah Ditipu Jutaan

Ia menitikberatkan agar petugas bertindak sigap dalam mengahadapi gangguan keamanan dan bila terjadi hal yang tidak di inginkan, mengingat Rutan Pontianak over kapasitas. “Tetap tingkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

Sidak yang dilaksanakan malam hari mulai pukul 22.00 WIB ini untuk memantau secara langsung situasi keamanan dan ketertiban jelang Tahun Baru 2023. Hal ini sebagai tindak lanjut Surat Edaran Dirjen PAS Nomor PAS-1883.PK.05.08 TAHUN 2022 tentang peningkatan kewaspadaan menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

Sementara itu, di waktu yang bersamaan, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalbar Ika Yusanti memantau Lapas Kelas IIA Pontianak dan LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak) Sungai Raya.

Baca juga:  Sidak Lapas Pontianak Cegah Narkoba

Dalam pemantauan itu, Ika berpesan kepada para Kepala UPT dan pejabat struktural agar di setiap UPT terdapat petugas dan pejabat struktural yang diperbantukan. Tujuannya, untuk meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan, terdapat petugas TNI dan Polri yang melaksanakan patroli di UPT Lapas Pontianak.

Ika memastikan tidak ada UPT yang mengadakan perayaan pergantian malam tahun baru dengan pesta kembang api dan petasan. “Kepada seluruh Kepala Unit pelaksana teknis agar siap siaga di UPT masing-masing. Pastikan keadaan aman dan kondusif serta tidak ada gangguan,” tegas Ika.

Editor: R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

Basarnas Evakuasi Nelayan

Peristiwa

Basarnas Selamatkan 3 Nelayan Sampan Karam
Flyer seruan aksi Mahasiswa Ketapang

Peristiwa

Aliansi Mahasiswa Ketapang Tolak BBM Naik
Korban tenggelam terseret arus laut

Peristiwa

Korban Terseret Arus Pantai Samudra Meninggal
Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto

Peristiwa

Waspada, Video Bentrok di Kebun Sawit
Ditsamapta Polda Kalbar

Peristiwa

Samapta Polda Kalbar untuk Dhuafa
Kebakaran Balitbang Provinsi

Peristiwa

Api Melahap Bangunan Balitbang, SPBU Aman
Evakuasi Korban Longsor PETI

Peristiwa

Tim Evakuasi Korban Longsor Bengkayang
balap lia dan perang sarung

Peristiwa

Balap Liar dan Perang Sarung Meresahkan
error: Content is protected !!