Home / Peristiwa

Minggu, 18 September 2022 - 12:09 WIB

Tim Evakuasi Korban Longsor Bengkayang

Tim gabungan mengevakuasi korban tertimbun longsor di Dusun Sencepu, Desa Kinande, Kecamatan Lembah Bawang, Kabupaten Bengkayang, Sabtu (17/9/2022)

Tim gabungan mengevakuasi korban tertimbun longsor di Dusun Sencepu, Desa Kinande, Kecamatan Lembah Bawang, Kabupaten Bengkayang, Sabtu (17/9/2022)

Bengkayang. Sebanyak 30 personel Polres Bengkayang mengevakuasi korban tertimbun longsor akibat penambangan emas tanpa izin (PETI) di Dusun Sencepu, Desa Kinande, Kecamatan Lembah Bawang, Kabupaten Bengkayang, Sabtu (17/9/2022).

Tim evakuasi dipimpin langsung Kapolres Bengkayang AKBP Dr Bayu Suseno SH SIK langsung bergerak menuju tempat kejadian perkara di wilayah kerja Polek Samalantan.

Sekitar jam 08.30 WIB, Tim Evakuasi Polres Bengkayang bertemu Dandim 1202 Singkawang dan Tim dari Basarnas Sambas di tempat penyeberangan kapal ponton. Selanjutnya, tim gabungan berangkat bersama-sama menuju lokasi longsor.

Sekitar pukul 09.00 WIB, tim gabungan tiba di lokasi kejadian dan melakukan apel konsolidasi untuk menyamakan menyamakan persepsi. Selanjutnya berbagi tugas antara lain, Sat Sabhara Polres Bengkayang, anggota Kodim Singkawang dan Tim Basarnas melakukan upaya pembersihan lokasi dari pepohonan di areal longsor.

Sambil menunggu eksavator kiriman dari PT RHU datang ke lokasi, tim evakuasi melakukan pendataan dan penyitaan barang bukti yang tersisa. Sedangkan Bag Ops Polres Bengkayang mendirikan Posko di Lokasi untuk pendataan korban dan keluarga korban yang datang ke lokasi.

Untuk sementara ini baru satu keluarga korban yang mencari keluarganya atasnama Yudianto asal Landak. Yudianto diduga menjadi salah satu korban tertimbun tanah longsor.

Sebelumnya, sekitar 20 orang tertimbun tanah di Dusun Sencepu, Desa Kinande, Kecamatan Lembah Bawang, Kabupaten Bengkayang, Kamis (15/9/2022) malam.

“Benar ada musibah kecelakan tanah longsor akibat dari adanya aktivitas masyarakat yang melakukan ngemdulang atau ngereke di lubang,” kata Zulhijah, Komandan Pos Search And Rescue (SAR) Sintete dikonfirmasi Jumat (16/9/2022) sore.

Mengenai lokasi kejadian sempat terjadi silang informasi lantaran lokasi tersebut merupakan perbatasan antara Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas. Batas itu tepatnya antara Dusun Sencepu, Desa Kinande, Kecamatan Lembah Bawang, Kabupaten Bengkayang dengan Desa Buduk Sempadang, Kecamatan Selakau Timur, Kabupaten Sambas. (jyn/tim pt)

Share :

Baca Juga

pontianak-times.co.id

Peristiwa

Tiga SPBU Sasaran Operasi Cegah Preman
Kapolres Sintang Tommy Ferdian

Peristiwa

Polres Sintang Usut Kasus CPO Tumpah
pontianak-times.co.id

Peristiwa

Anak TK Kalahkan Perusahaan Sawit Raksasa
Apel Siaga Cegah Banjir

Peristiwa

Danrem 121 Apel Kesiapan Cegah Banjir
Pengukuhan Paskibraka Kalimantan Barat

Peristiwa

Pengukuhan Paskibraka se-Kalimantan Barat
Rumah Abun Terbakar

Peristiwa

Rumah Milik Abun Ludes Terbakar
Banjir Pontianak

Peristiwa

Banjir Terjang Wilayah Pesisir Kalimantan Barat
Gemapatas di Sebawi

Peristiwa

Gemapatas, Upaya Tertib Administrasi Tanah
error: Content is protected !!