Home / Birokrasi

Selasa, 20 Desember 2022 - 22:57 WIB

Apa Gebrakan Awal Pj Walikota Singkawang

Drs H Sumastro MSi, Penjabat Walikota Singkawang ketika dilantik di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar

Drs H Sumastro MSi, Penjabat Walikota Singkawang ketika dilantik di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar

Singkawang. Penjabat (Pj) Walikota Singkawang Drs H Sumastro MSi yang baru dilantik menggantikan Tjhai Chui Mie telah merancang beberapa gebrakan awal. Apa saja?

Sehari setelah dilantik, Senin (19/12/2022), Sumastro menjelaskan gebrakan itu diawali dengan membangun komunikasi dengan berbagai stakeholders. “Sharing informasi dan rileks saja tentang apa-apa saja yang perlu disikapi dalam jangka pendek dulu,” kata Sumastro kepada pontianak times.

Sharing informasi itu, kata Sumastro, sesuai arahan Wakil Gubernur yang menitikberatkan pada fungsi koordinasi dan sinkronisasi dengan Forkompimda. Sebab stabilitas dan kondisi yang tenang serta konsudif harus diciptakan untuk berjalannya program pemerintahan.

Selanjutnya, ujar dia, berkaitan persiapan menghadapi Pemilu 2024 karena proses penetapan Pj merupakan salah satu imbas dari diberlakukannya Pemilu Serentak. “Kami mencoba konsolidasi dengan KPU dan Bawaslu. Kemudian melakukan pemetaan untuk memastikan Singkawang siap menjadi bagian dalam proses politik tersebut,” ujarnya.

Gebrakan lainnya selaku Pj Singkawang adalah menyiapkan antisipasi banjir karena pengalaman beberapa waktu lalu Singkawang yang didera bencana meluapnya air di beberapa lokasi. Banjir hebat pertama di tahun ini terjadi pada 27 Agustus 2022. Kemudian terulang lagi pada 6 November 2022.

“Ketika itu cuaca memang ekstrem ditambah banyak penyebab lainnya. Kita sudah berupaya untuk mengendalikan banjir secara simultan melalui normalisasi sungai,” ujar Sumastro yang juga mantan Sekda ini.

Menurutnya, publik juga mengetahui pihak Pemkot begutu massif melakukan upaya pengendalian tersebut. Salah satunya dengan mengerahkan eksavator amphibi yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Upaya itu bekerjasama dengan Balai Sungai Dinas PUPR Provinsi Kalbar.

“Kita akan terus lanjutkan pola antisipasi melalui kerjasama yang akan dilakukan dengan Universitas Tanjungpura dalam hal menemukan kajian yang komprensif agar pelaksanaan program fisiknya menjadi terarah,” kata Sumastro.

Jika tanpa kajian, lanjutnya, justru tidak akan berdampak optimal. Saat kondisi kering atau kemarau memang aman. Tetapi sewaktu-waktu pengaruh cuaca dan lainnya bisa terendam lagi. Hal ini juga terkait dengan peta kontur dan wilayah yang memerlukan penanganan segera.

“Kemudian saluran menuju laut perlu diperbanyak untuk saluran pembuang. Intinya, kita kaji dengan melibatkan tim,” kata Sumastro yang juga lulusan terbaik ke 3 IIP Depdagri Jakarta Angkatan XXI ini.

Gebrakan berikutnya adalah menyikapi tuntutan masyarakat yang mengharapkan penyelesaian pembangunan Masjid Agung. Pembangunan sarana ibadah Umat Islam ini menjadi pekerjaan rumah Sumastro ketika dirinya memangku posisi Sekda.

“Komitmen awal kita memang hendak menuntaskan masjid agung dalam satu tahun. Tetapi terkendala kekuatan anggaran yang hanya mampu 60 persen dari realisasi fisik. Maka akan kita coba push di 2023 dengn mengalang kekuatan sumber-sumber pembiayaan diluar hibah,” papar Sumastro.

Mengapa harus diluar hibah? Menurut Sumastro, berkaitan dengan aturan yang tidak membolehkan hibah disalurkan bertut-turut dari APBD Singkawangan maupun Pemprov Kalbar.

“Saya akan lapor ke gubernur yang melakukan pemancangan tiang pertama pembangunan masjid itu. Insya Allah pada tahun 2023 sudah bisa berfungsi dan kita wujudkan,” kata Sumastro.

Penulis: R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

Pipit Rismanto

Birokrasi

Pipit Gantikan Suryanbodo Kapolda Kalbar
Festivak Karya Cipta Anak Negeri

Birokrasi

Indonesia Negara yang Warganya Kreatif
Andap Budi Revianto

Birokrasi

Kemenkumham Buka 1000 Kuota Penjaga Tahanan
Kondisi PPKM di Pontianak

Birokrasi

Sesat Pikir Penerapan PPKM
Paspor Merdeka

Birokrasi

78 Paspor Merdeka, Rayakan HDKD 78 Tahun
pontianak-times.co.id

Birokrasi

Ini Prestasi Menkumham-RI Tahun 2021
pontianak-times.co.id

Birokrasi

Sutarmidji Meradang Sebut Subhan Amburadul
Rutan Sanggau

Birokrasi

Cek Kondisi Rutan, Kanim dan Rupbasan Sanggau
error: Content is protected !!