Home / Ekonomi

Sabtu, 3 Desember 2022 - 10:31 WIB

Waspada Ancaman Krisis Pangan Dunia

Irjen Kementerian Pertanian RI, Dr Jan Samuel Maringka SH MH, Jumat (2/12/2022) di Aula Pemkab Sambas (2/12/2022) di Sambas

Irjen Kementerian Pertanian RI, Dr Jan Samuel Maringka SH MH, Jumat (2/12/2022) di Aula Pemkab Sambas (2/12/2022) di Sambas

Sambas. Dunia akan dihadapkan dengan krisis pangan. Untuk itu Kabupaten Sambas memerlukan langkah-langkah strategis menuju kedaulatan pangan.

“Sektor pangan sebagai salah satu sektor unggulan di Kabupaten Sambas dalam menghadapi ancaman krisis pangan,” kata Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian (Kementan) Dr Jan Samuel Maringka SH MH, Jumat (2/12/2022) di Sambas.

Menurut Samuel, ancaman krisis pangan telah mendapat perhatian Presiden RI Joko Widodo, sehingga diperlukan langkah-langkah strategis. Langkah itu antara lain peningkatan produksi besar-besaran, baik itu dari petani, korporasi, maupun dari BUMN.

“Ini merupakan sektor penting untuk membangun bangsa dan negara yang lebih maju dan berkembang. Pangan adalah hal mendasar dan menjadi bagian penting dari semua sendi ekonomi masyarakat, sekaligus tolak ukur dari kesejahteraan rakyat,” kata Samuel.

Samuel dalam kunjungannya ke Sambas disambut Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi beserta Forkopimda dan pimpinan OPD Pemkab Sambas.

Ia juga meminta untuk memastikan offtaker atau pemasok kebutuhan industri ataupun pasar yang akan menampung hasil peningkatan produksi. Selain itu perlu penyusunan grand plan pendistribusian komoditas pangan yang telah diproduksi.

Samuel berharap Kabupaten Sambas dengan potensi komoditas pangan yang sangat besar, mampu mengambil peran untuk menyelamatkan negeri dari ancaman krisis pangan. Kemtan dengan tagline “Jaga Pangan Jaga Masa Depan” berkomitmen untuk membangun kemitraan strategis dengan stakeholder pertanian.

Sebagai bagian dari komitmen itu, Samuel akan menerapkan fungsi pengawasan untuk memastikan program pemerintah melalui Kementerian Pertanian di Kabupaten Sambas, khususnya pengembangan komoditas sektor pangan, tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran.(edo)

Share :

Baca Juga

Pedagang Kaki Lima

Ekonomi

PKL Raup Untung di Festival Sahur-Sahur
Jokowi menandatangani prasasti Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak

Ekonomi

Presiden Persilakan Usul Ganti Nama Kijing
Eskpos rencana revitalisasi Pasar Beringin Singkawang beberapa waktu lalu

Ekonomi

5 Inti Masalah Pasar Beringin Singkawang
Produk UMKM Sambas

Ekonomi

Sukses..! Pameran UMKM di PLBN Aruk
Stand UMKM Festival Sahur Sahur

Ekonomi

Festival Sahur-Sahur Bantu Pelaku UMKM
spanduk tolak revitalisasi pasar

Ekonomi

Massa Gabungan Kepung Pemkot Singkawang
Lanting Bedar Sambas menyuguhkan sensasi baru kuliner di atas kapal.

Ekonomi

Telah Hadir Kuliner Lanting Bedar Sambas
Top Bank Award

Ekonomi

Bank Kalbar Raih 4th Indonesia Top Bank
error: Content is protected !!