Home / Ekonomi

Kamis, 3 Agustus 2023 - 21:55 WIB

Tips Unik, Bukan Persaingan Tapi Kolaborasi

Para pembicara dalam diskusi bisnis JNE Ngajak Online

Para pembicara dalam diskusi bisnis JNE Ngajak Online

Pontianak. Siti Masitha, owner 101 Coffee House memberikan tips unik bagi para pebisnis dengan mengubah mindset persaingan menjadi kolaborasi.

Tips tersebut dikemukakan pemilik panggilan Sitha ini saat dirinya menjadi pembicara dalam Diskusi yang dihelat JNE Ngajak Online Goll..Aborasi, Kamis, (3/8/2023) di Ume’s Pavillon Pontianak.

Bisnis coffee shop atau warung kopi yang menjamur di Kota Pontianak, bagi Sitha bukanlah hambatan bagi bisnis yang dijalankannya bersama suaminya, Restu. 101 Coffee House, bukan sekadar coffee shop, tetapi unggul dalam hal roasting kopi.

“Kalau saya, menganggap coffee shop lain itu bukan saingan, namun rekan bisnis. Makanya saya menjalankan ide dengan melakukan roasting kopi sendiri,” kata Sitha saat membagiakan tips mengatasi persaingan bisnis.

Hal itu dilakukannya, agar tetap survive di tengah maraknya bisnis serupa. “Kalau saya, menganggap coffee shop lain itu bukan saingan, namun rekan bisnis,” ujar Sitha seraya menjelaskan saat ini, 101 Coffee House telah mensuplai ke lebih dari 100 kedai kopi lainnya.

Baca juga:  PT Mopakha Berdayakan Mantan Illegal Logger

Menurutnya, pebisnis lainnya yang serupa itu jangan dianggap sebagai saingan, tetapi harus berkolaborasi dan saling bekerja sama. “Karena dengan bekerja sama, maka kita akan besar. Kompetitor itu bukan sebuah lawan. Kita harus kreatif dan mencari peluang di antara persaingan itu,” ujarnya.

Selain Sitha, hadir pembicara lainnya yakni Content Creator Putra Tarigas dan Head of Roket Indonesia Luthfi Safitri Zein. Para pembicara tersebut memberikan tips di hadapan para peserta diskusi dari kalangan UMKM yang dilaksanakan secara hybrid.

Ade Suhanda, perwakilan JNE Pontianak membuka acara dengan sambutan yang hangat, dilanjutkan dengan penampilan Flay Tingang.

Putra Tarigas menjelaskan tips dan trik dalam membangun hubungan yang lebih kuat dengan konsumen melalui interaksi sosial media. “Hal yang harus diperhatikan untuk perkembangan UKM adalah penguasaan digital, harus bisa up to date,” ujarnya.

Baca juga:  Jokowi Datang, Aspesi Keluhkan Harga TBS
Aplikasi Online

Sedangkan Luthfi Safitri Zein memaparkan kehadiran Roket Indonesia, sebagai sebuah aplikasi online untuk pengiriman barang secara instan. Roket Indonesia membantu UKM dalam pengiriman paket secara efisien.

Menurut Luthfi, hal kreatif memang sangat dibutuhkan saat ini, apalagi perkembangan zaman yang sangat cepat tidak bisa membuat puas begitu saja. JNE pun berusaha untuk selalu berkembang.

JNE juga hadir membantu UKM untuk turut berkembang dengan program-program, salah satunya melalui Roket Indonesia. “Roket Indonesia saat ini telah hadir di 52 cabang kota di Indonesia,” kata Luthfi. (Ind)

Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

Macbook Murah

Ekonomi

5 Rekomendasi Macbook Murah, Aman untuk Kantong
pontianak-times.co.id

Ekonomi

Sekali Coba Pasti Ketagihan Warung Laut
Kunjungan Staf Ahli Mentri BUMN

Ekonomi

PLN Dukung UMKM Kalimantan Barat
pontianak-times.co.id

Ekonomi

Tanaman Nilam Potensial untuk Kapuas Hulu
Peresmian BBM Satu Harga

Ekonomi

BBM Satu Harga Bantu Percepatan Ekonomi
Muhammad Fahmi

Ekonomi

Tanaman Kratom Perlu Dukungan Regulasi
Revitalisasi Pasar Beringin

Ekonomi

Stop Revitalisasi Pasar Beringin di Akhir Jabatan
Uang rupiah baru 2022

Ekonomi

BI Luncurkan Tujuh Uang Kertas Rupiah Baru
error: Content is protected !!