Home / Ekonomi

Sabtu, 28 Januari 2023 - 14:44 WIB

Uji Mutu Kratom Tersedia di Perusda AU

Gubernur Kalbar H Sutarmidji pada peringatan HUT Pemprov 66 sekaligus peresmian Sentarum Laboratorium uji mutu kratom, Sabtu (28/1/2023)

Gubernur Kalbar H Sutarmidji pada peringatan HUT Pemprov 66 sekaligus peresmian Sentarum Laboratorium uji mutu kratom, Sabtu (28/1/2023)

Pontianak. Perusahan Daerah Aneka Usaha (Perusda AU) memiliki layanan terbaru, fasilitas uji mutu produk kratom Sentarum Laboratorium.

Layanan uji mutu kratom itu dilauncing Gubernur Kalbar H Sutarmidji, bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ke 66, Sabtu (28/1/2023).

Keberadaan Sentarum Laboratorium ini telah menjawab kebutuhan Provinsi Kalimantan Barat sebagai produsen terbesar tanaman kratom (Mitragyna speciosa). Sebaran tanaman yang menjadi bahan baku ekspor ini, paling banyak terdapat di Kabupaten Kapuas Hulu. Sebaran sisasnya di beberapa daerah seperti Ketapang, Sintang, Sekadau dan Sambas.

Direktur Utama Perusda Aneka Usaha H Syariful Hamzah Nauli kepada pontianak times menjelaskan, dengan hadirnya Sentarum Laboratorium ini menjadi garansi bagi para pelaku ekonomi dalam memenuhi standar prosuk ekspor.

“Buyer mempersyaratkan kualitas dan memerlukan standar di negara tujuan. Melalui uji mutu ini nantinya dapat meningkatkan harga jual dan mengurangi resiko pembatalan sepihak yang merugikan pelaku usaha kita,” kata Syariful.

Selama ini, kata Syariful, isu menyangkut kualitas merupakan salah satu kendala yang sering dihadapi petani dan pelaku usaha sektor ini, seperti adanya kontaminasi bakteri Escherichia Coli, Salmonella dan bakteri lainnya, cemaran logam berat seperti timbal, mercury, cadmium dan kandungan lainnya.

Petani dan Pelaku Usaha

Untuk itu, kata Syariful, Perusda Aneka Usaha memfasilitasi petani maupun pelaku usaha dengan menghadirkan fasilitas uji mutu produk kratom. Diharapkan nantinya petani maupun pelaku usaha di sektor ini dapat meningkatkan kualitas produksi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ratusan ribu masyarakat Kalbar yang terhubung langsung dengan sektor ini.

“Seperti kita tahu bahwa tanaman kratom memiliki nilai ekonomi yang tinggi, karena merupakan salah satu komoditi ekspor dengan potensi ratusan miliar pertahunnya,” kata Syariful.

Menurut Syariful, Sentarum Laboratorium telah dilengkapi peralatan dan alat uji dengan sumber daya manusia yang mumpuni dan berkompeten di bidangnya.

Laboratorium tersebut akan melayani pelaku usaha kratom dalam melakukan pengujian microbiologi dan sejenisnya, pengujian kimia seperti kelembaban atau kadar air, kandungan logam berat, hingga mengukur prosentase kandungan mitraginine dalam kratom.

“Sentarum Laboratoium Perusda Aneka Usaha juga berharap dapat berkontribusi dan terbuka untuk keperluan riset dan pengembangan mutu kratom,”  ujar Syariful.

Editor: R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

Sentarum Laboratorum

Ekonomi

Kratom Ditolak, Perusda AU Beri Solusi
Kemendag

Ekonomi

Harga Ayam Ras Tingkat Peternak, Turun
Temu Bisnis Tahap VI

Ekonomi

Temu Bisnis VI Sukses Raup Rp29,5 Triliun
Presiden Joko Widodo di Pasar Kemuning

Ekonomi

Jokowi Puji Pontianak Kendalikan Inflasi
Bantuan Beras

Ekonomi

Airlangga Temu Wicara Penerima Bantuan Beras
Penyerahan STDB

Ekonomi

Bupati Kubu Raya Serahkan STDB 500 Petani Sawit Swadaya
demo pedagang pasar beringin singkawang

Ekonomi

Aktivitas Normal Pasca Demo Pedagang Pasar
pontianak-times.co.id

Ekonomi

Emas Kalbar Primadona Tapi Simalakama
error: Content is protected !!