Home / Energi

Rabu, 12 Oktober 2022 - 03:19 WIB

Sumitomo dan KHE Bangun PLTA Kayan Cascade

Penandatanganan kerjasama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade, Kamis (6/10/2022) di Hotel Fairmont Jakarta

Penandatanganan kerjasama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade, Kamis (6/10/2022) di Hotel Fairmont Jakarta

Jakarta. Sumitomo Corporation dan PT Kayan Hydro Energy (KHE) menandatangani kesepakatan kerjasama pembangunan Pembangkit Listirik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade, Kamis (6/10/2022) di Hotel Fairmont Jakarta.

Hadir dalam penandatanganan kesepakatan itu antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto, Kepala KSP Jendral TNI (Purn) Moeldoko, dan Dubes Jepang untuk Indonesia Mr Kanasugi Kenji.

Dari pihak Sumitomo hadir antara lain Satoshi Matsui Head of Infrastructure Business Asia and Oceania, Kenichi Ishikawa Direktur Sumitomo Indonesia, dan Eko Permanahadi Chief Representative Sumitomo Corporation Jakarta Project Coordination Office.

Sedangkan dari pihak PT KHE dihadiri Direktur Utama Andrew Sebastian Suryali dan Direktur Operasional Khaeroni. Turut hadir anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Utara Deddy Sitorus dan jurnalis nasional maupun internasional.

Baca juga:  PLTU Bengkayang Tekan Impor Listrik Malaysia

PLTA Kayan Cascade terletak di Provinsi Kalimantan Utara, tepatnya di Kecamatan Peso, Kabupaten Bulungan. Kapasitasnya sekitar 9 ribu Megawatt dan bakal menjadi PLTA terbesar di Indonesia.

“Pemerintah Indonesia menargetkan 23 persen dari keseluruhan energi yang berasal dari energi renewable di tahun 2026. Oleh karena itu kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan percepatan dari pekerjaan Kayan Energi.,” ucap Airlangga dalam acara tersebut.

Airlangga berharap pada tahun 2023 sudah kelihatan pekerjaan fisik PLTA Kayan Cascade seiring  komitmen pemerintah dalam menerapkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT).

Baca juga:  PLTA Kayan Cascade Era Baru Energi Ramah Lingkungan

Airlangga juga mengatakan, Presiden Joko Widodo telah memprioritaskan pengembangan transisi energi, dalam hal ini pengembangan energi yang di Kalimantan. Nantinya PLTA Kayan Cascade jika sudah beroperasi akan menjadi bagian komitmen Indonesia dalam net zero emission (NZE) di tahun 2060.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI Purn Moeldoko menegaskan pembangunan PLTA Kayan Cascade merupakan komitmen bangsa Indonesia terhadap green energy. Proyek ini merupakan proyek monumental bagi Indonesia untuk menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia memiliki semangat kuat dalam transformasi energi.(*/pro)

Share :

Baca Juga

Bantuan Pasang Baru Listrik

Energi

2.992 Rumah di Kubu Raya Terima BPBL
PLTS Temajuk

Energi

Warga Temajuk Nikmati Listrik Setelah 78 Tahun RI Merdeka
SPKLU Sanggau

Energi

Fasilitas SPKLU Disambut Warga Sanggau
Demo Kenaikan Harga BBM

Energi

Ini Alasan Pemerintah Menaikkan Harga BBM
pontianak-times.co.id

Energi

NBRI Sukses Garap Konferensi Energi
Signing Ceremony

Energi

PLTA Kayan Cascade Era Baru Energi Ramah Lingkungan
PLTS Pulau Messah

Energi

Panel Surya di Pulau Terpencil Messah
PLTA Kayan Cascade

Energi

Kayan Cascade Proyek Raksasa Energi Listrik
error: Content is protected !!