Home / Edukasi

Senin, 13 Desember 2021 - 13:26 WIB

Subhan Digempur, Isnaini Pimpin KAHMI

Suasana kompak para alumni HMI saat Muswil KAHMI VIII Kalbar, Sabtu (11/12/2021) di Hotel Dangau-Kubu Raya

Suasana kompak para alumni HMI saat Muswil KAHMI VIII Kalbar, Sabtu (11/12/2021) di Hotel Dangau-Kubu Raya

Kuburaya – Musyawarah Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Muswil KAHMI) VIII Kalimantan Barat telah selesai digelar, Sabtu (11/12/2021) di Hotel Dangau-Kubu Raya, melalui mekanisme pemilhan yang sangat ketat.

Masuknya Subhan Noviar sebagai kandidat telah mengembalikan sikap konsisten kepemimpinan bergaya presidensil. Selama ini kepemimpinan Majelis Wilayah KAHMI Kalbar hanya sekali saja menggunakan presidium dan sisanya presidensil.

Di tahap awal sebelum pemilihan terdapat lima orang bakal calon, kemudian mengerucut menjadi dua orang hingga head to head pun tak terhindarkan antar Subhan Noviar dengan M Isnaini untuk menggantikan posisi demisioner Ketua MW KAHMI Kalbar, M Yusuf.

Subhan Noviar yang di awal pencalonan meneguhkan dirinya maju dengan dukungan dari 9 mayoritas Majelis Daerah (MD) KAHMI Kabupaten/Kota se- Kalbar, harus puas dengan hasil voting mendapatkan 6 suara. Sedangkan M Isnaini unggul dua poin dengan mengantongi 8 suara.

Jalannya proses pemilihan diketuai pimpinan sidang Kasiono selaku steering committee (SC) yang juga mantan komisioner KPUD dan pada periode sebelumnya sempat keluar dari KAHMI, lantaran persyaratan mendaftar sebagai komisioner harus keluar dari keanggotaan dari ormas. Kasiono dibantu dua anggota sidang, Nasir dan Lutfi. Di detik-detik akhir pemilihan secara tertutup itu hampir terjadi skor berimbang 7-7.

Baca juga:  Prabasa, Jago Kelahi yang Mapan Berpolitik

“Ternyata sebanyak tiga orang MD KAHMI mengalihkan dukungan, beberapa saat menjelang voting. Tersisa 6 orang yang solid dan tidak bergeming meskipun diintervensi pihak lain antaralain Kapuas Hulu, Landak, Sintang, Melawi, Singkawang dan Kota Pontianak. Sebanyak tiga nama yang membelot sudah kita kantongi namanya dan dianggap tidak konsisten,” kata Jumadi Asnawi, Tim Sukses Subhan Noviar kepada pontianak-times.co.id, Senin (13/12/2021).

Posisi Subhan yang juga MD KAHMI Kota Pontianak ini memang digempur dari tiga kekuatan antaralain dari kelompok salahsatu perguruan tinggi, kelompok yang dikomando SC dan mantan Ketua MW KAHMI sebelumnya. Subhan melakukan konsolidasi seminggu sebelum pemilihan terbilang efektif melakukan penggalangan. Sedangkan M Isnaini telah mempersiapkan lima bulan sebelumnya. Bahkan upaya agar KAHMI dalam bentuk presidium juga sangat kuat lantaran Subhan yang didesak untuk mundur, lebih memilih bertahan hingga pemilihan usai.

“Apapun yang terjadi, itulah mekanisme yang harus diterima dengan legowo. Dengan masuknya Subhan Noviar telah membuat KAHMI Kalbar menjadi dinamis dan lebih dikenal luas meskipun pergulatannya hanya bersifat internal,” lanjut Jumadi.

Baca juga:  Maman Sahur Bareng Milenial Mempawah

Dihubungi terpisah, M Isnaini Ketua MW KAHMI Kalbar terpilih untuk Periode 2022-2027 menjelaskan pihaknya akan segera melakukan konsolidasi internal karena akan ada Musda KAHMI di kabupaten/kota se-Kalbar. “Selain itu melaksanakan program prioritas dengan menerjemahkan program kerja hasil Muswil,” kata Isnaini yang juga Ketua Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Kalbar.

Program prioritas KAHMI Kalbar itu, kata Sinaini antaralain terkait recoveri Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas terkait resiko banjir. Kemudian mendukung percepatan program vaksinasi untuk menghalau pandemi covid serta recovery bidang ekonomi dengan menumbuhkan jiwa enterpreneur. “Kami mencoba memberikan warna baru bagi sepak terjang KAHMI termasuk dalam pendistribusian kader di seluruh lapisan masyarakat meliputi politik, kemandirian ekonomi, sosial dan budaya,” ujar Isnaini.

Mantan Ketua Komisariat HMI Fakultas Teknik Untan ini mengharapkan semua pengurus dan anggota KAHMI untuk guyub dan semakin solid. “Muswil itu hanyalah dinamika dari proses pemilihan dan yang lebih penting adalah fokus menjalankan program kerja yang diamanahkan,” kata Isnaini tanpa menyinggung soal siapa Sekretaris yang kelak akan mendampinginya.

  • Penulis: R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

pontianak-times.co.id

Edukasi

Terawan Menebar Kebaikan Metode Cuci Otak
Kapolres Ketapang

Edukasi

Cegah Karhutla, Yani Terima Penghargaan
Metode Selongsong

Edukasi

Metode Selongsong Gemawan Cegah Abrasi
Perpustakaan Terapung

Edukasi

Perpustakaan Terapung Tengguli, Sarana Wisata dan Edukasi
Sahrul Kandidat Ketua BEM Untan

Edukasi

Sahrul Siap Bawa BEM Untan Bergerak Progresif
Mudik Lebaran

Edukasi

Mengapa Kita Mudik Lebaran Idulfitri
Penelitian FK Universitas Northwestern Feinberg tentang kopi dan asupan nutrisi

Edukasi

Secangkir Kopi Bisa Tangkal 10% Covid
pesantren ramadan

Edukasi

Pesantren Ramadan Masjid Attaqwa Mempawah
error: Content is protected !!