Home / Edukasi

Senin, 16 Oktober 2023 - 16:30 WIB

HMJ Keperawatan Singkawang Gelar Seminar Public Speaking

Pemateri public speaking menyampaikan materi dalam seminar Public Speaking, Silent is Gold but Speaking is Brilliant

Pemateri public speaking menyampaikan materi dalam seminar Public Speaking, Silent is Gold but Speaking is Brilliant

Singkawang. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Keperawatan Poltekkes Kampus Singkawang menyelenggarakan Seminar Public Speaking “Silent is Gold but Speaking is Brilliant”, Sabtu (14/10/2023).

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid dihadiri peserta secara langsung di Aula Kampus Jurusan Keperawatan Singkawang Poltekkes Kemenkes Pontianak.  

Seminar public speaking ini untuk keterampilan dalam berkomunikasi dan berbicara di depan umum. Keterampilan tersebut berupa penggunaan kata-kata, suara, dan ekspresi tubuh yang efektif untuk mencapai tujuan komunikasi tertentu.

Winellia FSR, APP MPH, Sekretaris Jurusan Keperawatan yang membuka kegiatan ini via zoom menjelaskan public speaking menjadi softskill yang perlu dikuasai oleh Mahasiswa saat ini. Untuk menyampaikan ide memerlukan formulasi kata-kata yang baik dan benar.

“Memang perlu dilatih dan seminar ini menjadi momentum untuk meningkatkan softskill tersebut,” kata Winellia.

Ketua Panitia, Kristina Noviantik Elisabet  dalam laporannya menerangkan kegiatan diikuti secara offline dengan jumlah peserta sebanyak 133 orang mahasiswa Poltekkes Kemenkes Pontianak Jurusan Keperawatan Kampus Singkawang, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Singkawang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang dan Universitas Terbuka Kota Singkawang.

Baca juga:  Manfaat Sarapan Sebelum Beraktivitas

“Adapun yang mengikuti kegiatan ini secara online berjumlah 99 orang yang berasal dari mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Poltekkes Kemenkes Banjarmasin, Poltekkes Kemenkes Palembang, RSU Harapan Bersama Singkawang dan beberapa peserta umum,” jelasnya.

Trainer Tersertifikasi

Dalam seminar ini, HMJ Keperawatan Singkawang menghadirkan dosen sekaligus Public Speaking Trainer Ns Egidius Umbu Ndeta SKep MKes, trainer tersertifikasi BNSP RI dan KEMENKES RI sebagai narasumber.

Menurut Egidius, dalam riset yang dilakukan di Amerika tercatat 25,9% masyarakatnya lebih takut pada public speaking daripada kematian. “Ini menjadi perhatian kita semua bahwa bahkan di negara yang maju sekalipun, penduduknya masih takut akan berbicara di depan umum,” ujarnya.

Ia juga mengutip kalimat dari seorang public Speaker terkemuka, Sayyid Qutb bahwa satu peluru dapat menembus satu kepala, tapi satu kata bisa menembus jutaan kepala.

Ia menambahkan dalam penyampaian materinya bahwa terdapat tiga tujuan dari penyampaian public speaking yakni to inform, to persuade, dan to entertaint sehingga perlu diperhatikan terlebih dahulu tujuan dari public speaking yang hendak dilakukan seseorang.

Baca juga:  Penyuluhan Hukum di 10 Desa se-Kubu Raya

Untuk mengetahui latar belakang audiens juga perlu dilakukan, lanjut dia, dengan demikian seorang public speaker dapat menyiapkan struktur dan pola kalimat seperti apa yang dapat diterima oleh audiens dengan latar belakang tersebut.

Sementara itu, Ketua HMJ Keperawatan Singkawang menyampaikan agar kegiatan yang telah diselenggarakan dapat memberikan manfaat kepada teman-teman yang menghadiri kegiatan ini baik secara offline maupun online.

“Saya sebagai Ketua HMJ Keperawatan Singkawang juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi dan antusiasme dari seluruh peserta,” terangnya.

Diketahui, kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Poltekkes Kemenkes Pontianak, dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Sekretaris Jurusan Keperawatan.

Salah satu audiens, Jenny Febriana mengungkapkan bahwa seminar ini sangat bagus, dapat memberikan penjelasan tentang teknik melakukan public speaking yang baik dan benar, sekaligus memotivasi saya untuk meningkatkan skill public speaking ini.

“Saya harap ilmu dari seminar ini dapat saya terapkan baik di dalam kelas saat presentasi maupun diluar kelas dalam berbagai kesempatan lainnya,” harapnya. 

Penulis: Jainudin I Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

Alat Pengering Ikan

Edukasi

Nelayan Pulau Kabung Sasaran PKM UMP
Pawai Isra Mikraj

Edukasi

Siswa PAUD Babul Jannah Pawai Keliling
Harlah KKSS 47

Edukasi

Harlah KKSS 47 Segera Gelar Aksi Sosial dan Event
Wakil Walikota Singkawang

Edukasi

Malam Jumat Terakhir Wawako Singkawang
Himapem

Edukasi

Kunjungan Kemanusiaan HIMAPEM di Pontianak
Hoegeng Award 2022

Edukasi

Jejak Polisi Penerima Hoegeng Awards 2022
Pengda APHTN HAN Kalbar

Edukasi

Pengda APHTN-HAN Kalbar Resmi Dilantik
Wisuda IAIS Sambas

Edukasi

IAIS Sambas Wisuda 227 Mahasiswa
error: Content is protected !!