Home / Historia

Rabu, 9 November 2022 - 17:38 WIB

Rubini Kado Hari Pahlawan 10 November 2022

Foto Raden Rubini Natawisastra yang dipajang di Istana Negara saat penganugerahan gelar Pahlawan Nasional, Senin (7/11/2022)

Foto Raden Rubini Natawisastra yang dipajang di Istana Negara saat penganugerahan gelar Pahlawan Nasional, Senin (7/11/2022)

Pontianak. Warga Kalimantan Barat mendapat kado khusus pada peringatan Hari Pahlawan, Kamis 10 November 2022. Salah seorang tokoh, dr R Rubini mendapat anugerah Pahlawan Nasional.

Pahlawan dengan nama lengkap Raden Rubini Natawisastra ini merupakan seorang dokter. Ia yang berasal dari tatar sunda yang menghabiskan pengabdiannya di Kalimantan Barat di masa perjuangan mencapai kemerdekaan.

Penganugerahan gelar pahlawan untuk R Rubini bersamaan dengan empat tokoh lainnya yakni dr HR Soeharto, KGPAA Paku Alam VII, H Salahuddin bin Talabuddin dan Kyai Haji Ahmad Sanusi. Kelima tokoh itu diwakili ahli waris keluarganya mengikuti seremoni penganegarahan dipimpin Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara.   

Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional ini mengingatkan kembali pada perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Hari pahlawan yang diperingati setiap 10 November setiap tahunnya ini mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan. Mereka telah berjuang untuk mengusir penjajah dari Indonesia.

Tonggak peringatan ini bermula pada pertempuran besar antara pasukan Indonesia dan sekutu pada 10 November 1945 di Surabaya.

Sebagai pedoman peringatan kali ini, 3 menteri yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Merujuk mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB).

SKB Nomor 678 Tahun 2022 ini memasukkan Hari Pahlawan sebagai hari libur nasional. Lantaran dalam kalender nasional bukan tanggal merah, maka peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022 mendatang tidak libur. Aktivitas belajar mengajar seperti biasanya. Termasuk pelayanan publik dan perkantoran tetap berjalan seperti biasa.(dwi)

Share :

Baca Juga

Kitab Kanon

Historia

Waibi Sarawak Terima Kitab Kanon Sambas
Tiga generasi pengurus MABM Sambas

Historia

Tiga Generasi MABM Ajak Lestarikan Budaya
Siandiaga Uno

Historia

Sandiaga Bergelar Pangeran Nata Yasa Wangsa
Pontianak - Komunitas Viking Kolot (Koviko), perkumpulan para pecinta klub sepakbola Persib di Kalimantan Barat, mendukung penuh Pembangunan Masjid Agung 1001 Kubah di Kabupaten Sambas.

Historia

Koviko Dukung Masjid 1001 Kubah Sambas
Gunung Poteng di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. foto: rido

Historia

Saksi Sejarah Transformasi Media
Tjhia Ki Tho, Ketua MABT Kota Singkawang

Historia

TCM Tak Libatkan MABT Bangun Rumah Adat
Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Amirsyah mengajak muslim bersatu bangun Masjid Nasional Perbatasan

Historia

Ajak Muslim Bersatu Bangun Masjid 1001 Kubah
Raja Amantubillah Mempawah

Historia

Sandiaga Hadir di Toana Raja Mempawah
error: Content is protected !!