Home / Ekonomi

Kamis, 25 Mei 2023 - 21:34 WIB

Kratom Ditolak, Perusda AU Beri Solusi

Aktivitas pengujian kratom di Sentarum Laboratorium milik Perusahaan Daerah (Perusda) Aneka Usaha.

Aktivitas pengujian kratom di Sentarum Laboratorium milik Perusahaan Daerah (Perusda) Aneka Usaha.

Pontianak. Baru-baru ini puluhan kontainer ekspor kratom ke Amerika ditolak dan dikembalikan akibat rendahnya mutu dan kualitas. Perusda Aneka Usaha (AU) siap berkolaborasi memberi solusi.

Direktur Perusahan Daerah (Perusda) AU Kalimantan Barat, H Syariful Hamzah Nauli SIP menjelaskan kejadian tersebut sudah diprediksi sebelumnya. Makanya telah diantisipasi dengan didirikannya Laboratorium Uji Mutu Kratom atau Sentarum Laboratorium.

Sentarum Laboratorium telah diresmikan Gubernur Kalimantan Barat H Sutarmidji SH MHum pada awal tahun ini bertepatan peringatan Ulang Tahun Pemprov Kalbar, 28 Januari 2023. “Hadirnya laboratorium itu untuk mencegah atau setidaknya meminimalisir kejadian-kejadian seperti penolakan oleh pihak penerima atau pembeli kratom,” kata Syariful.

Menurutnya, penolakan atau pengembalian produk kratom karena alasan kualitas yang buruk dan tidak sesuai pesanan importir di negara tujuan, tidak boleh terjadi lagi. Kondisi itu sangat berpengaruh besar bagi seluruh pelaku usaha di tiap tingkatan, mulai dari petani, pekerja hingga pedagang besar maupun kecil.

Baca juga:  PKL Raup Untung di Festival Sahur-Sahur

“Kerugian tidak hanya dialami eksportir tetapi rantai distribusi dan produksi dibawahnya juga ikut terdampak,” ujar Syariful.

Untuk itu, lanjut dia, Perusda Aneka Usaha melalui Sentarum Laboratorium berusaha berkontribusi untuk meningkatkan daya tawar dan kepastian bagi pelaku usahan di sektor ini. Caranya, dengan memberikan solusi pelayanan uji mutu kratom yang transparan dan independen. Pada akhirnya berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kami membuka ruang selebar-lebarnya untuk berkolaborasi dengan semua pihak terkait dalam bisnis ini. Sentarum Laboratorium terus melakukan evaluasi dan komunikasi dengan pihak-pihak terkait untuk peningkatan kualitas layanan,” kata Syariful.

Baca juga:  H Syauqi Beri Motivasi WBP Lapas Pontianak
Jalin Komunikasi

Pihak Perusda Aneka Usaha juga, berkomunikasi dengan para pebisnis lokal maupun luar. Bahkan buyer dari Amerika dan Eropa telah menjalin komunikasi.

“Beberapa diantaranya bahkan sudah berkunjung langsung dan menyatakan komitmen untuk melakukan kerjasama dengan Sentarum Laboratorium,” kata Syariful.

Seperti diketahui, Provinsi Kalimantan Barat merupakan produsen terbesar tanaman kratom (Mitragyna speciosa).

Tanaman yang tergolong bahan baku obat ini tersebar paling banyak terdapat di Kabupaten Kapuas Hulu. Sebaran sisanya di beberapa daerah seperti Ketapang, Sintang, Sekadau dan Sambas.

Editor: R. Rido Ibnu Syahrie I Update Berita, Follow Google News

Share :

Baca Juga

Hari Kekayaan Intelektual Sedunia

Ekonomi

Yasonna: Potensi Besar Perempuan Milenial
JNE Ngajak Online

Ekonomi

Tips Unik, Bukan Persaingan Tapi Kolaborasi
Penyerahan STDB

Ekonomi

Bupati Kubu Raya Serahkan STDB 500 Petani Sawit Swadaya
Muhammad Fahmi

Ekonomi

Tanaman Kratom Perlu Dukungan Regulasi
Maman Abdurrahman

Ekonomi

Maman Sanjung Airlangga Taklukan Inflasi
Jipremium

Ekonomi

JIPREMIUM 2022 Jembatan Kerjasama Korea dan Indonesia
Buah Naga

Ekonomi

Buah Naga dari Jawai yang Menggoda
Presiden Joko Widodo di Pasar Kemuning

Ekonomi

Jokowi Puji Pontianak Kendalikan Inflasi
error: Content is protected !!