Home / Peristiwa

Kamis, 28 Desember 2023 - 09:49 WIB

Danrem 121 Apel Kesiapan Cegah Banjir

Komandan Resort Militer (Danrem) 121 ABW Brigjen TNI Luqman Arief SIP memimpin apel gelar pasukan siaga banjir, Rabu (27/12/2023) di Makodim 1201 Mempawah

Komandan Resort Militer (Danrem) 121 ABW Brigjen TNI Luqman Arief SIP memimpin apel gelar pasukan siaga banjir, Rabu (27/12/2023) di Makodim 1201 Mempawah

Mempawah. Danrem 121 Alambhanawanawai Brigjen TNI Luqman Arief SIP memimpin apel gelar pasukan kesiapan penanggulangan banjir di wilayah Kalimantan Barat, Rabu (27/12/2023).

Apel dilaksanakan di Lapangan Makodim 1201 Mempawah yang melibatkan seluruh unsur terkait diantaranya TNI AD, TNI AL, Polri, Pemerintah Daerah, BPBD, Basarnas, Pol PP, Dinas Kesehatan serta unsur terkait lainnya. Apel ini juga dilaksanakan oleh seluruh satuan Kodim jajaran Korem 121 secara serentak.

Luqman Arief menjelaskan apel tersebut untuk pengecekan personel maupun materiil. Korem 121 mengerahkan 9 Kodim se-Kalimantan Barat. Tuuannya, agar siaga dalam menghadapi kondisi bencana alam yang datangnya tiba-tiba.

“Kita bisa mengantisipasinya dengan memetakan dimana wilayah yang kemungkinan akan terjadi bencana khususnya banjir. Kita juga menyiapkan personel maupun materiil yang akan kita gunakan nantinya,” kata Luqman.

Menurutnya, Korem 121/Abw sudah menyiapkan 1000 personel dan itu bisa lebih apabila dibutuhkan, karena melibatkan unsur TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan unsur terkait lainnya.

Luqman dalam sambutannya pada apel siaga itu mengajak seluruh personel dan stakeholder terkait untuk memanfaatkan apel gelar pasukan sebagai momentum penting untuk meningkatkan sinergi dan koordinasi.

“Kita harus memperkuat kerjasama dengan pihak terkait, masyarakat dan relawan dalam rangka penanganan bencana yang efektif dan efisien,” ujarnya.

Bencana banjir, kata Luqman, bukanlah masalah yang dapat diselesaikan secara individual. Semua pihak memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan hidup dan melindungi kehidupan masyarakat.

“Dalam menghadapi bencana banjir yang mungkin akan terjadi, kita harus bersatu, bekerjasama dan berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi resiko dan dampaknya,” kata Luqman. (rf)

Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

Tim SAR Gabungan di JSSB

Peristiwa

Tim SAR Kerahkan 7 Alat Cari Pekerja JSSB
Pengukuhan Presidium FW-LSM Kalbar

Peristiwa

Presidium FW-LSM Kalbar Dikukuhkan
Tersengat Listrik

Peristiwa

Pasang Baliho Caleg, Meninggal Tersengat Listrik
Simulasi Pengamanan Pemilu 2024

Peristiwa

Polres se-Kalbar Simulasi Sispam Kota dan TPS
Tersangka KM Pembunuh Pasutri

Peristiwa

Polisi Tembak Pembunuh Pasutri Kubu Raya
Konflik Lahan Dusun Tanjung Gundul

Peristiwa

Warga Tanjung Gundul Pasang Baliho Konflik 816 Hektar Lahan
MPC Pemuda Pancasila menyalurkan hewan qurban iduladha.

Peristiwa

Pemuda Pancasila Sambas Salurkan Hewan Qurban
Pepabri dan Perip Kabupaten Mempawah

Peristiwa

Suwardi Dikukuhkan Pimpin Pepabri Mempawah
error: Content is protected !!