Home / Birokrasi

Jumat, 24 Desember 2021 - 14:23 WIB

5 Aplikasi Layanan Publik Kumham Kalbar

Refleksi Akhir Tahun 2021 bersama Insan Media, Jumat (23/12/2021) di Aula Kanwil Kemenkumham Kalbar

Refleksi Akhir Tahun 2021 bersama Insan Media, Jumat (23/12/2021) di Aula Kanwil Kemenkumham Kalbar

Pontianak. Mengakhir tahun 2021, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Kalbar menyelenggarakan event transparansi informasi publik yang dibalut dalam Refleksi Akhir Tahun 2021 bersama Insan Media, Jumat (24/12/2021).

Fery Monang Sihite, Kakanwil Kemenkumham Kalbar menjabarkan capaian kinerja dari empat divisi antaralain divisi administrasi, pemasyarakatan, keimigrasian, dan divisi pelayanan hukum dan HAM. “Sebelum menjalankan program tahun 2021, kami melakukan deklarasi janji kinerja dan penandatangan pembangunan zona integritas beserta jajaran yang disaksikan Kajati Kalbar dan Ombudsman RI Perwakilan Kalbar,” kata Fery.  

Berbekal janji kinerja itu, selanjutnya merealisasikan pagu anggaran senilai Rp233.481.995,000 dengan realisasi serapan per 20 Desember 2021 sebesar 85,17% atau Rp198.846.021.501. “Kami menargetkan realisasi pada akhir tahun menyentuh angka 91%,” kata Fery didamping  para Kepala Divisi dan jajarannya.

Kendala penyerapan anggaran tersebut, kata Fery, karena belum terlaksananya pembangunan Kantor Imigrasi TPI Putussibau yang sumber dana pembangunan dari anggaran PNBP diblokir Kemenkeu. Selain itu, pembangunan gedung Kantor Imigrasi TPI Putussibau tidak masuk skala prioritas. Pemerintah dalam hal ini lebih memprioritaskan revitalisasi gedung kantor wilayah di Sulawesi Tengah yang rusak parah akibat bencana gempa bumi.

Berikut ini capaian bidang administrasi

  1. Peringkat pertama laporan keuangan tahun 2020 dari Ditjen Perbendaharaan (DjPb) Provinsi  Kalbar atas keberhasilan mengelola keuangan dengan nilai 99.00, peringkat pertama Kategori dan Kriteria Penilaian Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL) Tingkat Wilayah Tahun 2020 UAPPA-W Besar. Piagam penghargaan diberikan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalbar, Edih Mulyadi.
  2. Menyelenggarakan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil dengan jumlah pelamar 5.401. Sebanyak 227 peserta yang hadir memberikan penampilan terbaiknya untuk memikat perhatian penguji pusat dan daerah. Para peserta memperagakan keterampilan yang dimiliki sebagai bagian pertimbangan proses lolos seleksi wawancara.
  3. Melaksanakan vaksinasi pegawai sebagai upaya pencegahan dan mendukung program vaksinasi nasional
  4. Upacara peringatan Hari Dharma Karya Dhika bersama dengan Unit Utama Pusat secara virtual, dilanjutkan Kemenkumham Legal Expo
  5. Kegiatan donor darah di LPKA Sungai Raya
  6. Mencetak pegawai berprestasi di Malaysia. Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Ahli Pertama Balai Pemasyarakatan (Bapas) Pontianak, Wahyu Saefudin terpilih menjadi Juara 2 dalam ajang PPIM Awards 2021 kategori postgraduate (19/12). PPIM Awards merupakan kegiatan yang diselenggarakan Persatuan Pelajar Indonesia Malaysia (PPIM)
  7. Terobosan inovasi layanan publik dengan meluncurkan lima jenis aplikasi:
  • Sistem Informasi Harmonisasi Rancangan Perda (SIAMORA), sebuah sistem aplikasi pengharmonisasian, pembulatan dan pemantapan konsepsi Rancangan Peraturan Daerah secara elektronik di Kalbar. Aplikasi ini memberikan kemudahan masyarakat dalam mengakses website Kanwil Kemenkumham Kalbar yang memiliki fitur pembacaan otomatis berita sebagai layanan berbasis HAM
  • Sistem Informasi Komunikasi Bonafid (SIKOFID), sebuah sistem yang dirancang untuk memberikan informasi dalam bentuk radio streaming yang disebarluaskan melalui jaringan internet
  • Sistem Komunikasi Terpadu (SIMUTER), sebuah aplikasi yang menggabungkan kanal komunikasi SMS dan WA sebagai media komunikasi yang bersifat dua arah antara petugas dan masyarakat sebagai pemberi informasi dan petugas sebagai penerus  informasi. Setelah informasi ditindaklanjuti hasilnya dilaporkan lagi kepada masyarakat
  • Sistem Laporan Notaris Kalimantan Barat (SILANOK), sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk monitoring laporan bulanan notaris di wilayah kerja Kalimantan Barat secara online
  • Portal Data Keimigrasian (PORDAKIM), sebuah aplikasi untuk mempermudah akses data-data terkait keimigrasian di jajaran Kanwil Kemenkumham Kalbar yang datanya bersumber dari UPT Imigrasi. Aplikasi ini mempermudah akses informasi dimana saja dan kapan saja karena bersifat online. Mempermudah mengirim laporan terkait perlintasan yang diminta stakeholder.

Penulis : R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

pontianak-times.co.id

Birokrasi

Revisi UU dan Permudah Izin Praktek Dokter
IGA 2022

Birokrasi

Sambas Raih Perbatasan Terinovatif 2022
Rapat DPC Partai Hanura Kota Singkawang menyikapi pernyataan Walikota Tjhai Chui Mie, Sabtu (2/10/2021)

Birokrasi

Sebut Banci, Walikota Singkawang Segera Disomasi
Bupati Mempawah Hj Erlina

Birokrasi

Kalbar 2023 Tanpa Desa Sangat Tertinggal
Bupati, Wakil Bupati Sambas dan Ketua DPRD Kabupaten Sambas pada sidang paripurna, Kamis (7/1/2021)

Birokrasi

Dewan Sambas Siapkan 3 Pansus Bahas 5 Raperda
pontianak-times.co.id

Birokrasi

656 Polisi Dikerahkan Jaga Jokowi di Sintang
Shirat Nur Wandi

Birokrasi

Utang Rp97 M, Kamus Raya Desak DPRD Melawi
pontianak-times.co.id

Birokrasi

Ditsamapta Polda Kalbar Raih Penghargaan
error: Content is protected !!