Home / Tokoh Publik

Minggu, 22 Januari 2023 - 17:54 WIB

Syafii Efendi Banyak Hipnotis Anak Muda

Motivator Muda, Syafii Efendi memberikan piagam penghargaan kepada Hj Rubaeti Erlita Prabasa dalam seminar nasional Indonesia Recovery, Menyambut Musim Semi Pasca Pandemi, Sabtu (21/1/2023) di Hotel Harris Pontianak.

Motivator Muda, Syafii Efendi memberikan piagam penghargaan kepada Hj Rubaeti Erlita Prabasa dalam seminar nasional Indonesia Recovery, Menyambut Musim Semi Pasca Pandemi, Sabtu (21/1/2023) di Hotel Harris Pontianak.

Pontianak. Usianya 32 tahun pada Agustus 2023. Pria kelahiran Medan ini cepat melejit namanya dan sering menjadi narasumber seminar motivator bisnis. Siapa Syafii Efendi?

Syafii seolah menghipnotis seribu milenial Kota Pontianak dan Kubu Raya yang menjadi peserta dalam seminar nasional Indonesia Recovery, Menyambut Musim Semi Pasca Pandemi, Sabtu (21/1/2023) di Hotel Harris Pontianak.

Melalui keterampilannya dalam berorasi, Syafii mempresentasikan content motivasi yang membakar semangat peserta seminar dari kalangan anak muda, agar gigih dalam berbisnis. Ketua Umum DPP Wirausaha Muda Nusantara (Winmus) ini, bukan hanya sekadar ngomong.

Teori terkait entrepreneur yang disampaikannya kepada peserta seminar di Hotel Harris Pontianak, justeru telah diterapkan dan menjadi setumpuk pengalamannya. Syafii yang mendapat julukan motivator muda ini kerap menggelar seminar serupa, hingga memecahkan rekor MURI.

Ia pernah menggarap 120 kali seminar motivasi, hanya dalam waktu tiga bulan di 112 kota se-Indonesia. Setiap perhelatan seminar tentu saja dihadiri ribuan orang. Luar biasa bukan?

Syafii terlahir dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Ia seorang anak desa, tepatnya Desa Pantai Cermin yang berjarak puluhan kilometer dari Medan. Ternyata pengalaman berharga telah banyak menempa hidup Syafii yang sejak usia 12 tahun memulai jualan es kelapa muda bersama ibunya di Medan.

Enam tahun setelah itu, Ia menggeluti bisnis trading dan masuk bursa saham sambil terus menerus mengikuti seminar motivasi bisnis. Pada usia 20 tahun, Syafii yang awalnya menjadi peserta seminar motivasi, kemudian mulai menjadi pembicara profesional dalam berbagai seminar.

Sempat Drop Out (DO) dari perkuliahan lantaran fokus pada bisnis perumahan (properti). Namun terus berkuliah sampai selesai strata 1 dan berlanjut ke strata 2 dengan gelar Magister Manajemen (MM).

Selain tokcer dalam bidang akademik dan dunia motivator, bisnis Syafii juga semakin tajir dalam bidang lainnya selain properti antara lain lembaga kursus bahasa Inggris Orinem, impor produk fashion lewat ikon bisnisnya, Via Fashion. Kemudian, mendirikan lembaga yang khusus mengelola seminar yaitu The Millenial Institute.

Ada pula Visigo Academy, Youth Power, Pemuda OKI dan menggeluti berbagai organisasi. Ia pula yang mendirikan Indonesian Entrepreneur Club. Yang paling menonjol saat Syafii didaulat menjadi Prsiden Organization of Islamic Cooperation (OIC) Youth Indonesia.

Hingga kini Syafii masih terus menjadi pembicara di berbagai seminar melalui Winmus yang semakin berkibar eksistensinya. Selain ‘menghipnotis’ kalangan milenial dan generasi muda dalam seminar, Syafii rajin membuat quotes di jejaring sosial media.

Dalam instagram @syafiiefendi berfollower 231 ribu, Syaffi masih tetap ‘membakar’ semangat dengan kutipan-kutipan menarik. Beberapa quotes itu misalnya, “Rencana besar Anda adalah omong kosong yang nyata, tanpa anda turunkan menjadi tindakan, meskipun kecil. Pemimpi selalu di belakang pelaku!”

“Tanamkan kebiasaan melihat dan merasakan dari sudut pandang orang lain. Maka, angka ‘keterlukaan’ kepada orang lain akan menurun,” ungkap Syafii  dalam quotes-nya.

Ia memiliki prinsip soal pentingnya membangun sumber daya manusia yang menempati posisi teratas sebelum memulai sebuah bisnis. “Starting bisnis itu adalah people development. Bisnis nomor dua, orang nomor 1. Jika orangnya dibangun, maka bisnis akan berjalan dengan baik,” kata Syafii.

Penulis: R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

pontianak-times.co.id

Tokoh Publik

Pesan Demokrasi Terakhir Viryan Azis
pontianak-times.co.id

Tokoh Publik

Tulisan Terakhir Aswandi, Tokoh Pendidik
Yefrizal

Tokoh Publik

Yefrizal dan Pengabdian Bola Voli Kalbar
Ir. H. Prabasa Anantatur MH, Politisi Partai Golkar Kalimantan Barat.

Tokoh Publik

Prabasa, Jago Kelahi yang Mapan Berpolitik
Ridwan Saidi

Tokoh Publik

Ridwan Saidi Meninggal di Usia 80 Tahun
Innalillaahi wainnailayhi rooji’uun. Tokoh pers sekaligus budayawan Kalimantan Barat, HA.Halim Ramli meninggal dunia, Jumat (16/7/2021) sekitar pukul 18.35 WIB

Tokoh Publik

Tokoh Pers Kalbar Meninggal Dunia
Bani Hidayat dan lukisannya yang merespons kegaduhan Covid19. (foto: pontianak-times.co.id)

Tokoh Publik

Pelukis Disabilitas, Berkarya Tanpa Batas
Aktris Senior Nani Wijaya

Tokoh Publik

Pesan Terakhir Nani Wijaya Sebelum Mangkat
error: Content is protected !!