Home / Historia

Selasa, 9 Agustus 2022 - 12:06 WIB

Ribut Nama Pelabuhan, Apa Arti Kijing?

Presiden Joko Widodo meresmikan Pelabuhan Internasional Kijing, Selasa (9/8/2022) di Mempawah

Presiden Joko Widodo meresmikan Pelabuhan Internasional Kijing, Selasa (9/8/2022) di Mempawah

Mempawah. Peresmian Pelabuhan Internasional Kijing oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (9/8/2022) telah menimbulkan polemik akibat usulan perubahan nama menjadi Pelabuhan Tanjungpura. Apa arti kata Kijing?

Kamus Besar Bahasa Indonesia memberikan panduan terdapat dua arti. Kijing dapat berarti kepah atau remis yang agak besar, tetapi lebih kecil daripada kerang. Kijing sejenis makanan laut yang halal untuk dimakan dan memiliki cangkang agak pipih.

Arti kata kedua Kijing adalah kata benda yang merujuk pada batu penutup makam menyatu dengan batu nisannya. Biasanya terbuat dari pualam, tegel, atau semen. Arti Kijing dapat menjadi kata kerja pada kata mengijing yang berarti membuatkan atau memasang kijing pada makam.

Sebelumnya, informasi mengenai perubahan nama pelabuhan menjadi Pelabuhan Tanjungpura santer mendapat reaksi penolakan dari warga hingga berujung ke persoalan hukum di Polres Mempawah. Penolakan itu datang dari pemilik akun sosial media facebook @Maman Suratman.

Dalam postingannya, Maman menjelaskan merubah nama pelabuhan internasional kijing menjadi pelabuhan Tanjungpura merupakan pelecehan dan merendahkan warga Mempawah.

Sayangnya, tindakan Maman yang bernada marah itu ditambah dengan pernyataan yang menyerang harkat dan martabat pribadi Gubernur Kalbar H Sutarmidji.

“Alhamdulillah, saye sudah di ruangan penyidik Polres Mempawah. Siap kooperatif untuk diperiksa oleh Ditkrimsus Polda Kalbar atas laporan Sutarmidji  Gubernur Kalbar terkait postingan saya di media sosial,” ujar Maman dalam postingannya.

Maman selaku Ketua LSM Mempawah Berani juga membuat imbauan untuk membantu Polres Mempawah menjaga keamanan dan ketertiban agar kunjungan Presiden RI pada hari Selasa 9 Agustus 2022 untuk meresmikan Terminal Kijing berjalan lancar.

“Saye tidak akan meminta maaf kepada Sutarmidji karena postingan saye itu mewakili suara hati sebagian masyarakat Kabupaten Mempawah yang merasa kecewa karena aspirasinya tidak dihargai oleh Sutarmidji selaku Gubernur Kalbar,” tulis Maman.

Gubernur Kalbar Sutarmidji memastikan sebenarnya telah mengusulkan dua nama pelabuhan yakni Pelabuhan Kijing Mempawah dan Pelabuhan Internasional Tanjungpura.

Diketahui, perubahan nama menjadi keputusan pemerintah pusat. “Yang memutuskan nama itu bukan gubernur, kan ini investasi BUMN, bukan APBD,” kata Sutarmidji.

Arti Tanjungpura

Lantas, apa arti kata Tanjungpura. Apakah memiliki konotasi negatif atau justru memiliki nilai historis. Nama Tanjungpura di Kalimantan Barat telah menjadi ciri khas. Diantaranya digunakan sebagai nama Universitas Tanjungpura.

Demikian halnya, nama Komando Daerah Militier yang menaungi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah menggunakan nama Kodam XII Tanjungpura.

Secara historis, Tanjungpura adalah nama lain dari Kerajaan Matan sebagai kerajaan tertua di Kalimantan Barat pada abad ke-8. Beberapa daerah yang pernah menjadi pusat kerajaan ini di Negeri Baru Kabupaten Ketapang. Pernah juga pindah ibukota kerajaan ke Sukadana.(rdo)  

Share :

Baca Juga

Kitab Kanon

Historia

Waibi Sarawak Terima Kitab Kanon Sambas
Loggo Muhammadiyah

Historia

Maklumat Muhammadiyah Iduladha 9 Juli 2022
Titilah Pekerja Migran di Taiwan

Historia

Tilah, Pekerja Migran Inspiratif di Taiwan
Festival Cap Go Meh 2023

Historia

Festival Cap Go Meh Sungai Pinyuh, Meriah
Makkah Almukarromah

Historia

Iduladha 2022 Tunggu Hasil Hilal 86 Lokasi
Aktivitas menancapkan tiang Bagan di perairan Pulau Kabung, Bengkayang, Kalimantan Barat. (foto: pontianak-times.co.id)

Historia

Tancap Tiang Bagan, Kearifan Lokal Warga Pulau Kabung
Istana Alwatzikoebillah

Historia

Sambas Berdiri Kokoh Setelah 392 Tahun
pontianak-times.co.id

Historia

Konflik Gapura Kembar Kota Singkawang
error: Content is protected !!