Home / Historia

Senin, 22 Mei 2023 - 19:11 WIB

Warga Banten Ajak Pererat Silaturahmi

Ketua Paguyuban Masyarakat Banten Kota Pontianak bersama pengurus dan panitia halal bihalal 1444 H di PCC

Ketua Paguyuban Masyarakat Banten Kota Pontianak bersama pengurus dan panitia halal bihalal 1444 H di PCC

Pontianak. Halal Bihalal Paguyuban Masyarakat Banten (PMB) Kota Pontianak menjadi wahana untuk mempererat silaturahmi ditengah kondisi sosial yang heterogen.

“Masyarakat di Kota Pontianak ini sangat heterogen dan pada prinsipnya semua berinteraksi,” kata Walikota Pontianak Ir H Edi Rusdi Kamtono MM MT dalam sambutannya pada acara halal bihalal keluarga besar PMB Kota Pontianak Tahun 1444 H, Sabtu (20/5/2023) malam di Pontianak Convention Center.

Menurut Edi, dengan adanya paguyuban-paguyuban dapat menjalin kerjasama dan semangat kebersamaan. “Jangan sampai silaturahmi ini hanya sekedar datang, tetapi dapat membangun komitmen kita bersama dalam membangun Kota Pontianak  yang cerdas dan bermartabat,” ujar Edi.

Halal Bihalal PMB Kota Pontianak dihadiri sekitar 2000 warga termasuk undangan dari semua unsur dan lintas etnis atau lintas paguyuban. Kegiatan diawali dengan pembacaan Ayat Suci Alquran oleh Ustadz  Damanhuri dan Ustadz Mulyadi, dilanjutkan ceramah agama oleh Ustadz Sobari.

Ajakan mempererat silaturahmi juga dikemumakan Ketua Panitia Halal Bihalal PMB Kota Pontianak, Drs M Zaini Madali SE.

Menurut Zaini, masyarakat Banten yang ada di Kota Pontianak merupakan bagian dari Bangsa Indonesia. “Warga Banten khususnya di kota Pontianak mengajak saudara kami dari berbagai etnis untuk selalu menjaga erat silaturahmi yang harmonis dan cinta damai,” kata Zaini.

Sementara itu, Ketua PMB Kota Pontianak, Cecep Supriatna SE menjelaskan tujuan diselenggarakan halal bihalal ini sebagai wahana silaturahmi, serta dapat saling memafaakan dengan tujuan mempererat kebersamaan.

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan halal bihalal ini adalah sebagai wadah silaturrahmi, saling memaafkan untuk lebih mempererat tali persaudaraan dan tali persahabatan,” ujar Cecep.

Harapannya, lanjut Cecep, terjadi penguatan dalam komunikasi dan koordinasi semua pengurus paguyuban masyarakat Banten Kota Pontianak dan seluruh warga sadulur Banten yang ada di Kota Pontianak.

Cecep memberikan motivasi kepada seluruh pengurus untuk memupuk kebersamaan yang salah satunya dibuktikan melalui halal bihalal. “Semoga dengan acara halal bihalal dapat menumbuhkan mental kebersamaan baik dalam kehidupan bermasyarakatan maupun dalam kehidupan sehari-hari,” kata Cecep.

Sikap Warga Banten

Pada kesempatan itu, Ketua Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kota Pontianak Dr Firdaus Zar’in SPd MSi memuji sikap warga Banten di Kota Pontianak yang paling pandai menyesuaikan.

“Diharapkan masyarakat Banten di Kota Pontianak ini dapat berkontribusi dan bekerjasama dengan pemerintah dalam membangun Kota Pontianak,” kata Firdaus.

Turut hadir pada kesempatan itu Dansubsatgas Xlll/Kalbagbar Letkol Chb Anda Basuki, Dandim 1207 Pontianak Letkol ARH Hendra Roza, Kapolsek Kota Pontianak AKP Eeng Suwenda, dan Ketua Paguyuban Banten Provinsi Kalbar KH Muhammad Basri.

Selain itu, tokoh pemuda sekaligus Ketua National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Provinsi Kalbar Mustaat Saman SHut, Kadispora Kota Pontianak, perwakilan lintas etnis Kota Pontianak dan undangan lainnya.

Halal Bihalal PMB Kota Pontianak berlangsung meriah dengan pertunjukan kesenian berupa tari jaipongan, pencak silat dan suguhan atraksi lainnya dari Bale Seni Budaya Banten Kota Pontianak.

Penulis: R. Rido Ibnu Syahrie

Update Berita, Follow Google News

Share :

Baca Juga

HUT Bhayangkara ke 76

Historia

Asal Mula Polri Gunakan Kata Bhayangkara
Kitab Kanon

Historia

Waibi Sarawak Terima Kitab Kanon Sambas
Penjual kambing untuk Qurban di Jalan Ampera Kota Pontianak. foto: R. Rido Ibnu Syahrie

Historia

Renungkan, Peristiwa Fenomenal Iduladha
Besurong

Historia

Besurong, Tradisi Adiluhung Melayu Sambas
pontianak-times.co.id

Historia

3 Kandidat Ketua PWNU Kalbar Minta Restu
Festival Cap Go Meh 2023

Historia

Festival Cap Go Meh Sungai Pinyuh, Meriah
Tjhia Ki Tho, Ketua MABT Kota Singkawang

Historia

TCM Tak Libatkan MABT Bangun Rumah Adat
Kerabat Istana Amantubillah

Historia

Halal Bi Halal Amantubillah Segera Digelar
error: Content is protected !!