Home / Entertainment

Senin, 1 Agustus 2022 - 08:27 WIB

Gegara Gitar, Mancasan Terkenal di Dunia

Lokasi Kampung Gitar di Desa Mancasan, Kecamatan Baki-Sukoharjo, Jawa Tengah. Desain Foto: google map

Lokasi Kampung Gitar di Desa Mancasan, Kecamatan Baki-Sukoharjo, Jawa Tengah. Desain Foto: google map

DESA ini mendadak terkenal, namanya Mancasan. Masuk dalam wilayah Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah. Berbagai aneka kerajinan alat petik terutama gitar terdapat di desa ini.

Mancasan merupakan salah satu desa dari 14 desa di Kecamatan Baki. Nah, Mancasan menjadi desa yang paling menonjol lantaran kreativitas warganya dalam memproduksi gitar. Jadilah Mancasan sebagai Kampung Gitar yang sudah melegenda sejak 47 tahun silam.

Di desa ini, para kepala keluarganya secara home industry memproduksi jenis alat musik petik mulai dari gitar akustik berbagai tipe dan model, mandolin, hingga gitar kecil yang biasa disebut ukulele. Kebiasaan warga desa membuat gitar ini dilakukan sejak tahun 1970-an dan telah turun temurun.

Bukan saja memproduksi gitar, banyak rumah di desa ini membuka toko gitar atau music shop, biasa menyebutnya showroom guitar. Jad, jika Anda memasuki desa ini, maka akan menemukan banyak toko gitar berjejer.

Membuat gitar tidak semudah seperti membalikkan tangan, namun memerlukan keahlian dalam memilih bahan baku dan pemrosesan. Dengan demikian, maka gitar yang diproduksi memiliki kualitas suara yang baik.

Tahap pertama, memilih jenis kayu dari rosewood, waru,sengon, jati, mahoni, kenari atau cemara. Jenis kayu ini dikenal kuat dan tahan lama. Selanjutnya pembentukan sesuai pola yang diinginkan berdasarkan ukuran. Tahap berikutnya penghalusan menggunakan ampelas.

Berlanjut dengan mendempul, kemudian menghaluaskan permukaan dengan cara mengampelas kembali. Setelah itu, tahap pengecatan, pemasangan fretboard, heel, bridge, frets, headstock. Dan yang lainnya memberi lapis mengkilat atau melamin, kering dan dijemur.

Di Kampung Gitar Mancasan ini, banyak orang yang melakukan pemesanan untuk produksi yang terbatas. Wajar jika ada produk dari desa ini justeru tidak ditemukan di pasaran. Seiring berjalannya waktu, Mancasan semakin dikenal warga Indonesia dari berbagai provinsi. Tak jarang desa ini menjadi lokasi kunjungan dan studi banding.

Dari yang semula di Mancasan saja, ternyata warga desa lain yang berdekatan dan masih dalam satu kecamatan yakni Kecamatan Baki, juga mulai melirik potensi ini. Saat ini sedikitnya telah meluas ke tiga desa lainnya yakni DesaPondok, dan Ngrombo di Kecamatan Baki. Satu desa lainnya berada di Kecamatan Grogol yakni Desa Pondok.

Para pecinta alat musik tanah air, mulai banyak yang melakukan hunting ke Kampung Gitar. Banyak gitar unik yang didapat dari lokasi ini dan digunakan untuk ajang musik bergengsi. Pasar di Indonesia pun mulai banyak memesan gitar dari Mancasan dan sekitarnya.

Permintaan terus bertambah. Bukan saja dari kalangan lokal, melainkan merambah ke luar negareri dengan sasaran ekspor. Ya, gitar akustik buatan Kampung Gitar Mancasan Baki Sukoharjo menembus pasaran seperti negera-negara ASEAN yakni Malaysia, Singapura, dan Filipina. Selain itu, menembus pasa eropa yaitu Jerman, dan Italia. (rn01)

Share :

Baca Juga

Festival Ruang Musik

Entertainment

Konser Festival Ruang Musik Iwan Fals Ditunda
Parawali West Borneo

Entertainment

Cari Jodoh, Buka Panggung Semarak HDKD 77
Muare Ulakan Night Festival

Entertainment

Perahu Keren, Muare Ulakan Night Festival
Desa Wisata

Entertainment

Destinasi Terbaru, Wisata Air Pasar Melayu
Parawali West Borneo menyuguhkan lagu-lagu lawas sarat muatan pesan di Hari Jadi Kota Pontianak ke-250 tahun, Sabtu (30/10/2021) di panggung Istana Kadriyah.

Entertainment

Parawali Meriahkan 250 Tahun Pontianak
Sambas Islamic Tourism Expo

Entertainment

Even SITE Berlanjut Usai Mendapat Kritik
Kontes Bonsai Sambas

Entertainment

Kontes Bonsai Dorong Ekonomi Kreatif
Alim Vokalis Band Kris

Entertainment

Arti Mendalam dan Lirik Lagu Tiara
error: Content is protected !!