Home / Entertainment

Selasa, 4 Juli 2023 - 11:32 WIB

Pantai Temajuk Mirip Pantai di Seychelles

Bupati Sambas H Satono dan Dubes Negara Seychelles, Nico Barito menikmati keindahan pesona Temajuk

Bupati Sambas H Satono dan Dubes Negara Seychelles, Nico Barito menikmati keindahan pesona Temajuk

Sambas. Pantai Temajuk berjuluk Surga di Ekor  Borneo sangat layak disandang lokasi wisata di Kecamatan Paloh. Ternyata keindahannya mirip pantai di Negara Seychelles.

Hal ini dikemukakan Duta Besar Negara Negara Seychelles, Nico Barito, dalam kunjungannya ke Pantai Temajuk, Senin (3/7/2023).

“Terdapat kesamaan antara Seychelles dan Indonesia, yaitu kondisi geografis sebagai negara kepulauan. Potensi Kabupaten Sambas adalah bagaimana mengembangkan sektor pesisir pantai,” kata Nico.

Nico datang memenuhi undangan Bupati Sambas H Satono untuk menjajaki beberapa kemungkinan pengembangan sektor pariwisata dengan negara tersebut.

Upaya ini tidaklah berlebihan. Sebab, Seychelles menjadi salah satu negara yang unggul dalam mengelola kepariwisataan dengan membuktikan pendapatan domestik bruto negera ini mencapai 55 persen dari sektor pariwisata.

Nico mengatakan, kedatangan dirinya ke Kabupaten Sambas untuk berbagi pengalaman pengembangan pariwisata pesisir pantai.

Baca juga:  Gaya Jenaka Film Ngeri-Ngeri Sedap

“Jadi alasan kemari, pertama-tama karena memang diundang pak Bupati dan karena memang Indonesia negara kepulauan. Kita juga negara pulau, negara kita sangat bersahabat dengan Indonesia, dan kita berbagi pengalaman,” ucap Nico.

Potensi Luar Biasa

Menurut Nico, tidak ada salahnya saling berbagi pengalaman. Terutama dalam sektor pengembangan pariwisata pesisir, karena Kabupaten Sambas khususnya Desa Temajuk memiliki potensi luar biasa.

“Pengalaman yang akan dibagi itu adalah bidang pengembangan pariwisata pesisir. Kedua, adalah dalam bidang pengembangan perikanan,” tuturnya.

Jadi, kata dia, Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi yang sama, terutama dari sektor perikanan, apalagi Sambas berdekatan dengan Malaysia.

“Kenapa wilayah Kalimantan Barat yang punya hubungan perbatasan dengan Malaysia begitu strategis, ya tadi kita melihat pantai yang tepatnya sudah kelihatan Malaysia,” ucapnya.

Baca juga:  PAW Massal Politisi Menjelang Pemilu 2024

Saat ini, kata Nico, pihaknya baru melakukan penjajakan dengan harapan akan ada tindak lanjut, sehingga hubungan antarnegara semakin terjalin baik.

“Harusnya bisa dikembangkan, kita belum berbicara hubungan kerjasama, dan ini baru penjajakan. Nanti akan kita ciptakan langkah-langkah berikutnya,” kata Nico.

Dalam agenda kedatangannya itu, Nico ditemani Bupati Sambas H Satono dan Sekda Ferry Maagaskar beserta instansi teknis Pemkab Sambas. Nico diajak langsung menembus perjalanan dari ibukota Sambas ke Desa Temajuk.

Sesampainya di Temajuk, Nico dijamu makan dan berjalan kaki menuju pantai Temajuk yang memiliki pemandangan indah, dengan hamparan pasir bersih dan air laut yang jernih.

Penulis: Riskiyansyah I Editor: R.Rido Ibnu Syahrie

Update Berita, Follow Google News

Share :

Baca Juga

Gelar Budaya Nusantara

Entertainment

Gelar Budaya Nusantara Sambut Imlek 2574
FFWI XIII Tahun 2023

Entertainment

Festival Film Wartawan Indonesia Dimulai
Kampung Gitar

Entertainment

Gegara Gitar, Mancasan Terkenal di Dunia
Akiba Halloween Night

Entertainment

Gaia Mall Mendadak Dipenuhi Cosplayer
Lesti Kejora dan ucapan terimakasihnya setelah tembus trending#1 di Youtube.

Entertainment

Lagu Trending Lesti Jelang Pernikahan
Bless This Fest

Entertainment

Burgerkill Bakal Guncang Pontianak
Lala Kuli Sambas

Entertainment

Lala Kuli Sambas Dipadati Ribuan Warga
Arena Festival Sahur Sahur

Entertainment

10 Tim Masuk Final Festival Sahur Sahur
error: Content is protected !!