Home / Peristiwa

Senin, 21 November 2022 - 22:49 WIB

46 Meninggal Akibat Gempa Cianjur

Tim medis dan relawan memberikan pertolongan pertama untuk para korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/2022)

Tim medis dan relawan memberikan pertolongan pertama untuk para korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/2022)

Jawa Barat. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis data jumlah korban meinggal gempa cianjur sebanyak 46 orang dan 700 lebih luka-luka.

“Sudah ada 46 orang meninggal dunia dan berada di RSUD Kabupaten Cianjur. Kurang lebih 700-an orang luka-luka,” kata Kepala BNPB Suharyanto dalam  konferensi pers secara cirtual bersama BMKG, Senin (21/11/2022).

Informasi ini, kata Suhartoyo akan berkembang terus karena pendataan korban tidak bisa dilaksanakan secara cepat karena korban akan terus bertambah. Korban meninggal dan luka-luka diantaranya di Desa Limbangan Sari Kecamatan Cianjur, Kecamatan Cilaku dan Kecamatan Cigeunang.

Baca juga:  Puting Beliung Hantam Bandara Supadio

BNPB juga menyampaikan kerugian materiil berupa kerusakan berat 343 bangunan rumah, 1 pondok pesantren rusak berat dan RSUD Cianjur rusak sedang.

Sedangkan fasilitas publik yang mengalami kerusakan antara lain 4 unit gedung pemerintah, 3 bangunan sekolah, 1 tempat ibadah, 1 bangunan toko, 1 kafe dan jalan terputus di sekitar tapal kuda.

Rata-rata bangunan warga yang kondisinya rusak parah disebabkan rumah-rumah yang tidak tahan gempa. “Ini menjadi pelajaran ke depannya agar rumah-rumah di wilayah rawan gempa disiapkan yang tahan gempa. Ini PR kita bersama menyiapkan rumah rumah tahan gempa,” kata Suhartoyo.

Baca juga:  Banjir Terjang Wilayah Pesisir Kalimantan Barat

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, Senin (21/11/2022) pukul 13.20 WIB.

BMKG dalam pernyataan resminya menyebutkan pusat gempa 10 km arah barat daya dari Kabupaten Cianjur dengan kedalaman gempa 10 kilometer. Titik gempa di 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur.

Penyebab gempa karena pergerakan patahan geser Sesar Cimandiri. Gempa yang terjadi siang hari ini melululantakan rumah-rumah penduduk. Banyak bangunan instansi pemerintah juga mengalami kerusakan.(dwi)

Share :

Baca Juga

Pemudik Lebaran 2023

Peristiwa

Arus Mudik H-2 Idulfitri Terpantau Kondusif
TIm SAR

Peristiwa

Tim SAR Temukan Anak Hilang Diterkam Buaya
Wakil Bupati Kaur Bengkulu

Peristiwa

Main Kembang Api, Jari Tangan Wakil Bupati ini Hancur
Jo, pelaku pembunuhan di Singkawang Utara

Peristiwa

Alasan Jo Bunuh Novita di Singkawang
Tim SAR di Sungai Nanga Potan

Peristiwa

Rakit Tabrak Kayu di Nanga Potan, Korban Dalam Pencarian
Apel Pengamanan Tahun Baru

Peristiwa

Antisipasi Miras dan Pasangan Seks Bebas
Donor Darah HUT Bank Kalbar 60

Peristiwa

Target 350 Kantong Donor Darah di 60 Tahun Bank Kalbar
Nenek Hilang Misterius

Peristiwa

Nenek 70 Tahun Hilang Misterius di Hutan
error: Content is protected !!