Home / Peristiwa

Selasa, 21 Februari 2023 - 16:27 WIB

100 Hektar Lahan Terbakar di Desa Pasir

Tim Gabungan memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Selasa (21/2/2023)

Tim Gabungan memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Selasa (21/2/2023)

Mempawah. Seluas 100 hektar lahan terbakar di Dusun Suap, Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah. Sudah tiga pekan terakhir ini Tim Gabungan memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Desvan, Kabid Damkar Kabupaten Mempawah kepada Pontianak Times, Selasa (21/2/2023) menjelaskan hingga saat ini sudah 100 hektar lahan yang terbakar. Karhutlan tersebut menyebabkan jarak pandang tidak normal dan kabut asap melanda di sekitar kawasan lahan yang terbakar.

Upaya pemadaman Karhutla dilakukan Tim Gabungan terdiri dari Pemadam Kebakaran (Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Jajaran Polres Kabupaten Mempawah dan Masyarakat. “Tim berjibaku melakukan pemadaman serta memblokir api agar tidak merambat,” ujar Desvan.

Pada pekan lalu, kebakaran lahan mencapai 49 hektar. Sempat mengalami turun hujan sekitar dua hari, sehingga ada ruang jeda untuk tim melakukan pemadaman. Setelah itu cuaca kembali panas sehingga api dengan cepat membakar di lahan gambut. “Hingga saat ini kebakaran meluas mencapai seratus  hektar,” ujar Desvan.

Desvan mengingatkan kepada siapa saja soal regulasi terkait larangan pembakaran hutan dan lahan secara sengaja untuk tujuan pembukaan lahan. Hal itu diatur dalam berbagai undang-undang seperti UU No.41 Tahun 1999 Tentang kehutanan, UU 32/2009 PPLH dan UU 39/2014 tentang Perkebunan.

‌Pembakaran hutan dengan disengaja berdasarkan UU Kehutanan merupakan pelanggaran hukum dan dapat dikenakan sanksi pidana serta denda. Pasal yang bisa menjerat pelaku pembakaran hutan dalam UU Kehutanan ini yaitu Pasal 78 Ayat 3 UU 41 Tahun 1999.

Bunyi pasal tersebut, “barangsiapa yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan akan dikenakan pidana penjara maksimal 15 tahun dan/atau denda maksimal Rp5 miliar”

Penulis: Rizki Firnanda  Editor: R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

HUT Humas Polri

Peristiwa

Hari Ulang Tahun Humas Polri, Tanam Pohon
Banjir Singkawang

Peristiwa

Banjir Semakin Meluas di Kota Singkawang
Pengukuhan Paskibraka Kalimantan Barat

Peristiwa

Pengukuhan Paskibraka se-Kalimantan Barat
Suami bunuh istri di BTN Singkawang Utara

Peristiwa

Suami Diduga Bunuh Istri di BTN Rembulan
Korban Longsor Serasan

Peristiwa

Rumah Sakit Kalbar Tangani Korban Longsor
Pembagian Keramik dari DPD PFKPM yang menggandeng Walikota Singkawang, Selasa (21/9/2021)

Peristiwa

Pengurus 8 Masjid Antre di Rumdin Wako Singkawang
Geraldine Beldi dan Heinrich

Peristiwa

Ridwan Kamil Janji Urus Liburan Geraldine
TIm SAR

Peristiwa

Tim SAR Temukan Anak Hilang Diterkam Buaya
error: Content is protected !!