Home / Ekonomi

Sabtu, 1 Oktober 2022 - 10:46 WIB

Stop Revitalisasi Pasar Beringin di Akhir Jabatan

Iwan Gunawan, Tokoh Masyarakat Kota Singkawang

Iwan Gunawan, Tokoh Masyarakat Kota Singkawang

Singkawang. Sikap nekat Walikota Singkawang menggandeng investor untuk revitalisasi Pasar Beringin harus dihentikan. Hal ini untuk menepis persepsi negatif publik atas keputusan di akhir masa jabatan.

Demikian dijelaskan Iwan Gunawan SH, salah seorang Tokoh Masyarakat Kota Singkawang kepada pontianak times, Sabtu (1/10/2022).

“Sikap nekat itu sebaiknya tidak diteruskan karena akan memunculkan berbagai persepsi negatif di masyarakat. Mengapa di akhir jabatan memaksakan keputusan yang tidak pro rakyat dan malah menggandeng investor, ada apa,” papar Iwan.

Menurut Iwan, sudah jelas dalam hitungan pihak investor itu terdapat keuntungan yang besar atas rencana revitalisasi pasar beringin. Dari hitungan bisnis, investor revitalisasi Pasar Beringin Singkawang akan untung besar. Sedangkan para pedagang menjerit karena harga los dan kios melambung.

“Harga los dan kios yang dirilis pihak pemasaran Marsar Group Project sangat tinggi dan terdapat perhitungan yang luar biasa mengiurkan keuntungannya,” kata Iwan Gunawan.

Baca juga:  PKL Raup Untung di Festival Sahur-Sahur

Iwan menganggap hal yang sangat wajar para pedagang pasar beringin menyampaikan aspirasi melalui demo pada Rabu 28 September 2022 lalu ke DPRD Kota Singkawang. “Demo tersebut sekaligus keluh kesah atas harga yang akan mereka pikul kelak jika revitalisasi oleh pihak ketiga itu diteruskan,” kata Iwan.

Fenomena itu, lanjut Iwan, dampak dari keputusan Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie yang sangat nekad menggandeng investor di detik-detik akhir menuntaskan jabatan dalam lima tahun periode kepemimpinan.

Menurut Iwan, revitalisasi pasar pada awalnya semua mendukung. Kemudian muncul demo karena mengetahui Walikota Singkawang menggandeng investor yang memunculkan daftar harga los dan kios pasar yang terlalu mahal disertai kalkulasi keuntungan yang luar biasa.

Baca juga:  Produk UMKM Sambas Tampil Menarik di Taste of Asia

Hitungan harga los dan kios itu, lanjut Iwan, tidak akan melambung jika revitalisasi menggunakan dana sharing APBD atau APBN.

“Persoalan ini kian mencuat dan menimbulkan pro dan kontra hingga ada isu provokator. Menurut saya provokator itu memang ada. Tetapi provokator yang baik dan benar untuk mendukung masyarakat kecil yang berusaha yakni para pedagang,” ujar Iwan.

Seperti diketahui, Walikota Singkawang telah melangsungkan prosesi peletakkan batu pertama revitalisasi Pasar Beringin, Rabu (17/8/2022). Tjhai Chui Mie hadir bersama komisaris pihak pengembang PT Rezeki Timur Laut, Sarkawi Lim.

Revitalisasi ditargetkan berlangsung selama dua tahun. Tahap pembangunan rencananya mulai 17 Oktober 2022. Tahap berikutnya pembersihan dan pembongkaran. Total pengerjaan sudah selesai dan 2024 diresmikan.(rdo)

Share :

Baca Juga

MoU Pemkab Kapuas Hulu dan Bank Kalbar

Ekonomi

Bupati Kapuas Hulu dan Dirut Bank Kalbar Teken MoU
Bank Kalbar

Ekonomi

Bank Kalbar Memaksimalkan Layanan Nasabah
Sosialisasi Pekerja Migran

Ekonomi

Marak PMI Ilegal, Pemkab Mempawah Gagal
demo pedagang pasar beringin singkawang

Ekonomi

Aktivitas Normal Pasca Demo Pedagang Pasar
Emas Batangan Seri Imlek

Ekonomi

Antam Umumkan Emas Batangan Seri Imlek
Mulyadi

Ekonomi

Seru, Lima Hari Festival Durian Lumbang
Sri Mulyani Menkeu

Ekonomi

Waspada Gejolak Ekonomi Dunia 2023
Pertemuan Aspesi Kalbar

Ekonomi

Jokowi Datang, Aspesi Keluhkan Harga TBS
error: Content is protected !!