Home / Historia

Sabtu, 21 Januari 2023 - 18:53 WIB

Sambut HPN, SMSI Garap Ekspedisi Toba

Pengurus SMSI Sumut dan Samosir di Kantor Dinas Pariwisata Pemkab Samosir menyiapkan eksepdisi Toba sambut HPN 2023

Pengurus SMSI Sumut dan Samosir di Kantor Dinas Pariwisata Pemkab Samosir menyiapkan eksepdisi Toba sambut HPN 2023

Samosir. Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dengan menggelar Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, 4-7 Februari 2023.

“Ekspedisi geopark kaldera toba akan mengunjungi geosite-geosite Kaldera Toba yang ada di Samosir,” kata Bupati Samosir Vandiko Gultom melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tetty Naibaho kepada Panitia Pelaksana Ekspedisi Geopark Kaldera Toba SMSI, Parbaba Samosir, Jumat (20/01/2023).

Menurut Tetty, ekspedisi geopark kaldera toba itu akan memberi energi baru dalam upaya mempertahankan predikat Unesco Global Geopark (UGG) atau Taman Warisan Bumi Unesco.

Pemkab Samosir menyambut baik daerahnya dipilih SMSI sebagai salah satu tujuan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba.

“Memang ada revalidasi terhadap status UGG Geopark Kaldera Toba pada tahun 2024. Jadi ekspedisi ini menggaungkan kembali semangat semua pihak dalam mendukung status UGG Geopark Kaldera Toba,” kata Tetty.

Kepala Dinas Kominfo Samosir, Immanuel Sitanggang yang turut menerima kunjungan panitia ekspedisi berharap objek-objek wisata dan potensi-potensi unggulan di Samosir banyak terkspos, melalui ekspedisi memeriahlan HPN 2023.

“Obyek-obyek wisata, hasil-hasil produk kerajinan dan sebagainya, diharapkan nantinya menarik siapa saja untuk berkunjung, berwisata di Samosir,” ujar Immanuel.

Ikon Wisata

Sebelumnya, Ketua SMSI Sumut, Erris J Napitupu, memilih Samosir karena menjadi ikon wisata Sumut. Pemkab Samosir diharapkan turut menyukseskan pelaksanaan ekspedisi tersebut, terutama masyarakat Samosir.

Lebih lanjut Erris menjelaskan, Ekspedisi Geopark Kaldera Toba dimulai pada 4 Februari dengan mengunjungi Geosite Kaldera Toba di Tapanuli Utara, dan penandatanganan kesepahaman (MoU) dengan bupati.

Berlanjut dengan peninjauan Geosite Kaldera Toba ke Samosir pada 5 Februari 2023 dan penandatangan MoU dengan BP-GKT. Kemudian pada 6 Febuari 2023 ke Kota Pematang Siantar berkeliling kota mengendarai Becak Siantar, lalu mengikuti silaturrahim dengan Bupati Serdang Bedagai.

Terakhir, rangkaian kegiatan akan berlanjut di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut pada 7 Februari, untuk Silaturahmi Nasional SMSI yang antara lain diisi dengan pelantikan Pengurus SMSI Sumut 2022-2027 dan pemberian penghargaan SMSI kepada para kepala daerah terpilih di Sumut serta kepada Direksi BUMD.(dwi/*)

Share :

Baca Juga

Istana Alwatzikoebillah

Historia

Sambas Berdiri Kokoh Setelah 392 Tahun
Pangeran Ratu Muhammad Tarhan bersama para undangan di Hari Ulangtahun Sambas ke 390, Jumat (9/7/2021). foto: pontianak-times.co.id

Historia

Ultah Sambas Potensi Destinasi Wisata
Paguyuban Masyarakat Banten

Historia

Halal Bihalal Warga Banten Segera Digelar
Siandiaga Uno

Historia

Sandiaga Bergelar Pangeran Nata Yasa Wangsa
Gunung Poteng di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. foto: rido

Historia

Saksi Sejarah Transformasi Media
Kerabat Istana Amantubillah

Historia

Halal Bi Halal Amantubillah Segera Digelar
pontianak-times.co.id

Historia

Konflik Gapura Kembar Kota Singkawang
swafoto dengan latar mural

Historia

Ada Apa di Gang Gajahmada 9 Pontianak
error: Content is protected !!