Home / Sport

Sabtu, 6 November 2021 - 12:09 WIB

Peparnas Dimulai, Kalbar Siap Bertanding

Defile kontingen NPC Kalimantan Barat pada acara Pembukaan Peparnas XVI, Jumat (5/11/2021) malam di Stadion Mandala Jayapura

Defile kontingen NPC Kalimantan Barat pada acara Pembukaan Peparnas XVI, Jumat (5/11/2021) malam di Stadion Mandala Jayapura

Papua. Perhelatan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI telah dimulai. Diawali dengan pembukaan oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Jumat (5/11/2021) pukul 19.00 WIT di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, para Duta Besar negara sahabat dan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu. Tak terkecuali sejumlah artis antara lain Anggun C Sasmi, Nowela Mikhaela, DJ Sammy , VJ Daniel, Shine and Black, dan Edho Kondologit.

Sebelumnya memang diawali dengan sejumlah kegiatan yakni Pemutaran Video Teaser (VT) Peparnas Papua 2021, dan pembukaan siaran langsung. Setelah wapres memasuki venue, maka mulailah dinyanyikan lagu Indonesia Raya oleh Aggun C. Sasmi bersama 150 anak Papua. Disusul lagu tema Peparnas XVI oleh Edo Kondologit, Putri Ariani, dan 5 penyanyi difabel.

Acara berlanjut ke pemutaran video “Cahaya Kemenangan dari Timur & Papua Maju” yang disambung dengan pertunjukkan lima jenis tarian, Rumah Tradisional Papua, Tarian Sampan Tradisional, Tarian Prajurit, Burung Cenderawasih, dan Papua Bisa yang melibatkan 950 penari. Suasana stadion mandala mendadak gegap gempita dengan pertunjukkan pendukung lainnya.

Setelah defile atlet dari 33 provinsi dan engibaran bendera Peparnas Papua 2021, dilanjutkan dengan Sambutan dari Ketua NPCI Pusat, Ketua PB Peparnas XVI Lukas Enembe dan Wapres KH Ma’ruf Amin. Wapres dalam sambutannya mengajak atlet yang berpartisipasi menjunjung tinggi nilai-nilai sprotifitas dan persatuan, serta mematuhi protokol kesehatan saat di dalam venue.

Tak ketinggalan prosesi estafet penyalaan api cauldron oleh 5 atlet berprestasi Papua, pertunjukan 500 Drone Light Show dan lagu-lagu yang dibawakan artis Indonesia. Warga Jayapura pun terlihat antusian menyambut pesta olahraga empat tahunan ini. Sambutan hangat secara virtual disampaikan Presiden Jokowi, yang sedang dalam masa karantina sepulang dari kunjungan ke luar negeri mengikuti KTT G-20.

Dengan pembukaan tersebut, maka Peparnas resmi dimulai XVI dengan 12 cabang olah raga yang dipertandingkan yaitu angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola CP, Tenis Lapangan Kursi roda, dan Tenis Meja dengan total 1.985 atlet.

Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Kalimantan Barat pada ajang ini mengikuti 7 cabang olahraga dengan mengerahkan 48 atlet. “Saya mohon doa dan dukungan warga kalimantan barat, agar kami berhasil membawa medali-medali,” kata Mustaat Saman, Chef de Mission (CDM) Kalimantan Barat dari tribun defile pembukaan Peparnas XVI.

Bagi atlet Kalimantan Barat, kata Mustaat, menjadi kehormatan tersendiri dapat hadir di ajang seperti ini. Para alet dan oficial menempuh perjalanan cukup jauh. Namun lelah dan letih itu terbayar dengan keramahan Papua.

Beberapa hari saat kedatangan kontingen NPC Kalbar di Stadion Lukas Enembe, disambut Sekretaris IV PB Pepernas, Kasim. Mustaat Langsung dijemput untuk dan diarahkan menuju Stadion Lukas Enembe Sentani, untuk penyambutan dan administrasi umum kontingen. Kasim menyambut seremoni dengan dengan memakaikan mahkota bulu burung Kasuari sebagai lambang penghormatan setinggi-tingginya kepada alam yang memberikan kehidupan.

Dalam seremonial penyambutan itu, CDM Kalbar juga dipakaikan noken yaitu tas tradisional dari kulit kayu khas masyarakat papua, yang mereka gunakan untuk membawa barang keperluan sehari-hari ataupun hasil bumi untuk dijual ke pasar.

  • Penulis: Mazlan Assyifa
  • Editor: R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

Haornas NPCI

Sport

Puncak Haornas NPCI Kalbar Meriah
Pertandingan sepakbola Indonesia vs Jordania

Sport

Indonesia Masih Berpeluang Masuk Final Piala Asia 2023
Bambang Arianto, meraih perunggu pada cabang olahraga Tenis meja putra kelas TT4 Peparnas XVI Papua

Sport

Papua Calon Jagoan Peparnas XVI Disusul Jabar
Tim Bola Voli Polresta Pontianak lawan Tim Bola Voli Polres Sanggau

Sport

Tim Putra Voli Polresta Pontianak Unggul
Vladimir Darida, Kapten Timnas Republik Ceko dalam unggahan fotonya di instagram saat memperkuat klub Herta Berlin.

Sport

Prediksi EURO 2021 Belanda versus Ceko
Kejuaraan Bulutangkis PB Sultan Cup Open 2023

Sport

Duo Elite Masuk Babak Final PB Sultan Cup
Perbakin Kalbar Cup 2023

Sport

Jago Tembak, Pria Ini Sisihkan 350 Peserta
Juara Voli BTS 2022

Sport

Ini Para Juara Voli Bless This Sport 2022
error: Content is protected !!