Home / Peristiwa

Selasa, 16 Agustus 2022 - 16:11 WIB

Pengukuhan Paskibraka se-Kalimantan Barat

Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Senin (15/8/2022) di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Senin (15/8/2022) di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

Kalbar. Dalam setiap peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, setiap kabupaten/kota dan provinsi mengawali dengan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Berikut ini liputannya..!

Di tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Gubernur H Sutarmidji mengukuhkan 28 orang anggota Paskibraka, Senin (15/8/2022) malam di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar. Mereka akan bertugas dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77.

Kegiatan Pengukuhan dihadiri Sekda Harisson, Kakanwil Kemenkumham Kalbar Pria Wibawa, Kadis Porapar Windy Prihastari dan para Kepala OPD. “Mudah-mudahan semuanya berjalan baik. Persiapkan diri dan lakukan sesuai tuntunan para pelatih. Saya harap Upacara HUT ke-77 RI berjalan khidmat dan lancar,” kata Sutarmidji, Senin malam (15/8/2022).

Di hari yang sama, Bupati H Satono mengukuhkan 28 Paskibraka Kabupaten Sambas di Aula Utama Kantor Bupati Sambas. “Dengan usia kemerdekaan ke 77 tahun ini, diharapkan dapat memberi makna bagi seluruh rakyat Indonesia dan melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan,” kata Satono di hadapan Paskibra.

Ia berpesan, para pemuda merupakan tunas bangsa, harapan bangsa dan negara dengan menunjukan rela berkorban meluangkan waktu dan tenaga untuk menjadi Paskibraka. “Hal yang harus diperhatikan, di era teknologi canggih seperti saat ini, pemuda harus bisa memperkuat pertahanan diri dengan memperkaya jati diri bangsa, terutama Pancasila sebagai dasar Negara,” ujarnya.

Dari Sanggau, Bupati Paolus Hadi mengukuhkan 27 orang Paskibraka di Ruang Musyawarah Lantai 1 Kantor Bupati Sanggau, Senin (15/8/2022) malam. “Menjadi pengibar bendera merah putih itu adalah kepercayaan. Cintai negaramu dan sebagai orang yang mengibarkan bendera merah putih artinya menjadi yang terbaik dari sekian banyak putra putri Sanggau,” pesan Paolus.

Masih dalam momentum peringatan kemerdekaan RI. Bupati Mempawah Erlina mengukuhkan 30 orang Paskibraka di Kantor Bupati Mempawah. Ia mengharapkan kepada Paskibraka Tingkat Kabupaten Mempawah untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya.

Menjadi Paskibraka, kata Erlina, merupakan bagian dari motivasi untuk berbuat lebih baik bago bangsa dan negara. Selanjutnya, dapat merintis karir sesuai cita-cita. “Tetap konsentrasi, jaga kesehatan dan jasmani agar dapat menjalankan tugas dengan baik, sukses dan lancar,” pesan Erlina.

“Kepada para pelatih, saya ucapkan terima kasih atas segala jerih payahnya dalam melatih, membina dan menggembleng para anggota Paskibra dalam menjalankan tugas bersejarah dan mulia ini,” tutupnya.

Di Kabupaten Sintang, sebanyak 32 orang dikukuhkan menjadi Paskibraka Tahun 2022. Mereka terpilih dari pelajar di 14 Kecamatan se-Kabupaten Sintang. Sebanyak 10 Kecamatan yang turut masuk dalam Paskibraka tingkat Kabupaten Sintang.

Pada peringatan kemerdekaan tahun ini, terdapat dua orang yang masuk seleksi Paskibraka tingkat Provinsi. Sedangkan di tingkat Nasional berhasil lolos 1 orang menjadi Paskibraka Tingkat Nasional.

Sementara itu, di Kota Pontianak, Walikota Edi Rusdi Kamtono mengukuhkan 33 anggota Paskibraka. Pengukuhan tersebut setelah proses seleksi yang sangat ketat disertai pelatihan dan pendidikan.

“Selamat bagi putra putri terbaik Kota Pontianak. Kalian telah melalui banyak tahapan untuk tugas penting pengibaran dan penurunan bendera merah putih,” ungkap Edi di Aula Rumah Jabatan Walikota Pontianak.

Dari Bumi Uncak Kapuas, Fransiskus Diaan, Bupati Kapuas Hulu mengukuhkan 28 orang terdiri dari 14 putra dan 14 putri. Mereka adalah yang terbaik dari Kapuas Hulu sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Kapuas Hulu. Pengukuhan berlangsung di gedung DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (15/8/2022) malam.

Bupati yang biasa disapa Sis ini mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1206, Polres Kapuas Hulu dan Batalyon Raider Khusus 644 serta Purna Paskibraka Kapuas Hulu yang telah melatih Anggota Paskibraka Tahun ini.

Pengukuhan Paskibraka juga dilakukan di Kabupaten Kubu Raya oleh Bupati Muda Mahendrawan diAula Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya jalan Arteri Supadio. Hadir dalam pengukuhan itu Wakil Bupati Sujiwo, Ketua DPRD, Kapolres, pihak Dandim 1207 dan sejumlah kepala OPD, dan camat.  

“Kecepatan, ketepatan dan fokus kita harus dilatih mengingat zaman yang semakin canggih dan modern. Jadilah anak-anak yang berkarakter, berkemauan kuat serta menjaga kehormatan diri dan martabat,” pesan Muda kepada 27 Paskibraka.

Bupati Kayong Utara, Citra Duani juga mengukuhkan Paskibraka tingkat Kabupaten menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 77 di Aula Istana Rakyat, Sukadana.

“Selamat kepada anggota Paskibraka yang telah terpilih. Kalian adalah putra-putri terbaik yang mendapat kepercayaan dan kehormatan untuk mengibarkan bendera merah putih di Kayong Utara. Jalankan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Citra.

Dalam waktu bersamaan, pengukuhan Paskibraka di negeri Intan, Kabupaten Landak juga dilaksanakan dengan khidmat. Penjabat Bupati Landak, Samuel mengukuhkan 29 Paskibraka Kabupaten Landak di Aula Besar Kantor Bupati Landak.

Selain dihadiri Forkompida Kabupaten Landak, para pejabat di lingkungan Pemkab Landak, juga dihadiri para pembina, pembimbing, pelatih dan panitia serta para orangtua, keluarga anggota Paskibraka Tahun 2022. Dari 29 Paskibraka itu terdiri dari 18 orang laki-laki dan 11 orang perempuan.

Samuel mengatakan kepada para anggota Paskibraka harus disyukuri dan pada waktunya nanti diharapkan bisa melaksanakan tugas dengan baik dan khidmat. “Pada saat bertugas nanti, semua akan tertuju kepada adik-adik selaku Pasukan Pengibar Bendera Pusaka,” tukas Samuel.

Kegiatan dalam mementum 77 Kemerdekaan RI ini juga dilaksanakan di Pemkot Singkawang, Kabupaten Bengkayang, Ketapang dan Melawi. Mereka yang terpilih itu dikukuhkan sebagai anggota Paskibraka dan akan menjalankan tugas di detk-detik Proklamasi Kemerdekaan RI serta penurunan bendera, Rabu 17 Agustus 2022. (hen/pt/st)

Share :

Baca Juga

Jembatan Jalan Daeng Menambon Mempawah

Peristiwa

Waspada Jembatan di Jalan Daeng Menambon
Temuan mayat terapung

Peristiwa

Mayat Terapung di Perairan Peniti Luar
pontianak-times.co.id

Peristiwa

Rumahweb Masih Down Pasca Kebakaran
Kasat Reskrim Polres Sambas

Peristiwa

Geger Jasad Membusuk di Rumah Kosong
Upacara kenaikan bendera 17 Agustus hanya diikuti Paskibra dan pimpinan Forkompimda

Peristiwa

Upacara 17 Agustus Dibatasi, Sisanya Virtual
Rumah Pengepul Pisang Terbakar

Peristiwa

Rumah Pengepul Pisang Dilahap Api
Ribut Lahan Parkir Komyos

Peristiwa

Insiden Berdarah Lahan Parkir Jalan Komyos
Sertijab Kabag Ops Polres Sambas

Peristiwa

Andri Gantikan Dahomi Jabat Kabag Ops Polres Sambas
error: Content is protected !!