Home / Edukasi

Rabu, 2 Agustus 2023 - 22:41 WIB

Museum Masuk Sekolah Kenalkan Benda Sejarah

Kurator Museum Daerah Kabupaten Sambas memperkenalkan benda-benda bersejarah kepada para siswa SMK Negeri 1 Jawai Selatan

Kurator Museum Daerah Kabupaten Sambas memperkenalkan benda-benda bersejarah kepada para siswa SMK Negeri 1 Jawai Selatan

Sambas. Museum masuk sekolah, sebuah program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sambas digelar, Rabu (2/8/2023) di SMK Negeri 1 Jawai Selatan.

Sebanyak 25 koleksi museum ditampilkan ke sekolah tersebut oleh Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Sambas. Program ini untuk mengenalkan benda bersejarah kepada para pelajar.

Koleksi Museum Daerah Kabupaten Sambas yang diboyong ke SMKN 1 Jawai Selatan diantaranya Meriam Lantak, Meriam Lela, Tempat Perludahan, Apar, Setrika, Pedang Samsir, Pedang Katana, Foto Maestro Kebudayan, dan barang museum lainya.

Kurator Museum Daerah Sambas, Muriadi memperkenalkan satu persatu benda-benda museum itu di hadapan para pejar. “Kegiatan ini merupakan agenda tahunan bidang Kebudayaan,’ kata Muriadi.

Baca juga:  Merah Putih Tapal Batas IV Siap Digelar

Tujuannya, kata Muriadi, untuk memastikan pelajar sekolah di Kabupaten Sambas mengetahui informasi tentang fungsi Museum Daerah Kabupaten Sambas yang telah berdiri sejak tahun 2014.

Ia berharap para pelajar dapat mengetahui keberadaan museum, serta mengetahui fungsinya dalam mengenal koleksi-koleksi bersejarah yang ada. “Harapan kita para pelajar bisa berkunjung dan menyebar luaskan informasi museum kepada masyarakat,” harapnya.

Muriadi menegaskan, yanng lebih penting bagi pelajar, museum ini bisa digunakan untuk pengkajian, ataupun peningkatan pendidikan, juga sebagai destinasi rekreasi bagi masyarakat Kabupaten Sambas.

Baca juga:  Peringatan Isra Mikraj di Masjid Alkaromah

Kepala Sekolah SMKN 1 Jawai Selatan Tan Hero menyambut baik program museum masuk sekolah. Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi ilmu bagi pelajar terkait sejarah daerah.

“Museum masuk sekolah ini sangat baik, karena kita bisa langsung menginformasikan kepada pelajar tentang sejarah daerah. Intinya, kegiatan positif seperti ini sangat bermanfaat bagi generasi sekarang,” kata Tan Hero. 

Penulis: Hendra Firmansyah I Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

MIC Singkawang

Edukasi

Minat Daftar KI di Kalbar Masih Rendah
pontianak-times.co.id

Edukasi

Lemdiklat Polri, Kunci Utama Cetak SDM Unggul
Awal Ramadhan 2023

Edukasi

Awal Ramadhan, Kamis 23 Maret 2023
Serdik Sespimmen Polri

Edukasi

Serdik Sespimmen Polri Belajar Toleransi ke Singkawang
Milad Ponpes Darunna'im

Edukasi

50 Habaib dan Ulama akan Hadir di Ponpes Darunna’im
Sulhan anak nelayan asal Jawai Kabupaten Sambas

Edukasi

Anak Nelayan Asal Sambas Diwisuda Menteri
pontianak-times.co.id

Edukasi

Beda Pemahaman Tentang Isra Mikraj (2)
Salat Gerhana Bulan

Edukasi

Ajakan Salat Gerhana Bulan Malam Ini
error: Content is protected !!