Home / Sport

Minggu, 11 Desember 2022 - 23:20 WIB

Maroko Mengukir Sejarah Sepakbola Dunia

Jadwal Pertandingan semifinal Sepakbola Piala Dunia 2022 Qatar

Jadwal Pertandingan semifinal Sepakbola Piala Dunia 2022 Qatar

Pontianak. Empat tim nasional sepakbola akan segera berlaga di semifinal Piala Dunia 2022 Qatar, Argentina versus Kroasia, Rabu (14/12/2022) dan Prancis versus Maroko, Kamis (15/12/2022).

Para penggemar sepakbola banyak yang memperhitungkan Timnas Maroko di semifinal, setelah melihat jejak permainannya menumbangkan tim sepakbola kawakan. Jejak itu diawali Maroko yang berhasil mengukir prestasi di awal penyisihan grup.

Tim asuhan Walid Regragui ini secara mengejutkan lolos dari Grup F menjadi juara grup dengan laga terakhir grup, menang 2-1 atas Kanada. Maroko berhasil menghipnotis para pecintanya dengan mengembangkan pola permainan apik saat menahan imbang Kroasia 0-0.

Paling telak, ketika tim berjuluk Singa Atlas ini di babak perdelapan mengandaskan tanpa balas atas tim Belgia 2-0. Perjuangan setahap demi setahap kembali membuahkan hasil spektakuler saat Maroko bertemu Tim Spanyol pada babak 16 besar, Selasa (6/12/2022) di Education City Stadium.

Tim dengan kapten kesebelasan Sergio Busquets ternyata tak mampu membendung ganasnya serangan Timnas Maroko. Alhasil Spanyol mengalami kekalahan telak 0-3.

Timnas Maroko kemudian lolos ke perempat final dan menghadapi tim yang juga banyak dijagokan yakni Portugal. Tim lawan Maroko kali ini dielu-elukan lantaran ada sosok fenomenal, Cristiano Ronaldo sebagai kapten tim. Stadion Al Thumama menjadi saksi sejarah bagi Maroko karena berhasil memulangkan Portugal ke kandangnya, Sabtu (10/12/2022) dengan skor 1-0.

Kemenangan atas Portugal ini merupakan sejarah pertama kali lolos ke babak perempat final selama enam kali mengikuti penyelenggaraan Piala Dunia. Kemenangan ini juga merupakan pengulangan sukses yang keduakalinya mengalahkan Portugal.

Maroko sekaligus menorehkan sejarah sebagai negara Afrika dan negara Muslim pertama yang melenggang ke semifinal sepakbola Piala Dunia. Catatn penting, Maroko belum pernah kalah dalam setiap etape hingga perempat final, dan hanya menahan imbang ketika melawan Kroasia.

Jejak Prancis

Sementara itu, jejak Timnas Prancis di Piala Dunia Qatar 2022 diawali sebagai juara grup D. Tim berjuluk Les Bleus ini mempermalukan Australia 4-1. Gol ini tercipta masing-masing satu gol oleh Rabiot dan Kylian Mbappe serta dua gol oleh Olivier Giroud.

Prancis terus melaju pada pertandingan kedua dan bertemu Denmark. Dua buah gol yang dicetak Mbappe dan berakhir dengan 2-1. Hal yang tak terduga adalah ketika Prancis berhadapan dengan Tunisia dan kalah 0-1. Beruntung, Prancis masih berada di puncak klasemen Grup D dengan enam angka dan lebih unggul mencetak gol dibanding lawannya satu grup, Australia.

Berbekal juara grup D, membuat Squad dengan kapten kesebelasan Hugo Lloris ini kemudian melaju menghadapi runner up Grup C, Polandia. Prancis memenangkan pertandingan kali ini 3-1.

Usai menghajar Polandia, tim Prancis berlanjut dengan membabat Inggris di babak perdelapan dengan kemenangan 2-1. Timnas asuhan Didier Deschamps inipun masuk semifinal dan akan bertemu Maroko di Stadion Al Bayt, Kamis (15/12/2022) pukul 02.00 dinihari.

Sedangkan Argentina versus Kroasia akan bermain sehari sebelumnya, Rabu (14/12/2022) di Stadion Lusail Iconic. Pememnang dari dua pertandingan tersebut akan bertemu di babak final, Minggu (18/12/2022) setelah pertandingan perebutan posisi ketiga Sabtu (17/12/2022). (rdo)

Share :

Baca Juga

Atlet Pelti Kabupaten Sambas

Sport

Sambas Juara Umum Tenis Porprov XIII
Atlet Disabilitas Kalimantan Barat

Sport

Hari Ketiga APG, Kalbar Sumbang 6 Medali
Greysia Polii

Sport

Greysia Atlet Andalan Indonesia Gantung Raket
Mustaat Saman

Sport

Norsan Protes Baliho, Ini Penjelasan NPCI Kalbar
Penyerahan medali APG XI Solo

Sport

Atlet Kalbar Pecahkan Rekor Asia Tenggara
Ketua Pengprov IMI Kalimantan Barat, Yuliansyah.

Sport

IMI Kalbar akan Laksanakan Vaksinasi Gratis
Atlet NPCI Kalbar di Asean Para Games Kamboja

Sport

Kalbar Sumbang Emas di Asean Para Games
pontianak-times.co.id

Sport

Tradisi Masuk Final AFF Tapi Gagal Juara
error: Content is protected !!