Home / Tokoh Publik

Minggu, 9 Oktober 2022 - 12:11 WIB

Long Edy R Yacoub Melunasi Janji Politik

DR H Edy R Yacoub MSi Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat

DR H Edy R Yacoub MSi Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat

Pontianak. DR H Edy R Yacoub MSi yang biasa disapa Long Edy tak kenal lelah bekerja melunasi janji politiknya sejak dilantik 30 September 2019 sebagai Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat.

Anggota DPRD dari Partai Golkar yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalbar 3 Singkawang-Bengkayang ini tidak ingin menyia-nyiakan amanah yang telah diberikan kepadanya sebagai wakil rakyat.

Caranya, bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi sebagai mata, telinga dan hati masyarakat. Long Edy juga sekaligus menepati janji politik saat Pemilu Legislatif 2019 lalu.

“Janji politik tersebut tentu saja tidak sekaligus terealisasi, namun secara bertahap hingga lima tahun menjabat. Di akhir periode jabatan Insya Allah tuntas,” kata Long Edy kepada pontianak times, Minggu (9/10/2022).

Long Edy menjabarkan berbagai program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan. Salah satu janji itu adalah membangun Asrama Mahasiswa putra dan putri di Pontianak untuk mahasiswa yang berasal dari Singkawang dan Bengkayang.

Bangunan dua lantai di Komplek Mutiara Bukit Mas Jalan Sungai Raya Dalam Pontianak telah berdiri. Bangunan itu segera dioperasikan untuk Asrama Putri yang menampung mahasiswi dari Kecamatan Sungai Raya dan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang.

“Saat ini masih menunggu melengkapi fasilitas penunjang seperti mebel. Memang harus melibatkan pemerintah daerah agar tahun 2023 sudah dapat difungsikan. Untuk asrama putranya dilanjutkan setelah momentum Pilegislatif 2024,” kata Long Edy seraya memastikan dirinya untuk kembali maju pada perhelatan Pemilu Serentak 2024.

Baca juga:  Janji Sutarmidji-Norsan untuk Kapuas Raya

Uniknya, asrama yang didesain dapat menampung 50 orang tersebut dibangun menggunakan dana pribadi Long Edy. “Itu sebagai konsensus politik saat saya maju di Pemilu Legislatif 2024,” ujar Long Edy yang selama dua tahun lebih menduduki posisi Ketua Komisi V DPRD Provinsi Kalbar.

Komisi V itu membidangi pendidikan, kebudayaan, pemuda, olahraga dan tenaga kerja. Bidang pendidikan sangat cocok dengan latar belakang Long Edy sebagai pendidik, akademisi dan pernah menjadi Wakil Walikota Singkawang.

Program lainnya yang telah dan akan terus direalisasikan adalah mengakomodir aspirasi masyarakat melalui reses di daerah pemilihan Singkawang dan Bengkayang yang menginginkan pengerasan jalan gang.

Selain itu bantuan peningkatan fasilitas penunjang pendidikan sekolah negeri dan swasta, rehab rumah ibadahdan bantuan untuk fasilitas sosial di areal pemakaman. Aspirasi tersebut terakomodir dalam APBD Provinsi Kalimantan Barat.

Hal lainnya terkait berbagai event resmi dan kegiatan sosial, tak luput dari perhatian Edy R Yacoub. Termasuk kegiatan keolahragaan dan fasilitas fardhu kifayah. Tak terhitung kontribusi pemikrannya dalam berbagai kegiatan pelatihan dan sosialisasi melalui penunjukkan dirinya sebagai narasumber.

Long Edy saat ini telah berganti posisi di alat kelengkapan Dewan. Ia digeser ke Komisi I yang membidangi Hukum dan Hak Azasi Manusia atas kebijakan partai yang membesarkannya yakni Partai Golkar. Namun demikian tidak menyurutkan langkahnya untuk tetap berkiprah mengabdi kepada masyarakat.

Baca juga:  Figur Muda Enerjik, Maman Cagub Kalbar 2024
Loyalitas

Soal loyalitas kepada partai, tak perlu diragukan..! pria kelahiran Sungai Jaga 5 Desember 1955 ini sejak mahasiswa telah bergabung dengan Partai Golkar. “Sejak mahasiswa saya aktif di Gema MKGR dan tidak pernah lompat ke partai politik lain,” terang Long Edy.

Sebagai kader Golkar, Long Edy turut berkontribusi kepada partainya. Maka iapun tak sungkan untuk melakukan pembinaan dan konsolidasi. Misalnya ketika diselenggarakan kegiatan Kader Penggerak Teritorial Desa (Karakterdes) di Kabupaten Bengkayang menanggung 100 persen atribut. Demikian pula kegiatan partai di Kota Singkawang turut mensupport.

Long Edy bersekolah di SD Negeri 1 Sungai Pangkalan dan menamatkannya tahun 1968, SMP Negeri 1 Singkawang tahun 1971, Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Negeri Singkawang 1974, S1 FKIP Universitas Tanjungpura 1985, S2 Universitas Indonesia tahun 2000 dan S3 Universitas Padjajaran (Unpad) 2015.

Saat mahasiswa, Long Edy pernah menjadi Wakil Ketua HImpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pontianak, Ketum Senat Mahasiswa FKIP Untan, Sekretaris DPD KNPI, dan Ketua DPD HIPSI. Pengalamannya menjadi guru ditekuninya ketika mengabdi sebagai guru SDN 10 Pontianak Timur.

Ia juga mengajar sebagai Dosen Untan dan menjadi Wakil Wali Kota Singkawang pada Periode 2007-2012. Long Edy juga aktif di MAjelis Adat Budaya Melayu (MABM) dan pada 2022 ini menjadi Koordinator Daerah Singkawang dan Bengkayang di DPD Partai Golkar Provinsi Kalimantan Barat.

Penulis: R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

Syafii Efendi

Tokoh Publik

Syafii Efendi Banyak Hipnotis Anak Muda
Yefrizal

Tokoh Publik

Yefrizal dan Pengabdian Bola Voli Kalbar
Oesman Sapta Odang

Tokoh Publik

Tahun 2024 Pertaruhan Akhir Politik OSO
Ridwan Saidi

Tokoh Publik

Ridwan Saidi Meninggal di Usia 80 Tahun
Sukarsi SH

Tokoh Publik

Sang Organisatoris Golkar itu Telah Tiada
Ki Joko Bodo

Tokoh Publik

Mantan Paranormal Ki Joko Bodo Meninggal
H Satono Bupati Sambas

Tokoh Publik

Satono Ngebut dari Jembatan ke Perpustakaan
H. Hildi Hamid Duta Besar LBBP Ajerbaizan. (foto: rido)

Tokoh Publik

Siapa Hildi Hamid dan Apa Kiprahnya
error: Content is protected !!