Home / Politik

Senin, 10 April 2023 - 11:57 WIB

Kontestasi Politik Kerap Lupa Alhujurat 13

Anggota DPR RI dari Partai Golkar, Maman Abdurrahman memberikan tausyiah di Masjid Raya Kota Singkawang, Senin (10/4/2023)

Anggota DPR RI dari Partai Golkar, Maman Abdurrahman memberikan tausyiah di Masjid Raya Kota Singkawang, Senin (10/4/2023)

Singkawang. Dalam setiap kontestasi politik sering terjadi pengabaian terhadap Alquran Surat Alhujurat 13. Padahal Islam telah memberikan pedoman yang jelas.

Demikian disampaikan Anggota DPR RI Maman Abdurrahman saat memberikan tausyiah usai pelaksanaan Sahur Bersama dan Subuh Berjamaah dalam rangkaian safari ramadan di Masjid Raya Kota Singkawang, Senin (10/4/2023).

“Tiba-tiba dalam kontestasi politik seakan amalan untuk menghormati keberagaman itu dibolkade dengan sekat etnis, agama dan lainnya. Padahal Islam mengajarkan untuk menghargai perbedaan,” kata Maman.

Maman lantas membacakan terjemaahan Alquran Surat Alhujarat ayat 13. “Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa”

Baca juga:  Safari Ramadan dan Loyalis Golkar 94 Tahun

Dengan ayat tersebut, kata Maman, umat Islam disuruh untuk menghargai perbedaan. Surat Alhujarat ayat 13 itu mendorong untuk bisa memanfaatkan keberagaman agar saling mengenal. Namun saat kontestasi politik seperti Pilwako, Pilgub, Pilpres, maupun Pilegislatif sering kali ayat tersebut dilupakan atau diabaikan.

“Ibarat kemarau setahun dihapuskan dengan hujan sehari. Empat tahun lebih membangun keberagaman dan menghormati perbedaan, tiba-tiba menjelang kontestasi diblokade. Akhirnya, kita terjebak permainan opini dan ghibah-ghibah, fitnah, isu, dan buruk sangka,” ujar Maman seraya mengutip tambahan ayat Alquran ayat 8 Surat Almaidah.

Maman yang juga Ketua Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Kalbar ini sangat mengapresiasi keindahan warna-warni dan kemajemukan di Kota Singkawang. “Kota Singkawang bisa dijadikan contoh betapa indahnya keberagaman. Kita sebagai ummat Islam, bisa saling bergandengan tangan, dan menghormati perbedaan,” kata Maman.

Baca juga:  Forum BEM Kalbar Dukung Pemilu Damai 2024
Singkawang Tertoleran

Di tempat yang sama, Pj Walikota Singkawang Sumastro menyambut kehadiran Maman Abdurrahman di Kota Singkawang. Sumastro memaparkan prestasi Kota Singkawang yang kembali meraih predikat Kota Tertoleran untuk yang ketiga kalinya.

Pada kesempatan Safari Ramadan se-Kalbar di Kota Singkawang, Maman sebelumnya buka bersama dengan anak-anak panti asuhan, warga, dan kader Golkar Singkawang di Warkop Manila. Maman juga memberikan santunan untuk anak-anak panti asuhan dan Masjid Raya Singkawang.

Penulis: R. Rido Ibnu Syahrie

Update Berita, Follow Google News

Share :

Baca Juga

pontianak-times.co.id

Politik

Golkar Menang Itu Kuncinya Sederhana Saja
Puncak perayaan HUT Golkar 58

Politik

Jokowi Jatuhkan Pilihan kepada Airlangga
Lima kandidat Pj Walikota Singkawang

Politik

Sujianto Sepihak Usulkan Pj Wako Singkawang
Uji Publik Rancangan Penataan Dapil

Politik

Kabupaten Sambas Pilih 5 atau 7 Dapil
Prabasa Anantatur

Politik

Prabowo Siap Hadir Bersama Pasha Ungu
Himapol Untan

Politik

Himapol Untan: Politik yang Mempersatukan
Rubaeti Erlita Prabasa

Politik

Rubaeti Mohon Doa dari Warga Kalbar
Golkar Kuburaya

Politik

Iqbal Plt Golkar Kuburaya Gantikan Erry
error: Content is protected !!