Home / Edukasi

Selasa, 26 April 2022 - 16:10 WIB

Kapolres Sanggau Dukung Pers Profesional

Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan SIK

Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan SIK

Sanggau. Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan SIK mengharapkan perusahaan pers dapat terus meningkatkan profesionalisme dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Media massa memerlukan kemampuan profesional dalam pengelolaan. Banyak hal harus diperhatikan agar media lebih berguna dan berkesinambungan,” kata Ade Kuncoro, Senin (25/4/2022) dalam pertemuan silaturrahim bersama pengurus SMSI Provinsi Kalbar di ruang kerjanya.

Ade mengharapkan kehadiran organisasi pemilik media ini dapat memberikan efek bagi masyarakat. Untuk itu, media perlu senantiasa memberikan edukasi berbagai hal. “Bagi penulis berita perlu memikirkan manfaat hasil tulisan ketika nantinya dibaca publik. Misalnya menulis sesuatu yang dapat memberikan pembelajaran bagi masyarakat,” terang Ade.

Untuk itu, lanjut Ade, perlu peningkatan kemampuan reportase, pengumpulan bahan dan keahlian menulis dengan memerhatikan pemilihan bahasa yang tepat. “Sehingga apa yang akan disampaikan dalam tulisan lebih mudah dimengerti oleh pembaca dan menunjukan profesionalitas,” ujar mantan Kapolres Landak ini.

Baca juga:  Perda Perladangan Beri Kepastian Hukum

Hal lainnya, Ade menekankan pentingnya sebuah media memiliki badan hukum. Kemudian, dalam setiap pemberitaannya selalu memerhatikan etika jurnalistik dan kaidah pemberitaan. Sehingga media tidak bersentuhan dengan hukum akibat memaparkan hal yang belum pasti atau yang sifatnya tidak jelas.

Pria ramah yang dekat dengan berbagai kalangan ini menjelaskan, sebuah media hendaknya menghindari tulisan yang bersifat memperkeruh situasi sehingga menimbulkan konflik yang mengakibatkan terganggunya keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Saya juga berpesan kepada kru media dan masyarakat agar dalam keseharian tetap memerhatikan protokol kesehatan, menjaga imun tubuh, berperilaku hidup sehat, bersih dan sering berolah raga agar terjaga dari penyebaran Covid-19,” harapnya.

Ketua SMSI Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Khusyairi mengucapkan terimakasih atas saran dan kritik dari Kapolres Sanggau. SMSI adalah organisasi owner atau pemilik portal media online yang secara nasional beranggotakan sebanyak 1.675 media. SMSI sudah menjadi konstituen atau terverifikasi Dewan Pers. Di Kalbar telah bergabung sebanyak 35 portal media online yang tersebar di 7 kabupaten/kota.

Baca juga:  Polres se-Kalbar Simulasi Sispam Kota dan TPS

“Ini lawatan pertama secara resmi kita bersilaturahim kepada jajaran kepolisian, dimulai dari Polres Sanggau. Selanjutnya ke Polres-polres lainnya di Kalbar. Demikian juga stakeholder lainnya,” kata Khusyairi.

Ia mengharapkan SMSI Kalbar mendapat dukungan dan arahan dari berbagai pihak, sehingga dapat menjadi lebih baik. “Kami perlu sinergi riil antara SMSI dengan kepolisian. Sehingga dalam pemberitaan media yang tergabung dalam SMSI dapat menayangkan berita yang cepat, tepat dan akurat,” ungkap pria yang akrab disapa Sery Tayan ini didampingi Bendahara SMSI Kalbar, Kornelis.

Kunjungan ini juga, kata Khusyairi, erat kaitannya dengan rencana SMSI Kalbar yang akan menggelar pelantikan kepengurusan di beberapa kabupaten/kota pada bulan Juli 2022.

Editor : R. Rido Ibnu Syahrie I Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

Brigjen Iroth

Edukasi

Pusat Sandi TNI AD Ajak Tangkal Siber Jahat
PKM Universitas Muhammadiyah Pontianak

Edukasi

Pengering Ikan Hybrid Solusi Nelayan Pulau Kabung
Mobile Intellectual Clinic

Edukasi

Kemenkumham Kalbar Gelar MIC di Singkawang
Fenomena Solstis

Edukasi

Ada Fenomena Apa 21 Desember 2022
Baksos Hari Bhakti Imigrasi 73

Edukasi

Kanwil Kemenkumham Kalbar Baksos HBI 73
Salat Gerhana Bulan

Edukasi

Ajakan Salat Gerhana Bulan Malam Ini
Sahrul Kandidat Ketua BEM Untan

Edukasi

Sahrul Siap Bawa BEM Untan Bergerak Progresif
Webinar Sehati

Edukasi

Ibu Madrasah Terbaik Bagi Anak-anaknya
error: Content is protected !!