Home / Birokrasi

Senin, 7 Agustus 2023 - 20:15 WIB

Ini Tiga Nama Kandidat Pj Gubernur Kalbar

Harrison, Heru Istyono dan Amich Alhumami

Harrison, Heru Istyono dan Amich Alhumami

Pontianak. Sebanyak tiga nama kandidat Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar segera dikirimkan DPRD Provinsi Kalbar usai Paripurna Istimewa yang rencananya digelar, Selasa (8/8/2023).

Ketiga nama yang akan diputuskan itu setelah melalui tahapan Tim Panitia Seleksi (Pansel) DPRD Provinsi Kalbar yang diketuai Ermin Elviani dan Wakil Ketua Pansel Martinus Sudarno, mengumumkan lima dari usulan 8 fraksi yang ada di DPRD Kalbar, Senin (7/8/2023).

Kelima nama kandidat itu diajukan dari fraksi-fraksi antara lain Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golkar, Fraksi Nasdem, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Nurani Keadilan Bangsa dan Fraksi Keadilan Sejahtera.

Mereka yang masuk dalam kandidat yang akan diparipurnakan menjadi tiga nama antara lain Heru Istyono, Amich Alhumami, Harrison, Veri Anggrijono dan Mayjen TNI Sulaiman Agusto.

Jika sesuai perankingan, maka Heru, Amich dan Harrison yang berpeluang untuk diajukan ke Kemendagri. Hal ini sesuai Permendagri Nomor 4 Tahun 2023 yang mensyaratkan pengusulan tiga orang calon Pj Gubernur.

Baca juga:  Mekanisme Pj Kepala Daerah Transaksional

Selanjutnya, nama calon Pj Gubernur diajukan kepada Presiden melalui Menteri Sekretaris Negara untuk dipilih satu orang diangkat sebagai Pj dengan Keputusan Presiden.

Pj Gubernur tersebut akan menggantikan Sutarmidji yang segera mengakhir masa jabatannya bersama Ria Norsan pada 5 September 2023. Pj tersebut nantinya akan bertugas sampai terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur hasil Pemilukada Serentak 2024.

Kandidat

Kandidat pertama adalah Heru Istyono. Sosok yang satu ini telah banyak dikenal oleh warga Kalimantan Barat. Pada tahun 2013 pernah menjabat Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Kalbar. Karirnya di Badan Intelijen Negara (BIN) cukup mumpuni.

Baca juga:  Bang Mus Politisi Golkar Berjuluk ‘Presiden’ Disabilitas

Jenjang pendidikannya dari SD hingga SLTA di Kota Pontianak, kemudian mengambil S1 di Universitas Padjadjaran Bandung dan S2 di Universitas Tanjungpura Pontianak. Jenjang kepangkatannya saat ini adalah IV E dengan jabatan Agen Intelijen Ahli Utama Direktorat Perencanaan Pengendalian Kegiatan dan Operasi pada Deputi Bidang Intelijen Ekonomi BIN.

Selain Heru, kandidat lainnya adalah Amich Alhumami, seorang ASN yang menempati Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas. Harisson, mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu yang sekarang menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalbar.

Dua kandidat lainnya adalah Veri Anggrijono, Staf Ahli Bidang Manajemen dan Tata Kelola Kementerian Perdagangan. Dan mantan Pangdam XII/Tanjungura Mayjen TNI Sulaiman Agusto.

Penulis: R. Rido Ibnu Syahrie I Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

Seleksi CASN Kemenkumham

Birokrasi

Kemenkumham Buka Pendaftaran CASN 17 September
pontianak-times.co.id

Birokrasi

Notaris Diminta Jujur Cegah Pencucian Uang
Kajati Kalbar Muhammad Yusuf

Birokrasi

Selamat Datang Kajati Kalbar M Yusuf
Penghargaan Kinerja

Birokrasi

DJPb Kalbar Beri Penghargaan Kinerja
Calon Penjabat Walikota Singkawang

Birokrasi

3 Kandidat Jagoan Pj Walikota Singkawang
M Febriadi SSos MSi

Birokrasi

Pemekaran Tiga DOB Ketapang Berlanjut
Pendampingan IRH

Birokrasi

6 Kabupaten Siap Unggah Data Penilaian IRH
Luhut Binsar Panjaitan, Menko Bidang kemaritiman dan Investasi (Marves) . foto: kemenko Marves

Birokrasi

LBP Gerak Cepat Urus PPKM di Provinsi Prioritas
error: Content is protected !!