Home / Tokoh Publik

Jumat, 5 Januari 2024 - 17:27 WIB

Bang Mus Politisi Golkar Berjuluk ‘Presiden’ Disabilitas

Mustaat Saman Caleg Partai Golkar Dapil Kota Pontianak

Mustaat Saman Caleg Partai Golkar Dapil Kota Pontianak

Pontianak. Bang Mus, sapaan akrabnya. Darah aktivis mengalir dalam tubuhnya yang bermula dari pergerakan kampus dan ekstra kampus. Karakternya semakin matang dalam membela kelompok marginal.

Puncaknya ketika Bang Mus ini menakhodai National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kalimantan Barat, sebuah organisasi yang mewadahi atlet-atlet disabilitas. Namanya semakin populer lantaran berbagai prestasi yang diraih dalam event internasional, nasional maupun penyelenggaraan event lokal.

Laki-laki kelahiran 15 Oktober 1981 ini bernama asli Mustaat Saman. Ia telaten mengurus atlet-atlet disabilitas yang biasa juga disebut paralimpian. Sekretariat di galery GOR Pangsuma tak pernah sepi dalam setiap harinya. Selalu saja ada aktivitas, latihan atlet dan kegiatan lainnya.

“Kami disini sudah seperti keluarga dan saling membantu. Bukan saja berkenaan dengan aktivitas keolahragaan,” ujar Mustaat Saman ditemui pontianak times usai pelaksanaan peringatan Hari Disabilitas Internasional dan Penutupan Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) VI Kalbar Tahun 2023.

Semangat kekeluargaan ini memang terlihat ketika Bang Mus juga kerap bercengkerama dengan para orangtua penyandang disabilitas itu. Sikapnya yang santun dan penuh kesabaran membuat kaum disabilitas itu merasa tersalurkan bakat, minat dan kemampuannya. Lantaran sikap Bang Mus itulah, ia mendapat julukan ‘Presiden’ Disabilitas.  

Di tangan dingin Bang Mus, kaum disabilitas memperoleh sosok yang tepat. Julukan Presiden Disabilitas bukan isapan jempol belaka. Bang Mus sukses menginisiasi pembentukan Parapreuner Kalbar untuk mereka yang merintis usaha.

Bang Mus juga memfasilitasi pelatihan dan peningkatan kompetensi usaha, menyiapkan rumah singgah, hingga  membina mereka yang mempunyai bakat dibidang olehraga bahkan banyak diantaranya telah mengukir prestasi tingkat nasional hingga level Internasional.

Dukungan

Tak heran, ketika kaum disabilitas ini mengetahui Bang Mus melaju dalam Pemilu Legislatif, merekapun kompak memberikan dukungan agar Mustaat Saman terpilih sebagai Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat.

Bentuk dukungan itu dikemukakan lima ratus lebih kaum disabilitas Kota Pontianak, Minggu 31 Desember 2023  di kawasan Jalan KH Wahid Hasyim, Pontianak. Bang Mus menerima penyampaian aspirasi agar Bang Mus menjadi legislator.

Ya, Bang Mus memang telah lama berkiprah dalam dunia politik. Bahkan dirinya pernah menjadi Anggota DPRD Provinsi Kalbar Periode 2014-2019. Pada Pemilu 14 Februari 2024, alumni Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura ini masuk sebagai politisi muda Partai Golkar daerah pemilihan Kota Pontianak, nomor urut 3.

Sebelumnya, Mustaat Saman pernah menjadi karyawan di perusahaan pembuat Batako. Kemudian mengelola berbagai usaha mikro kecil dan menengah hingga menjadi direktur dan komisaris di beberapa perusahaan.

Dalam bidang pengkajian agama dan organisasi kemasyarakatan, Bang Mus selalu aktif. Aktivis Solidaritas Mahasiswa Pengemban Amanat Rakyat (Solmadapar) ini juga pernah menjadi ketua Ikatan Mahasiswa Almukmin Kalbar, dan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Hutan Universitas Tanungpura.

Selain itu, CO Founder Lembaga Kajian Forestry Kalbar, Ketua Kelompok Tani Budidaya Ikan Pontianak, Pengurus  Damkar dan Resque Swadesi, Ketua Pengurus  Provinsi Persatuan Panahan  Indonesia, CO-Founder Intitute Kemakmuran dan organisasi lainnya.

Penulis: R. Rido Ibnu Syahrie I Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

pontianak-times.co.id

Tokoh Publik

Tulisan Terakhir Aswandi, Tokoh Pendidik
Bani Hidayat dan lukisannya yang merespons kegaduhan Covid19. (foto: pontianak-times.co.id)

Tokoh Publik

Pelukis Disabilitas, Berkarya Tanpa Batas
Oesman Sapta Odang

Tokoh Publik

Tahun 2024 Pertaruhan Akhir Politik OSO
pontianak-times.co.id

Tokoh Publik

Pesan Demokrasi Terakhir Viryan Azis
Ir. H. Prabasa Anantatur MH, Politisi Partai Golkar Kalimantan Barat.

Tokoh Publik

Prabasa, Jago Kelahi yang Mapan Berpolitik
Malam Anugerah SMSI 2023

Tokoh Publik

Erros dan Azyumardi Pelopor Pers Merdeka
Innalillaahi wainnailayhi rooji’uun. Tokoh pers sekaligus budayawan Kalimantan Barat, HA.Halim Ramli meninggal dunia, Jumat (16/7/2021) sekitar pukul 18.35 WIB

Tokoh Publik

Tokoh Pers Kalbar Meninggal Dunia
Yefrizal

Tokoh Publik

Yefrizal dan Pengabdian Bola Voli Kalbar
error: Content is protected !!