Home / Sport

Jumat, 5 Agustus 2022 - 07:14 WIB

Indonesia Pimpin Klasemen Asean Paragames XI

Mustaat Saman, Ketua NPCI Kalbar dan Cici Juliani atlet tenis meja NPCI Kalbar menunjukkan medali emas yang diraihnya pada pertandingan di APG XI Solo, Jawa Tengah

Mustaat Saman, Ketua NPCI Kalbar dan Cici Juliani atlet tenis meja NPCI Kalbar menunjukkan medali emas yang diraihnya pada pertandingan di APG XI Solo, Jawa Tengah

Jawa Tengah. Dua atlet paralimpian asal Kalimantan Barat kembali mempersembahkan medali untuk Indonesia yang memimpin di klasemen perolehan medali  Asean Paragames (APG) ke XI di Solo, Jawa Tengah.

Persembahan medali itu antara lain dari hasil pertandingan ganda wanita  tenis meja T10 mendapatkan medali emas dari atlet Cici Juliani. Ditambah medali perak yang dipersembahkan Fauzi Purwo Laksono dari Cabang Olahraga Atletic Lempar Cakranm F57.

Dari cabang renang, Kevin Ode mendapatkan perunggu di kelas S14 200 meter gaya bebas. Perolehan medali semakin lengkap setelah atlet renang Simson Abraham Situmorang  langsung turun pada dua kelas.

Simson yang menjadi pemecah rekor tercepat pada Peparnas XVI Papua ini bertarung  di kelas S4 putra 100 meter gaya dada dengan menyabet perak. Sedangkan di kelas S4 putra 50 M gaya bebas mendapatkan perunggu.

“Luar biasa perjuangan Simson. Walaupun menggunakan gaya dada, masih bisa mendapatkan perunggu. Sungguh perjuangan yang luar biasa,” ujar Mustaat Saman, Ketua National Paralympic Comittee of Indonesia (NPCI) Provinsi Kalimantan Barat.

Sebelumnya, pada hari ketiga ajang APG 11 di Solo atlet difabel asal Kalbar telah menyumbangkan 6 medali untuk Indonesia. Keenam medali itu meliputi 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Perolehan emas disumbangkan oleh Cici Juliani pada Cabang Olahraga (Cabor) para tenis meja kelas TT 10 beregu wanita. Perolehan emas kedua oleh Fauzi Purwo Laksono dari Cabor para atletik kelas T57 tolak peluru.

Sedangkan dua medali perak dari Cabor angkat berat kelas 49 kg pria disumbangkan oleh Abdul Hadi dan Abdul Hadi dari Cabor para angkat berat kelas total angkatan 49 kg. Sebanyak dua buah perunggu dipersembahkan oleh Simson Abraham pada Cabor para renang kelas S4 50 m gaya dada dan Cici Juliani pada Cabor para tenis meja kelas TT 10 perorangan wanita.

Klasemen

Secara keseluruhan perolehan medali, Indonesia memimpin di puncak klasemen perolehan medali sementara APG 11 Solo Tahun 2022. Kontingen Indonesia menjadi pengumpul medali terbanyak hingga Kamis (4/8) dengan total 193 medali meliputi 85 emas, 65 perak dan 43 perunggu.

Urutan kedua, Thailand  yang mengumpulkan 146 medali terdiri dari 55 emas 52 perak dan 39 perunggu. Pada posisi ketiga adalah mendapatkan 89 medali terdiri dari 35 emas 32 perak dan 22 perunggu.

Urutan keempat Malaysia dengan total 32 medali, urutan berikutnya Filipina 50 medali, Myanmar 18 medali, Singapura 14 medali, Timor Leste 9 medali, Kamboja 9 medali, Laos 6 medali, dan Brunai masih kosong.(rdo)

Share :

Baca Juga

pontianak-times.co.id

Sport

Tradisi Masuk Final AFF Tapi Gagal Juara
WSBK Mandalika 2023

Sport

Akhir Pekan Ini Mulai WSBK Mandalika 2023
Selebrasi Timnas Inggris usai memenangkan pertandingan melawan Denmark dengan skor 2-1 di Stadion Wembley, London, Kamis (8/7/2021). Foto: uefa.com

Sport

Nasib Apes Denmark Akibat Gol Bunuh Diri
Pertandingan Arema vs Persebaya

Sport

Catatan Kritis Tragedi Kanjuruhan
Tangaran 5K

Sport

Lomba Maraton Tangaran 5 K Segera Digelar
Tim Bola Voli Putra Kabupaten Landak

Sport

Tim Putra Voli Landak Juara I Porprov XIII
Perbakin Kalbar Cup 2023

Sport

Jago Tembak, Pria Ini Sisihkan 350 Peserta
Bola Voli Kapolda Cup

Sport

Bola Voli Kapolda Kalbar Cup Digelar 15 Juni
error: Content is protected !!