Home / Sport

Senin, 11 September 2023 - 20:34 WIB

Wahdina, Raih Penghargaan di Haornas ke-40

Wahdina, atlet para renang Kalbar yang mendapatkan penghargaan di acara puncak Haornas ke-40, di Jakarta Internasional Velodrome.

Wahdina, atlet para renang Kalbar yang mendapatkan penghargaan di acara puncak Haornas ke-40, di Jakarta Internasional Velodrome.

Jakarta. Wahdina, mantan atlet disabilitas cabang Para Renang asal Kalimantan Barat meraih penghargaan di acara puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40, Sabtu (9/9/2023) di Jakarta Internasional Velodrome.

Wahdina merupakan warga Sengkubang Mempawah Hilir Kalimantan Barat. Wanita kelahiran Kembayan, Kabupaten Sanggau ini telah banyak mengukir prestasi dalam berbagai kejuaraan renang tingkat nasional, maupun internasional.

Prestasi itu antara lain perolehan medali perak di ajang Pekan Olahraga Cacat Nasional (Porcanas) Bandung 1998, dua medali emas di Porcanas Palembang 2004, dua medali emas di ASEAN Paragames Filipina 2005, Fespic Games Kuala Lumpur 2006 meraih masing-masing 1 medali emas, perak dan perunggu.

Catatan prestasi Wahdina lainnya, di Porcanas Kalimantan Timur tahu 2008 meraih 3 medali emas. ASEAN Paragames Thailand tahun 2008 meraih dua medali emas dan 1 perak, ASEAN Paragames Kuala Lumpur 2009 meraih masing-masing 1 medali emas, perak danperunggu.

Baca juga:  Greysia Atlet Andalan Indonesia Gantung Raket

Di ajang ASEAN Paragames Solo tahun 2011, Wahdia kembali mengukir prestasi dengan perolehan dua medali meas dan 1 perunggu. Dalam event Peparnas Riau tahun 2012, Wahdina menyabet tiga medali emas dan 1 perak. Sedangkan di ajang ASEAN Paragames Myanmar tahun 2014, ia mendapatkan 1 medali perunggu.

Wanita berusia 51 tahun itu terakhir berlaga di arena renang, saat pelaksanaan Peparnas Bandung tahun 2016 dan Wahdina membuktikan semangat juangnya dengan menyabet dua medali emas.    

Baca juga:  Prediksi EURO 2021 Belanda versus Ceko

Kini, atlet tuna daksa pendulang medali tersebut telah purna sebagai atlet para renang dan aktif dalam membina bibit-bibit atlet berprestasi baru Kalbar melalui National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Provinsi Kalimantan Barat.

Ketua NPCI Provinsi Kalimantan Barat, Mustaat Saman merasa bersyukur atas penghargaan yang diraih Wahdina sebagai Purna Olahragawan Atlet Para Renang dalam acara puncak Haornas 40.

Wahdina menjadi salah seorang dari 23 penerima penghargaan dari negara melalui Menteri Pemuda dan Olahraga. “Kami bangga dan semoga semangat dan kerja keras Wahdina dapat menjadi teladan bagi generasi atlet NPCI Kalbar,” kata Mustaat.(dwi)

Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

pontianak-times.co.id

Sport

Tradisi Masuk Final AFF Tapi Gagal Juara
Para Juara Bulutangkis PB Sultan Cup 2023

Sport

Ini Para Juara Bulutangkis PB Sultan Cup
Jadwal Pertandingan Piala Dunia

Sport

Maroko Mengukir Sejarah Sepakbola Dunia
Selebrasi timnas Italia setelah mengalahkan Spanyol melalui adu penalti di Stadion Wembley, London, Inggris, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB.

Sport

Mancini Merendah dan Puji Spanyol
Pelantikan PBVSI Ketapang

Sport

Irwan Lantik Royden Ketua PBVSI Ketapang
Pertandingan Arema vs Persebaya

Sport

Catatan Kritis Tragedi Kanjuruhan
Cici Juliani atlet tenis meja NPCI Kalbar

Sport

Indonesia Pimpin Klasemen Asean Paragames XI
Atlet paralympic Kalbar diberangkatkan dari Bandara Supadio menuju Peparnas XVI Papua, Senin (1/11/2021). Foto: Indra Hermawan

Sport

Atlet NPC Kalbar Siap Rebut Emas Papua
error: Content is protected !!