Home / Sport

Minggu, 4 Juli 2021 - 12:02 WIB

Sukses Bantai Ukraina, Ditunggu Denmark

Gol mengejutkan Kane ke gawang Ukraina pada laga Perempat Final EURO 2020, Minggu (4/7/2021) di Stadion Olimpico. Foto: uefa.com

Gol mengejutkan Kane ke gawang Ukraina pada laga Perempat Final EURO 2020, Minggu (4/7/2021) di Stadion Olimpico. Foto: uefa.com

Stadion Olimpico Roma, Italia menjadi saksi atas pembantaian Timnas Inggris terhadap Ukraina dalam laga perempat final EURO 2020, Minggu (4/7/2021) pukul 02.00 WIB.  Tim asuhan Gareth Southgate menyerang ganas hingga menggondol 4-0.

Pertandingan dimulai perlahan. Cuaca di areal stadion, hangat 27 derajat celcius dengan kecepatan angin hanya 12 km/h saja. Jalannya permainan juga lambat dari masing masing tim. Mereka seolah saling menjajaki di awal babak pertama ini. Tiba-tiba saja..! Raheem Sterling bergerak cepat dari sisi kiri menusuk pertahanan Ukraina. Pemain bernomor punggung 10 ini melewati satu pemain lawan, lalu memberi umpan terobosan pada Kane (9). Tak disangka, Kane menyarangkan bola ke gawang Ukraina di menit ke 4. Inggris unggul 1-0 atas Ukraina.

Merasa ketinggalan, Ukraina mencoba membalas dimenit 16 melalui sayap kiri. Hampir saja membuahkan hasil, namun berhasil ditepis kiper Inggris dan hanya menghasilkan tendangan sudut saja. Ukraina berkali-kali melakukan balasan dimenit menit selanjutnya. Mereka mengurung pertahanan Inggris. Serangan demi serangan dilakukan dari sayap kiri dan kanan, namun tetap saja tim besutan Andriy Shevchenko ini belum beruntung.

Berada dalam tekanan seperti ini membuat the three lion bukannya malah bertahan, justru melakukan serangan balasan. Akibatnya banyak peluang tercipta diantaranya pada menit ke 20 dan menit ke 23 dari sisi kanan pertahanan Ukraina.

Pada menit ke 30-an, permainan dikuasai Inggris. Zona lapangan tengah permainan dapat dikuasai penuh dengan ball posession Inggris 57 %. Gelombang serangan Inggris berkali-kali membahayakan gawang Ukraina. Percobaan tendangan di luar kotak pinalti Ukraina berkali-kali terjadi dari lini tengah, namun belum membuahkan hasil.

Pelanggaran keras dilakukan pemain Inggris terhadap Serhiy Kryvtsov, pemain belakang Ukraina di menit ke 35 yang mengakibatkan cedera. Serhiy  selanjutnya digantikan Viktor Tsygankov. Pergantian pemain Ukraina ini justru merubah pola permainan. Ukraina kembali pada permainan yang baik. Pada menit ke 40-an hingga akhir babak pertama, serangan  ukraina memang membahayakan Inggris.

Tendangan keras dari luar kotak oleh pemain bernomor punggung 10 Ukraina hampir menghasilkan gol. Sayang, bola melebar tipis ke sisi tiang kiri Inggris. Serangan selanjutnya dimulai Ukraina dari sisi kiri, tetapi masih dapat ditepis kiper Inggris, Jordan Pickford. Pertarungan babak pertama akhirnya berakhir dengan ball possesion hampir berimbang, Inggris 52% dan Ukraina 48%.

Setelah babak kedua dimulai, kejutan awal pertandingan kembali terjadi. Bermula dari pelanggaran terhadap Kane, tendangan bebas dilakukan Shaw menuju kotak pinalti Ukraina dan gol tercipta oleh sundulan Maguire di menit 1 babak kedua, skor 2-0 untuk Inggris.

Kelengahan pemain Ukraina di awal babak kedua ini dimanfaatkan Inggris. Pada menit ke 5, Sterling dari sisi kiri mengumpankan bola kepada Luke Shaw. Kemudian disambut sundulan pendek oleh Kane dan gol pun terjadi. Kane berhasil menambah pundi-pundi gol di pertandingan ini menjadi 2 gol. Skor telak 3-0, Inggris memimpin.

Pertarungan selanjutnya menjadi tidak seimbang. Lagi-lagi Inggris mencetak gol yang bermula dari tendangan sudut kanan, disambut Henderson melalui sundulannya hingga menembus gawang lawan. Inggris kembali menambah keunggulan menjadi 4-0.

Dengan skor tersebut, Inggris seolah sudah dapat memastikan kemenangan telak. Pada menit ke 65, pelatih Gareth Southgate mengganti beberapa pemain kunci lapangan tengah seperti Shaw, Philip dan Sterling. Hal ini agar mereka terhindar dari cedera sehingga tidak mengganggu di babak semifinal nanti.

Ukraina sudah tidak ada harapan lagi. Upaya serangan balasan ke gawang Inggris dapat dengan mudah dipatahkan Pickford. Lagi pula serangan itu belum menampakkan koordinasi serangan baik, dan mereka sulit menembus pertahanan Inggris yang sampai pada menit 84 masih terkoordinasi mantap. Akhirnya pertandingan berakhir dengan skor telak 4-0 untuk lnggris, dan The Three lion mengantongi tiket melawan Denmark 7 Juni 2021 di semifinal EURO 2020. Denmark sudah menunggu di semifinal setelah mengalahkan Ceko 2-1.

Penulis: Richard PS

Share :

Baca Juga

Mustaat Saman

Sport

14 Medali Atlet NPCI Kalbar untuk Indonesia
Tim Bola Voli Polresta Pontianak

Sport

Tim Voli Polresta Pontianak Siap Tanding
Kejuaraan Bulutangkis PB Sultan Cup Open 2023

Sport

Duo Elite Masuk Babak Final PB Sultan Cup
Tim Esport Rutan Putussibau

Sport

Tim E-sport Kemenkumham Kalbar Juara 3
Ujicoba pertandingan bola voli

Sport

Ujicoba Bhayangkara vs Atlet Voli Kalbar
Juara Voli BTS 2022

Sport

Ini Para Juara Voli Bless This Sport 2022
pontianak-times.co.id

Sport

Menkumham Juara Menembak Danpaspampres Cup
Nobar Piala Dunia 2022

Sport

Nobar Meriah Piala Dunia Ala Burhanuddin
error: Content is protected !!