Home / Peristiwa

Rabu, 22 Februari 2023 - 23:03 WIB

Inasar Kerahkan 48 Personel di Turki

Tim Inasar bersama Tim SAR dari beberapa negara sudah berada di Turki untuk penanganan pascagempa

Tim Inasar bersama Tim SAR dari beberapa negara sudah berada di Turki untuk penanganan pascagempa

Adana. Indonesian Search and Rescue (Inasar) dibawah kendali Basarnas mengerahkan sebanyak 48 personel didukung 1 anjing pelacak dan 2 anjing K-9 untuk evakuasi korban pascagempa Turki.

Inasar telah terkualifikasi Urban Search and Rescue (USAR) tingkat medium dan International Search and Rescue Advisory Group (Insarag) sejak 2019. Tim Inasar telah memulai melakukan bekerja dan mendirikan pos di Hatay Expo, Antakya, Provinsi Hatay.

Inasar hadir Turki bersama beberapa negara lain seperti Swiss, Australia dan Argentina. Saat ini koordinasi pencarian dan pertolongan diserahkan sepenuhnya kepada AFAD atau Badan Penanggulangan Bencana Turki.

Baca juga:  Ruko di Jalan Veteran Pontianak Ambruk

Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan mengapresiasi bantuan pencarian dan pertolongan yang diberikan Pemerintah Indonesia pascagempa 7,8 skala richter. Hal Ini disampaikan Presiden saat menerima perwakilan Inasar di Antakya, Senin (20/2/2023).

Team Leader Inasar, Yopi Hariyadi mengatakan, Presiden Erdogan berterima kasih atas kedatangan tim Indonesia. Yopi juga menambahkan Presiden Erdogan menyatakan pihaknya telah menerima telepon dari Presiden Joko Widodo mengenai bantuan Indonesia, khususnya dalam pencarian dan pertolongan korban gempa.

Baca juga:  RSC Kuching dan SAR Pontianak Latihan Gabungan

Pertemuan tertutup ini menghadirkan lebih dari perwakilan Urban Search and Rescue (USAR) yang telah bekerja sejak awal terjadinya gempa hingga saat ini. Yopi mengatakan lebih dari 20 team leader dari beberapa negara yang diundang Presiden.

“Kami menyampaikan atas nama bangsa Indonesia, ini merupakan suatu kehormatan dapat membantu saudara kami masyarakat Turki. Indonesia juga membawa tim EMT untuk memberikan bantuan medis,”  ujar Yopi yang pernah menjabat Kepala SAR Pontianak ini kepada Presiden.

Penulis: Jainudin*

Share :

Baca Juga

pontianak-times.co.id

Peristiwa

Ingkar Janji, Warga Segel Lahan Sawit RAP
SAR Evakuasi Korban

Peristiwa

SAR Evakuasi Korban Tenggelam Semakuan
Endang Kurniawan

Peristiwa

GMNI Ketapang Minta Evaluasi Izin PT Arthu
Bom Bunuh Diri Astana Anyar

Peristiwa

Waduh, Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar
Rumah terduga teroris semparuk

Peristiwa

Densus 88 Ambil Laptop Milik Terduga Teroris Semparuk
Pemakaman Rio Wiranda

Peristiwa

Salvo Iringi Pemakaman Rio Wiranda
Penipuan berkedok Giveaway

Peristiwa

Giveaway, Warga Mempawah Ditipu Jutaan
Penangkapan Pelaku

Peristiwa

Pelaku Pembunuh Nor Azizah Ditangkap
error: Content is protected !!