Home / Energi

Selasa, 13 Desember 2022 - 21:10 WIB

Fasilitas SPKLU Disambut Warga Sanggau

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jalan Jendral Sudirman, Sanggau.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jalan Jendral Sudirman, Sanggau.

Sanggau. Warga di Kabupaten Sanggau menyambut kehadiran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang diresmikan, Selasa (13/12/2022) di Jalan Sudirman.

“Saya sangat berterimakasih kepada PLN yang telah membangun fasilitas SPKLU ini. Sekarang saya  tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengisi ulang baterai mobil listrik yang saya miliki,” kata Munawir (50), warga Tanjung Kapuas, Sanggau.

Munawir menjelaskan sudah lama ingin memiliki kendaraan listrik. Hanya saja merasa ragu untuk membelinya karena belum adanya fasilitas SPKLU di Sanggau. Namun, setelah tahu PLN akan membangun SPKLU, dirinya langsung membeli mobil listrik.

SPKLU yang terletak di Jalan Sudirman Sanggau ini memberikan kemudahan layanan saat pengisian baterai kendaraan listrik. SPKLU tersebut memiliki tiga jenis kecepatan pengisian antara lain, Medium Charger berkapasitas 20-25 Kilo Watt, Fast Charger kapasitas 50 Kilo Watt, dan Ultra Fast Charger dengan kapasitas lebih dari 100 Kilo Watt.

Munawir kini tidak merasa khawatir lagi dan pilihannya membeli kendaraan listrik telah mempunyai fasilitas pendukung berupa SPKLU.

“Yang penting ada SPKLU dan kendaraanlistrik terbukti lebih efisien, praktis dan trendy,” ujarnya seraya mengajak masyarakat Kabupaten Sanggau untuk segera beralih menggunakan kendaraan listrik.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi juga menyambut baik kehadiran SPKLU di daerahnya. Fasilitas tersebut sangat ditunggu-tunggu dan sangat diperlukan agar para pemilik kendaraan listrik tidak kesulitan mengisi baterai kendaraan listriknya.

“Dengan adanya SPKLU ini, kami tidak ragu lagi menjalankan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan listrik untuk kendaraan dinas di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau,” ungkap Paolus.

Sebenarnya, kata Paolus, banyak warga tertarik memiliki kendaraan listrik, hanya masih terkendala dengan fasilitas pendukungnya. Dengan adanya SPKLU ini, akan mendorong minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik.

Tekan Subsidi BBM

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Kalbar, Mochamad Soffin Hadi yang hadir dalam peresmian SPKLU Sanggau menjelaskan ekosistem kendaraan listrik merupakan program yang didorong pemerintah guna menekan subsidi bahan bakar minyak (BBM).

“SPKLU di Kabupaten Sanggau ini wujud komitmen kami dalam mendukung program pemerintah untuk mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai, khususnya di Kalimantan Barat,” tutur Soffin.

Hingga saat ini di Kalbar telah ada tiga SPKLU antara lain di Jalan Sudirman Sanggau, di halaman parkir Transmart/Gaia Mall Kabupaten Kubu Raya, dan di halaman Kantor PLN UP3 Jalan Alianyang Singkawang.(dwi/r)

Share :

Baca Juga

Signing Ceremony

Energi

PLTA Kayan Cascade Era Baru Energi Ramah Lingkungan
Ujicoba PLTU- IPP Kalbar 1 unit 2, Jumat (11/6/2021)

Energi

PLTU Bengkayang Tekan Impor Listrik Malaysia
Demo Kenaikan Harga BBM

Energi

Ini Alasan Pemerintah Menaikkan Harga BBM
PLTS Pulau Messah

Energi

Panel Surya di Pulau Terpencil Messah
Maman Abdurrahman

Energi

Maman Ditodong Warga Desa Temajuk Paloh
kendaraan listrik

Energi

Beli Kendaraan Listrik, Dibantu Rp7 Juta
PLTS Terapung Nusa Dua Bali

Energi

PLTS Nusa Dua Bali 100 kWp Diresmikan
Sosialisasi Keselamatan Ketenagalistrikan

Energi

Cegah Potensi Kecelakaan Arus Listrik
error: Content is protected !!