Home / Peristiwa

Rabu, 1 Februari 2023 - 13:28 WIB

CCTV Ungkap Penabrak Polisi Hingga Tewas

Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah dan barang bukti truk towing crane

Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah dan barang bukti truk towing crane

Mempawah. Tim Satlantas Polres Mempawah mengungkap penabrak polisi hingga tewas, Brigpol Rio Wiranda, setelah mencocokan dengan video CCTV (Closed Circuit Television) Kominfo.

“Melalui informasi saksi dan kecocokan hasil identifikasi rekaman CCTV tersebut, maka tim memiliki keyakinan bahwa mobil truk tersebutlah yang terlibat kecelakaan dengan anggota kita Brigpol Rio Wiranda,” kata Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, Selasa (31/1/2023).

Menurut Fauzan, karena terdapat kesesuaian antara keterangan saksi dengan rekaman CCTV itu, maka diambil tindakan untuk memperlambat durasi video CCTV kendaraan truk towing crane yang melintas di sekitar Terminal Sungai Pinyuh.

Dari identifikasi mendalam, ditemukan dorongan ke dalam pada pengaman samping kanan truk. Ada pula rantai bagian belakang truk yang putus. Kondisi itu sesuai dengan material yang tertinggal di tempat kejadian perkara (TKP).

Atas dasar rekaman CCTV, keterangan saksi di lokasi kejadian dan olah TKP itu, seorang terduga tabrak lari, TP (33) diamankan, berikut barang bukti truk towing crane.

Seperti diketahui, Brigpol Rio Wiranda (29) yang merupakan personel Samapta Polres Mempawah meninggal dunia di Jalan Raya Sungai Dayak KM 39.500 Desa Peniraman, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Sabtu (28/1/2023) pukul 14.45 WIB.

Ikut Perlombaan

Rio yang mengendarai sepeda motor hendak mengikuti perlombaan Pontianak City Run 5K itu mengalami kecelakaan dengan kendaraan truk berlawanan arah. Awalnya tidak diketahui identitas kendaraan dan pengemudinya lantaran langsung kabur.

Menurut Fauzan, tim yang dibentuk Polres Mempawah telah mencocokan keterangan saksi-saksi serta pengecekan CCTV Kominfo yang terpasang di Sungai Pinyuh. Pengecekan itu di jalur sebelum dan sesudah TKP kecelakaan.

Tim selanjutnya melacak dan menemukan terduga TP di wilayah Kabupaten Bengkayang. Tim Satlantas Polres Mempawah selanjutnya berkoordinasi dengan jajaran Polres Bengkayang untuk mencari informasi lanjutan.

Menurut Fauzan, terdapat kecocokan alamat dan nama pemilik kendaraan yang diyakini terlibat kecelakaan di Peniraman Kecamatan Sungai Pinyuh, termasuk keberadaan TP selaku sopir. TP saat pertama ditanyakan, sempat mengelak karena takut. Namun akhirnya mengakui bahwa dirinya terlibat kecelakaan di wilayah Sungai Pinyuh pada Sabtu 28 Januari 2023.

TP selanjutnya diamankan di Polres Mempawah berikut barang bukti truk, untuk penyidikan dan pemeriksaan secara intens.

Penulis: Rizki Firnanda

Share :

Baca Juga

Barang bukti truk towing crane

Peristiwa

Sopir Truk Tabrak Lari Polisi Ditangkap
Lapas Singkawang Banjir

Peristiwa

RSUD dan Lapas Terkena Banjir Singkawang
Revitalisasi pasar beringin Singkawang

Peristiwa

Sepakat.! Stop Revitalisasi Pasar Beringin
Mayat tanpa identitas

Peristiwa

Mayat Tanpa Identitas Ditemukan di Perairan Jungkat
Flexing istri pegawai Setneg

Peristiwa

Istri Pamer, Pegawai Setneg Dinonaktifkan
Karhutla Desa Pasir

Peristiwa

100 Hektar Lahan Terbakar di Desa Pasir
Ribut Lahan Parkir Komyos

Peristiwa

Insiden Berdarah Lahan Parkir Jalan Komyos
TKP pembunuhan driver Ojol Maxim

Peristiwa

Kronologi Terbunuhnya Driver Ojol Maxim
error: Content is protected !!