Home / Politik

Senin, 13 Februari 2023 - 00:15 WIB

Alasan Partai Ummat Kalbar Dukung Anies

Dari kanan ke kiri; Ketua DPW Partai Ummat Provinsi Kalimantan Barat Bambang Widianto, Ketua Umum Ridho Rahmadi dan Sekretaris DPW Partai Umat Kalbar, Farid.

Dari kanan ke kiri; Ketua DPW Partai Ummat Provinsi Kalimantan Barat Bambang Widianto, Ketua Umum Ridho Rahmadi dan Sekretaris DPW Partai Umat Kalbar, Farid.

Pontianak. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Ummat Provinsi Kalimantan Barat mendukung Anies R Baswedan sebagai Calon Presiden RI pada Pemilu 2024.

“Seluruh DPD dan DPW Partai Ummat Kalbar telah sepakat mendukung Anies Baswedan, dan memenangkan dalam Pilpres 2024,” kata Ir H Bambang Widianto, Ketua DPW Partai Ummat Provinsi Kalbar, Minggu (12/2/2023).

Pernyataan Bambang ini dikemukakan menjelang keikutsertaannya dalam Rakernas Partai Ummat yang dimulai, Senin (13/2/2023) di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Bambang menjelaskan beberapa alasan logis dukungan tersebut setelah melihat figur Anies secara personal maupun sebagai sosok yang memiliki jiwa kepemimpinan. Kondisi tersebut dilaras dengan kondisi Indonesia saat ini.

“Seorang pemimpin itu harus ada yang bisa dicontoh anak bangsa, termasuk prasyarat lain seperti attitude atau akhlak, gestur tubuh, jiwa negarawan dan kecerdasan. Anies Baswedan memenuhi kriteria tersebut,” papar Bambang.

Bambang meyakini jika Anies Baswedan menjadi Presiden RI, maka akan mampu mengambil keputusan yang tepat dalam menyelesaikan problematika bangsa, dengan mengedepankan keilmuan dan mau menerima pendapat dari para ahli. “Beliau (Anies, Red), tipikal orang yang mau mendengarkan dan memakai pendapat ahli, bukan pendapat oligarkhi,” ujarnya.

Baca juga:  Tiga Nama Bursa Capres Masih Konsisten

Menurut Bambang, problem Indonesia saat ini adalah pengangguran, utang negara yang membengkak dan penguasaan sumber daya alam oleh negara asing. Utang-utang itu perlu re-schedulle dan negosiasi ulang.

“Kemudian sumber daya alam seperti tambang harus dikuasai negara, bukan dikelola secara private yang menyuburkan oligarkhi. Itu untuk mengembalikan utang-utang negara,” ujar Bambang seraya memaparkan persoalan lainnya yang krusial untuk diselesaikan.

Pengalaman

Alasan lainnya DPW Partai Ummat Kalbar bertekad mendukung Anies Baswedan adalah pengalaman melekat pada diri Anies saat mengelola Provinsi DKI Jakarta. “Ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies telah melakukan banyak inovasi dalam pembangunan yang berorientasi lingkungan,” papar Bambang.

Inovasi itulah, kata Bambang, yang membuat DKI Jakarta mampu mensinergikan dengan daerah-daerah penyangga (bufferzone). Demikian pula dalam hal infrastruktur yang mengedepankan green building seperti halnya di negara-negara maju, pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), penataan kawasan Kampung Bayam yang menggunakan dana Badan Amil Zakat Nasional (BAZIS), dan program lainnya.

Baca juga:  Megawati akan Pecat Kader Main 2 Kaki

“Rekam jejak dalam mengelola Jakarta itulah yang membuat kami berkeyakinan bahwa Anies nantinya dengan menjadi presiden, akan membuat penyelesaian masalah bangsa secara luar biasa,” ujar Bambang yang juga praktisi teknik sipil ini.

Dalam hal sosiokultur, lanjut Bambang, DKI Jakarta telah menjadi kota ramah dan tidak pernah ribut selama kepimpinan Anies. “Itu beberapa perubahan yang kami lihat di Jakarta menjadi kota modern yang humanis. Dan Anies telah menunjukkan sosok Muslim yang baik dan cerdas sebagai pemimpin,” kata Bambang.

Dukungan DPW Partai Ummat Kalbar ini selaras dengan beberapa DPW lainnya hingga DPP nantinya bakal memutuskan berdasarkan suara dari semua DPW. Dalam Rakernas kali ini, Partai Ummat juga akan membahas strategi pemenangan Anies maupun elektoral di parlemen.

Peserta yang hadir dalam Rakernas partai besutan Amien Rais ini diperkirakan sebanyak 6500 orang dan akan berakhir, Rabu (15/2/2023).

Penulis: R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

Relawan 3 Capres 2024

Politik

Usai Pilpres, Relawan Capres Kalbar Bersinergi
Ultah Jokowi di Rakernas II PDIP

Politik

Membaca Isyarat dari Pidato Keras Megawati
Pelantikan Sehan A Rahman

Politik

Sehan Gantikan Arifidiar Wakil Ketua DPRD Sambas
Hermawansyah

Politik

Hermawansyah Mulai dari Mimpi untuk Mempawah
Anggota DPRD Kota Singkawang 2024

Politik

Daftar Caleg Terpilih Kota Singkawang 2024
Kasus 7 TPS Ambawang

Politik

KPU Kubu Raya Abai Proses Kasus 7 TPS
Safari Ramadan Golkar Kalbar

Politik

Safari Ramadan Golkar Mulai dari Mempawah
pontianak-times.co.id

Politik

900 Ribu Saksi MKGR Kawal TPS Pemilu 2024
error: Content is protected !!