Home / Edukasi

Selasa, 1 Agustus 2023 - 22:41 WIB

300 Pelajar Ikut Uji Kompetensi Penghafal Quran

Para pelajar Mts dan SMA di Kabupaten Sambas mengikuti uji kompetensi penghafal quran

Para pelajar Mts dan SMA di Kabupaten Sambas mengikuti uji kompetensi penghafal quran

Sambas. 300 pelajar di Kabupaten Sambas mengikuti uji kompetensi Alquran untuk para penghafal Quran, kepada Hafidz dan Hafidzah, Selasa (1/8/2023).

Uji kompetensi itu untuk melahirkan para penghafal Quran atau hafidz dan hafidzah Alquran 2 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.

Kegiatan tersebut hasil kerjasama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten dengan Pemkab Sambas dan Kementerian Agama yang diselenggarakan di Aula Utama Kantor Bupati Sambas.

Asisten 1 Setda Sambas Sunaryo yang mewakili Bupati Sambas Satono membuka kegiatan yan dihadiri Ketua LPTQ Kabupaten Sambas Hasanusi, Pimpinan OPD, Pelajar, dan undangan terkait.

Baca juga:  Sukses Kibarkan Merah Putih, Gerald Ingin Jadi Polisi

Sunaryo menjelaskan uji kompetensi untuk meningkatkan bacaan Alquran dan akan diwisuda dalam waktu dekat. “Uji kompetensi ini juga dalam rangka peringatan Tahuna Baru Islam 1 Muharram 1445 H, dan pertama kali dilakukan oleh Pemda Sambas,” jelas Sunaryo.

Sunaryo menyebut, dari uji kompetensi itu akan diperoleh penghafal Quran dari Kabupaten Sambas yang akan diikutkan ke jenjang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ).

“Ini sekaligus memotivasi penghafal Quran kita yang dominannya adalah siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau SMP dan jenjang SMA untuk menjadi Hafidz Quran,” katanya.

Baca juga:  Tak Kenal Maka Tak Suka pada Borneo

Ketua LPTQ Kabupaten Sambas Hasanusi menuturkan, peserta uji kompetensi terdiri dari para pelajar di beberapa sekolah di Kabupaten Sambas.

Hasanusi berharap tahun berikutnya uji kompetensi hafidz dan hafidzah tidak hanya diikuti oleh siswa sekolah Islam, melainkan dapat diikuti siswa sekolah umum.

“Dengan suksesnya uji kompetensi yang pertama ini, semoga menjadi motivasi bagi siswa-siswi Kabupaten Sambas untuk mengikuti uji kompetensi tahun berikutnya,” harapnya. 

Penulis: Riskiyansyah I Update Berita, ikuti Google News

Share :

Baca Juga

Ayumardi Azra dan Firdaus

Edukasi

Jurnalisme Warga Segera Diatur Dewan Pers
Rakor Dewan Pers

Edukasi

Awas, Hoaks Cenderung Naik Jelang Pemilu
KKN Poltekkes Pontianak

Edukasi

607 Mahasiswa Poltekkes KKN di 6 Daerah
Rakernas SMSI

Edukasi

Hasil Rakernas SMSI Tolak Publisher Rights

Edukasi

Komunitas Kuale Kocak Bersihkan Pemakaman
Merah Putih Tapal Batas IV

Edukasi

Merah Putih Tapal Batas IV Siap Digelar
Kapolres Ketapang

Edukasi

Cegah Karhutla, Yani Terima Penghargaan
Ustaz Abdul Somad

Edukasi

Ribuan Warga Ikut Ceramah UAS di Segedong
error: Content is protected !!