Home / Ekonomi

Jumat, 29 April 2022 - 23:33 WIB

Tanaman Nilam Potensial untuk Kapuas Hulu

Penyerahan simbolis parfum berbahan dasar minyak atsiri dari tanaman Nilam disela peringatan Nuzulul Quran di Putussibau Kapuas Hulu

Penyerahan simbolis parfum berbahan dasar minyak atsiri dari tanaman Nilam disela peringatan Nuzulul Quran di Putussibau Kapuas Hulu

Kapuas Hulu. Budidaya tanaman Nilam memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan sebagai salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Kapuas Hulu.

Hal tersebut terungkap ketika sosialisasi DPW Rumah Sandiaga Uno Indonesia Provinsi Kalimantan Barat untuk pengembangan tanaman Nilam, sebagai bahan dasar minyak atsiri untuk produk parfume. Sosialisasi ini dilakukan usai peringatan Nuzulul Quran dan buka bersma puasa Ramadhan 1443 H, Kamis (28/4/2022).

Peringatan Nuzulul Quran ini diselenggarakan di Rumah Dinas Wakil Bupati Kabupaten Kapuas Hulu dengan menghadirkan penceramah Ketua Harian PW Dewan Masjid Kalimantan Barat Drs H Abdul Munir HD MM.

Munir menjelaskan, Alquran merupakan pedoman dalam menjalani kehidupan demi mendapatkan jalan kesuksesan dunia dan akhirat. “Islam melalui kitab suci Alquran dan Alhadits adalah agama yang menjadi rahmatan lil ‘alamin, rahmat yang tidak hanya bagi Umat Islam, tetapi juga bagi alam semesta,” kata Munir.

Baca juga:  PT Pribumi Gandeng Pondok Kembangkan Tanaman Nilam

Hadir dalam kegiatan tersebut tuan rumah Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat ST, Ketua DPW Rumah Sandiaga Uno Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Andi Yunus Ladika SE.

Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang silaturrahim bersama pemerintah daerah setempat, beberapa jajaran dari berbagai instansi dan undangan dari lintas agama. Hal ini menunjukkan sebuah keberagaman dan keharmonisan yang dijunjung tinggi di Kabupaten Kapuas Hulu yang memiliki masyarakat yang majemuk.

Andi Yunus Ladika pada kesempatan itu menyerahkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan yaitu parfum berbahan dasar minyak nilam sebagai cinderamata untuk Wakil Bupati Kapuas Hulu.

Baca juga:  Akal-akalan Pasar Beringin Singkawang

“Melalui produk ini kami juga mensosialisasikan potensi agribisnis pertanian nilam agar dapat ditumbuhkembangkan di Kabupaten Kapuas Hulu. Kami sangat senang karena respon dari jajaran Pemerintahan Kapuas Hulu sangat baik. Ini merupakan langkah awal menciptakan centra produksi atsiri terutama minyak nilam di Kapuas Hulu,” kata Ladika.

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menjelaskan, saat ini beberapa komoditas di Kapuas Hulu seperti keratom, mulai terkena serangan hama yang sulit terkendali. Dengan kehadiran potensi pertanian nilam, akan menjadi pilihan baru yang menarik bagi masyarakat.

“Selain menjadi subtitusi dari produk keratom, daun nilam dinilai memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta telah dijamin pemasarannya,” papar Wahyudi.

Editor : R. Rido Ibnu Syahrie

Share :

Baca Juga

Peresmian Telkodesa+

Ekonomi

Peresmian Telkodesa+ Sukamanah Banten
Ilustrasi kartu Subscriber Identity Module (SIM)

Ekonomi

Kartu SIM Terhubung Data Pribadi
MoU Pemkab Kapuas Hulu dan Bank Kalbar

Ekonomi

Bupati Kapuas Hulu dan Dirut Bank Kalbar Teken MoU
Hari Kekayaan Intelektual Sedunia

Ekonomi

Yasonna: Potensi Besar Perempuan Milenial
The Best KBMI 1 Bank Kalbar

Ekonomi

Bank Kalbar Ukir Prestasi The Best KBMI 1
Bank Kalbar

Ekonomi

Bank Kalbar Memaksimalkan Layanan Nasabah
Revitalisasi Pasar Beringin

Ekonomi

Stop Revitalisasi Pasar Beringin di Akhir Jabatan
Sri Mulyani Menkeu

Ekonomi

Waspada Gejolak Ekonomi Dunia 2023
error: Content is protected !!