Home / Peristiwa

Rabu, 1 Februari 2023 - 11:18 WIB

Sopir Truk Tabrak Lari Polisi Ditangkap

Tim Stalantas Polres Mempawah mengamankan TP berikut truk towing crane yang tabrak lari hingga meninggalnya Brigpol Rio Wiranda, Senin (30/1/2023)

Tim Stalantas Polres Mempawah mengamankan TP berikut truk towing crane yang tabrak lari hingga meninggalnya Brigpol Rio Wiranda, Senin (30/1/2023)

Mempawah. TP (33), sopir truk towing crane terduga tabrak lari hingga meninggalnya anggota polisi Rio Wiranda, ditangkap Tim Satlantas Polres Mempawah, Senin (30/1/2023).

Tim Satlantas selama dua hari melakukan pelacakan pasca tabrak lari di Jalan Raya Sungai Dayak KM 39.500 Desa Peniraman, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah. Tim memulai dengan olah tempat kejadian. Dilanjutkan dengan permintaan keterangan saksi-saksi dan data scientific melalui rekaman CCTV.

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah kepada pontianak times, Selasa (31/1/2023) menjelaskan setelah insiden kecelakaan itu dirinya memerintahkan Kasat Lantas Polres Mempawah AKP Gatot Poerwarno, membentuk tim.

Tim kemudian melakukan penyelidikan, keterangan saksi-saksi serta pengecekan CCTV di jalur sebelum dan sesudah TKP kecelakaan. Alhasil, tim berhasil melacak dan menemukan TP di wilayah Kabupaten Bengkayang, Senin (30/1/2023) malam.

“Dari penyelidikan tim di lapangan, diperoleh keterangan dari saksi bahwa melihat ada mobil truk yang membawa paralon,” ujar Fauzan.

Dari keterangan saksi tersebut tim berkoordinasi dengan pihak Diskominfo untuk melihat CCTV, namun video yang dikirimkan berupa potongan mobil yang membawa material besi, dan tidak sesuai dengan keterangan saksi di TKP.

Mengecek CCTV

Tim yang dipimpin Kasat Lantas AKP Gatot Poerwarno kemudian mengecek CCTV Kominfo yang terpasang di Sungai Pinyuh. Hasilnya, terlihat ada rentetan kendaraan dan salah satunya menyasar kepada ciri-ciri kendaraan yang disampaikan oleh saksi di lokasi kecelakaan menuju arah Anjungan.

Karena terdapat kesesuaian antara yang disampaikan saksi dengan apa yang dilihat tim melalui rekaman CCTV, maka diambil tindakan untuk memperlambat durasi video CCTV kendaraan truk yang melintas di sekitar Terminal Sungai Pinyuh. Video itu juga diperbesar (zoom).

Menurut Fauzan, saat identifikasi mendalam, ditemukan terdapat dorongan ke dalam pada pengaman samping kanan kendaraan. Kemudian ada rantai bagian belakang truk yang putus. Kondisi itu sesuai dengan material yang tertinggal di TKP.

“Melalui informasi saksi dan kecocokan hasil identifikasi rekaman CCTV tersebut, maka tim memiliki keyakinan bahwa mobil truk tersebutlah yang terlibat kecelakaan dengan anggota kita Brigpol Rio Wiranda,” papar Fauzan.

Setelah mendapat hasil identifikasi rekaman CCTV, Senin (30/1/2023) sekira pukul 12.00 WIB, tim langsung bergerak ke arah Pontianak. Tindakan itu ingin memastikan bahwa kendaraan yang terlibat kecelakaan itu sudah kembali ke Pontianak.

Namun saat pengecekan di arah Pontianak, tidak ada ditemukan mobil dengan ciri-ciri terlibat kecelakaan melintas.

“Setelah itu, tim kita melakukan koordinasi dengan para pengemudi truck towing crane untuk mencari keberadaan pengemudi yang terlibat kecelakaan. Informasi soal itu mengarah di Kabupaten Bengkayang,” terang Fauzan.

Koordinasi

Tim Satlantas Polres Mempawah selanjutnya berkoordinasi dengan jajaran Polres Bengkayang untuk mencari informasi lanjutan.

“Anggota Satlantas Polres Mempawah menghubungi dua personel Polres Bengkayang yang kemudian membantu mengecek alamat yang kita berikan terkait informasi keberadaan kendaraan yang kita cari,” ujar Fauzan.

Hasilnya, terdapat kecocokan alamat dan nama pemilik kendaraan yang diyakini terlibat kecelakaan di Peniraman Kecamatan Sungai Pinyuh, termasuk keberadaan TP selaku sopir.

“TP saat pertama ditanyakan, sempat mengelak karena takut. Namun akhirnya mengakui bahwa dirinya terlibat kecelakaan di wilayah Sungai Pinyuh pada Sabtu 28 Januari 2023,” ungkap Fauzan.

Hingga kini, TP, terduga pelaku tabrak lari dan barang bukti berupa truk towing crane sudah diamankan di Polres Mempawah untuk penyidikan, dan pemeriksaan secara intens. “Persitiwa kecelakaan itu terus ditindaklanjuti,” kata Fauzan.

Penulis: Rizki Firnanda

Share :

Baca Juga

Lakalantas KM32 Segedong

Peristiwa

KM 32 Segedong Telan Dua Nyawa
Tim SAR Gabungan

Peristiwa

Asfan, Nelayan Mempawah Menghilang
Proses Evakuasi Korban Longsor PETI

Peristiwa

Korban PETI Bengkayang 5 Tewas 8 Selamat
Rumah Terbakar

Peristiwa

Dua Rumah di Anjungan Hangus Terbakar
Ditsamapta Polda Kalbar

Peristiwa

Ditsamapta Polda Kalbar Berikan Paket Peduli Stunting
Jalan Ahmad Yani Pontianak

Peristiwa

Cek Pengalihan Arus Lalulintas 1 Juli 2023
TKP pembunuhan driver Ojol Maxim

Peristiwa

Kronologi Terbunuhnya Driver Ojol Maxim
Flyer seruan aksi Mahasiswa Ketapang

Peristiwa

Aliansi Mahasiswa Ketapang Tolak BBM Naik
error: Content is protected !!